BINUS Business School

Mahasiswa Tawarkan Pebisnis Peluang Pasar Global melalui Market Entry Strategy (MES) 2023

Yogyakarta, 31 Juli 2023 – Universitas Sanata Dharma bersama BINUS University melalui kegiatan Market Entry Strategy 2023 menawarkan pengalaman bagi mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan tentang seluk-beluk dunia bisnis dan potensi dari kegiatan ekspor dan impor.  

Sebanyak 20 mahasiswa, termasuk mahasiswa internasional asal Zimbabwe, bekerja dalam satu tim dan berpartisipasi dalam kegiatan interaktif yang mengasah keterampilan bisnis (business acumen) mereka. Para staf ahli dari kedua institusi di Yogyakarta dan Jakarta turut mendukung melalui kegiatan interaktif yang membantu pembentukan kerangka berpikir dalam mencapai kesuksesan bisnis di pasar global. 

“Kegiatan MES 2023 tidak hanya menunjang pengalaman belajar berwawasan internasional yang berbasis pengalaman (experiential learning) serta membantu pemahaman mengenai penerapa aplikatif sebuah bisnis yang sesuai dengan kebutuhan industri,” ujar Dr. Diah Wihardini, selaku Direktur BINUS Global. 

Kunjungan ke beberapa pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) seperti Roosman Leather di Manding, Bantul, Jawa Tengah serta Rumah Tempe Indonesia di Bogor, Jawa Barat memberi kesempatan mahasiswa untuk berinteraksi langsung kepada pengerajin mengenai strategi yang dilakukan agar memahami bagaimana mereka mampu mempenetrasi pasar global dengan produk yang ditawarkan. 

“Sebagai mahasiswa jurusan Computer Science, kegiatan ini memberikan pondasi tentang berbisnis, terutama karena hal ini menjadi salah satu hal yang ingin saya lakukan setelah lulus kuliah,” ungkap Ellis Pax Mapakama, seorang mahasiswa BINUS University asal Zimbabwe. 

Hasil dari partisipasi selama dua minggu dalam MES 2023 adalah presentasi poster yang menyatakan solusi inovatif berbasis data. Sebagai contoh, Nur Fariska Dwi Juliani, mahasiswa Jurusan Manajemen bersama grupnya mengusung potensi ekspor briket arang kelapa asal Indonesia ke Korea Selatan. Menurutnya, produk ini tidak hanya memiliki mutu yang optimal dengan waktu bakar yang lebih lama, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi pelaku bisnis karena tidak mengeluarkan aroma yang menyengat saat pembakaran berlangsung. 

“Hasil yang didapat bersama grup produk ini, pebisnis dapat merasakan efesiensi produknya berkontribusi pada perkembangan bisnis, mengingat produk ini bisa bertahan lebih lama sehingga tidak harus cepat diganti,” ujar Nur Fariska.  

Kunci sukses sebuah bisnis tidak hanya terletak pada keunikan produk dan layanan yang ditawarkan. Visi dan kualitas tinggi juga menjadi hal penting untuk menarik perhatian pasar global.  

  “Materi yang diberikan sangat relevan dan memberikan wawasan baru mengenai dasar-dasar memasuki pasar dan peluang ekspor-impor,” tambah Nur Fariska.  

Dengan semangat dan wawasan yang didapat, mahasiswa diharapkan 

dapat mengilhami tentang pentingnya pemahaman business acumen serta pembelajaran lapangan sehingga memberi nilai tambah setelah mengikuti kegiatan MES 2023. 

Whatsapp