BINUS Business School

International Professional Week 2023: Menggali Peran  Bisnis Internasional dan Diplomasi di Era Digital

Pendidikan yang berkualitas menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk pemimpin dan pengusaha masa depan. BINUS Business School-International Undergraduate Program (BBS-IUP) dengan bangga mengadakan acara International Professional Week (IPW) pada tanggal 24 dan 25 Mei 2023. Acara ini merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk memperluas pengetahuan dan jaringan bisnis mereka.

Sebagai universitas yang berfokus pada penerapan pembelajaran yang berpusat di mahasiswa, BINUS Business School berkomitmen untuk terus memberdayakan setiap mahasiswanya untuk bisa mengembangkan keterampilan berbisnis dan kewirausahaan mereka, serta menciptakan bisnis yang berkelanjutan dan berorientasi global. Untuk mendukung hal ini, dibentuklah International Professional Week.

IPW sendiri merupakan suatu kegiatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Pada 2022,  para dosen BBS-IUP mulai menginisiasi acara ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah menciptakan lingkungan jaringan yang eksklusif bagi para mahasiswa untuk dapat memperluas kemitraan mereka dengan pihak-pihak lain yang memiliki kepentingan, misalnya seperti pemerintah, lembaga non-pemerintah, dan para profesional industri. Interaksi langsung antara mahasiswa dan mitra dilakukan melalui penyelenggaraan seminar dan workshop.

Peran Bisnis Internasional dan Diplomasi di Era Digital Jadi Tema Utamanya

Tema utama yang diusung pada IPW tahun ini adalah “Peran Bisnis Internasional dan Diplomasi di Era Digital.” Binus Business School mengakui bahwa lingkungan bisnis global saat ini didorong dan diberdayakan oleh hubungan diplomasi yang kuat antara negara-negara. 

Oleh karena itu, acara ini bertujuan untuk menciptakan platform bagi para profesional terkemuka untuk berbagi strategi bisnis perusahaan pasca-pandemi dan memberikan panduan tentang cara menghadapi tantangan bisnis di masa depan yang penuh dengan kemajuan teknologi digital.

Acara ini menjadi penting juga karena dampak pandemi Covid-19 yang telah merubah cara kerja industri secara drastis. Mahasiswa dihadapkan pada lingkungan bisnis yang terus berkembang dan berubah dengan cepat. Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka untuk belajar dari para profesional langsung, sehingga mereka dapat mengembangkan pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan.

Undang Berbagai Pembicara Profesional

IPW 2023 menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan berbagai pembicara profesional yang telah sukses dalam bidang mereka masing-masing. Pada hari pertama acara, Rabu, 24 Mei 2023, para peserta mendengarkan pembicaraan yang mengangkat tema “Trade and Investment Diplomacy in ASEAN and Europe Context.” 

Beberapa pembicara yang diundang antara lain: HE Abdulmonem Annan, Duta Besar Republik Arab Suriah untuk Republik Indonesia; Ernesto Simanungkalit, Koordinator Perjanjian Perdagangan dan Investasi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia; Toari Worang, Konsul/Juru Ekonomi – Urusan Ekonomi – Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Frankfurt, Jerman; dan Derry P. Iskandar, Konsul Ekonomi dan Investasi Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Marseille.

Sementara pada hari kedua, yakni Kamis, 25 Mei 2023, pembicara akan membahas topik-topik menarik seperti “Indonesia Market Opportunities and Challenges From The View of Global Pharmaceutical Company” yang disampaikan oleh Sulfina Arindah, Direktur Business Unit Healthcare Merck Indonesia. 

Selain itu, ada pula Dyan Shinto E. Nugroho, Kepala Kebijakan dan Hubungan Pemerintah GOTO, akan membicarakan “Driving Digital Transformation in Government and Public Policy.”

Kegiatan ini dilangsungkan secara online melalui Zoom dan onsite di BINUS Business School Joseph Wibowo Center Campus. 

Melalui IPW 2023 ini, BINUS Business School berkomitmen untuk memberikan wawasan bisnis yang berharga kepada mahasiswa. Acara ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperluas pengetahuan mereka tentang berbagai industri dan organisasi terkemuka. 

Selain itu, IPW juga menjadi ajang untuk memperluas jaringan bisnis mereka dengan berinteraksi langsung dengan para pemangku kepentingan seperti pemerintah, lembaga non-pemerintah, dan organisasi bisnis lokal maupun internasional.

BINUS Business School sangat berharap bahwa melalui IPW ini, mahasiswa akan mendapatkan inspirasi dan wawasan yang berharga untuk menciptakan bisnis yang tangkas, inovatif, dan berkelanjutan di era digital yang terus berkembang. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh dari acara ini, diharapkan mahasiswa BINUS Business School dapat menjadi pemimpin masa depan yang mampu menghadapi tantangan dunia bisnis yang semakin kompleks.