Awali Karier Pengusaha dari Content Creator, Serunya Pengalaman Yoshi Setyawan

Yoshi Setyawan adalah seorang pengusaha atau entrepreneur yang mengawali kariernya sebagai content creator. Ia menceritakan pengalamannya tersebut saat hadir sebagai pembicara di Indonesia Business Outlook 2022, webinar yang diselenggarakan oleh BINUS Business School. Bagaimana serunya pengalaman Yoshi Setyawan dari awal terjun ke dunia YouTube sampai akhirnya bisa menjadi entrepreneur di berbagai bidang? Simak kisah lengkapnya di bawah ini!

Ilustrasi sepatu

Latar Belakang Yoshi Setyawan 

Yoshi Setyawan adalah seorang YouTuber atau content creator yang memulai kariernya sejak 2010. Kini, Yoshi Setyawan sudah berhasil menjadi seorang entrepreneur. Dirinya menjadi owner Tigrail International dan Lucky Cat Empire. Selain itu, Yoshi Setyawan juga pernah menjadi content creator di Famous ID Network dan Brand Ambassador di Rebellion Official Club. Tak puas dengan beragam pencapaian tersebut, Yoshi Setyawan pun kini turut berkecimpung di bidang kuliner dengan menjadi owner dari Save Our Sauce dan Kopi Bersua.

Berawal dari Fenomena Sepatu

Pada 2010, ketika YouTube pertama kali booming di US, Yoshi sangat suka melihat konten-konten review dan unboxing produk hingga pada akhirnya, ia pun mencoba melakukan hal yang sama. Namun, karena di masa awal perintisannya belum ada cukup uang untuk membuat konten produk, akhirnya ia memutuskan untuk mencoba hal lain.

Dari keterbatasan tersebut, muncullah ide untuk terjun ke dunia gaming karena ia percaya bahwa content creator pasti eksplor hal-hal yang belum pernah dicoba. Saat YouTube sudah bisa di-monetize, mulailah banyak YouTuber Indonesia bermunculan. Dari sana, Yoshi mencoba versinya sendiri dengan mulai dari gim Minecraft, hingga kemudian bertemu dengan orang-orang yang berkontribusi di YouTube.

Berawal dari hal tersebut, tercetuslah ide membuat konten yang muncul pada 2017, yaitu “Berapa Harga Outfit Lo?” Sepanjang tahun 2015-2017, Yoshi pun rajin mengunggah konten meskipun subscribers-nya saat itu hanya 10.678.

Pada 2015, tren sneakers mulai naik di Indonesia dengan adanya kolaborasi Adidas bersama seorang rapper. Pada tahun tersebut, Adidas meluncurkan sepatu Adidas Eazy yang harganya bisa mencapai puluhan juta Rupiah. Bersamaan dengan hal itu, ada yang membeli sepatu Yoshi seharga Rp20 juta. Dari sanalah Yoshi berpikir untuk menjadi entrepreneur yang berkecimpung di jual-beli sepatu.

Jakarta Sneaker Day Jadi Tanda Naiknya Penonton YouTube Yoshi Setyawan 

Salah satu tanda naiknya karier Yoshi Setyawan dalam dunia YouTube adalah event Jakarta Sneaker Day yang diadakan oleh BINUS Internasional di Senayan. Event ini memang fokus membangun sneakers culture di Indonesia. Saat menghadiri acara tersebut, Yoshi kemudian iseng membuat konten “Berapa Harga Outfit Lo?” yang merupakan plesetan dari konten YouTuber asal luar negeri, “How Much Is Your Outfit?”.

Berawal dari keisengan tersebut, Yoshi kemudian mendapatkan penonton hingga 1 juta dalam waktu unggah 3-4 hari saja. Sejak saat itu, dirinya mulai rutin membuat konten mengenai sneakers hingga membuat dirinya mendapatkan berbagai tawaran endorse.

Konten Sneakers dan Fenomena Brand Lokal

Jika melihat sepuluh tahun ke belakang, brand lokal mungkin tidak terlalu banyak dikenal orang. Namun, pada tiga tahun terakhir, brand lokal sudah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Hal ini antara lain didukung oleh event-event yang mengangkat brand lokal. Selain itu, Presiden RI Joko Widodo juga selalu mendukung brand lokal dengan cara memakai produk-produk tersebut di berbagai gelaran acara.

Kesuksesan Yoshi pun tumbuh seiring dengan pertumbuhan brand lokal di Indonesia. Di samping itu, Yoshi tetap mencoba berbagai macam hal di luar fashion, seperti lifestyle dan otomotif yang membuat dirinya kemudian dilirik oleh beberapa perusahaan, seperti Traveloka, Tokopedia, Erigo, dan lainnya. Dari pengalaman tersebut, Yoshi tahu mengapa YouTube-nya kurang fenomenal di awal peluncurannya, sebab ia kurang mengikuti permintaan pasar.

Selain terjun ke dunia otomotif, Yoshi kini mulai terjun ke dunia kuliner lewat brand saus mentainya. Ia percaya bahwa salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis adalah membuat produk yang berbeda dari lainnya. Saat mentai sudah mulai booming, Yoshi berpikir untuk membuat hal lain lagi yang berbeda, yakni bisnis Kopi Bersua.