BINUS Business School

Social Innovation Camp, Bina Calon Leader Penuh Empati

Seiring dengan bertambah canggihnya teknologi di masa depan, peranan manusia sangat dibutuhkan agar desain dari produk fisik maupun digital tetap berpusat pada kebutuhan penggunanya.

Dalam rangka menjawab tantangan yang dimaksud, BINUS Business School menyelenggarakan acara Social Innovation Camp (Innocamp) bagi para mahasiswanya pada tanggal 15 Juli 2023 dan 22 Juli 2023. Mereka akan mengunjungi berbagai lokasi kerja organisasi non-pemerintah (NGO) yang bekerja sama untuk melihat langsung bagaimana para sukarelawan berinteraksi dengan kaum rentan agar dapat mengembangkan empati.

Tujuan dari BINUS Business School Social Innovation Camp

BINUS Business School percaya bahwa seorang business leader yang baik tidak hanya memiliki hard skill atau kemampuan teknis mantap; mereka juga perlu mampu berempati dengan apa yang dirasakan dan dialami oleh orang-orang sekitar mereka untuk menciptakan program terbaik. Maka dari itu, Social Innovation Camp menjadi kegiatan wajib untuk para mahasiswa yang mengambil program Master of Management (MM) sebagai fresh graduate maupun C-level.

Innocamp merupakan kegiatan perkenalan lingkungan kampus yang terintegrasi dengan salah satu mata kuliah wajib semester pertama dalam program MM, yaitu Design Thinking. Melalui mata kuliah ini, para mahasiswa akan mempelajari proses mendesain sebuah produk berdasarkan hasil pembelajaran mengenai kebutuhan pengguna secara mendekat serta komprehensif.

Berkolaborasi bersama Teach For Indonesia dan Campaign.com, BINUS Business School menggandeng sejumlah NGO seperti Yayasan Cinta Harapan Autism Center Indonesia, Yayasan Swara Peduli Indonesia Jakarta, serta Indonesia Street Children Organization (ISCO) Foundation melalui Innocamp. Semua partisipan diharapkan mampu melatih kemampuan empati mereka terhadap kehidupan kaum marginal, seperti anak-anak berkebutuhan khusus serta anak-anak dari keluarga kurang mampu.

Kegiatan Utama BBS Innocamp

Kegiatan inti acara BINUS Business School Innocamp terdiri dari dua hari: briefing day yang diadakan pada tanggal 15 Juli 2023 di BINUS @Senayan, JWC Campus Jakarta dan field work day yang lokasinya tersebar di beberapa wilayah DKI Jakarta bergantung dari basis kegiatan tiap NGO pada tanggal 22 Juli 2023. Selama sesi briefing, semua partisipan akan mendapatkan penjelasan tentang aktivitas yang akan mereka lakukan selama seharian penuh pada minggu berikutnya, serta output yang diharapkan.

Setelah mendapatkan pembekalan tentang kegiatan wajib Social Innovation Camp, mahasiswa akan berkesempatan memilih NGO yang ingin mereka ikuti selama field work day. Kemudian, seminggu setelahnya, mereka akan berkumpul di lokasi BINUS @Senayan JWC Campus terlebih dahulu sebelum berangkat ke lokasi kerja NGO pilihan mereka.

“Jadi, kami mengunjungi sebuah NGO di Pademangan (ISCO). Salah satu guru di sana menjelaskan tujuan NGO dan bagaimana mereka sudah berkontribusi bagi masyarakat,” tutur Monica Aguilar, seorang mahasiswa internasional BINUS Business School dari Fiji tentang kegiatan field work day

Setelah itu, Tansya Putrika yang berasal dari Jerman menambahkan, “NGO yang kami datangi ini lebih sering bekerja di bidang pendidikan. Mereka memberi anak-anak jalanan game yang menyenangkan supaya mereka bisa mengejar mimpi untuk mengenyam pendidikan yang stabil, dan… pokoknya, kesempatan yang setara sebagai anak jalanan.”

Karena acara BINUS Business School Innovation Camp diikuti oleh berbagai kalangan mahasiswa, output tugas mereka juga berbeda-beda. Untuk mahasiswa yang berstatus sebagai professional, young professional maupun fresh graduate, mereka lebih fokus belajar tentang cara menerapkan proses design thinking itu sendiri secara langsung. 

Sementara itu, para alumni yang telah menyelesaikan mata kuliah Design Thinking sebelumnya akan berperan sebagai coach untuk para peserta Innocamp. Jadi, mereka akan membimbing dan mengawasi proses pembelajaran adik tingkat mereka.

Keselarasan dengan Visi Misi BINUS Business School

Penyelenggaraan acara Innocamp sejalan dengan visi dan misi yang ingin dicapai oleh BINUS Business School, yaitu untuk menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di tanah air dengan mencetak calon business leader yang well-rounded. Well-rounded di sini berarti pemimpin tersebut tidak hanya mahir dalam hal-hal teknis, tetapi juga dapat mendengarkan kebutuhan semua orang di sekitar mereka dengan penuh empati.

“Setiap mereka melakukan keputusan bisnis nantinya atau keputusan individu, mereka selalu mempertimbangkan efeknya bagi sekeliling mereka. Ini juga sejalan dengan nafas BINUS agar BINUSIAN bisa empowering and fostering the community,” ucap Dr. Rini Setiowati selaku Dekan Program S2 BINUS Business School di akhir wawancara.

BINUS Business School paham bahwa seorang pemimpin yang andal dari segi kemampuan teknis dan empati sangatlah dibutuhkan untuk memajukan komunitas. Maka dari itu, acara Innocamp diadakan dan bersifat wajib bagi semua mahasiswa program MM Regular dan MM Professional in Business Management, baik yang baru lulus kuliah S1 maupun sudah berpengalaman.

Acara yang berlangsung selama dua sesi pada tanggal 15 Juli dan 22 Juli 2023 ini mempertemukan para mahasiswa dengan NGO untuk menerapkan pembelajaran design thinking sekaligus memupuk kepekaan sosial mereka.**

Whatsapp