BINUS Business School

Kupas Tuntas Tantangan Gen Z di Dunia Kerja bersama CEO BISA Tumbuh

Tingginya angka pengangguran di kalangan Gen Z Indonesia menunjukkan seberapa besar kesulitan mereka mendapatkan pekerjaan. Bahkan, menurut Survei Angkatan Kerja Nasional yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), hampir 10 juta orang Gen Z berkontribusi bagi tingginya tingkat pengangguran di Indonesia.

Dalam rangka menjawab permasalahan tersebut, BINUS Business School mengadakan Alumni Session yang mengundang pendiri dari startup BISA Tumbuh–sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pelatihan dan dukungan UMKM–pada Sabtu, 3 Agustus 2024 di BINUS @Senayan, JWC Campus. Acara ini mengusung tema “Gen Z dan Tantangan Bekerja”. Acara ini menghadirkan diskusi dua arah mengenai tantangan yang paling sering dihadapi Gen Z saat mendapatkan pekerjaan dan beradaptasi dengan lingkungan kerja formal. Dengan demikian, peserta dapat mengembangkan diri mereka sedini mungkin untuk meningkatkan peluang menikmati karier yang sukses.

Menghadirkan BINUSIAN Berpengalaman

Untuk acara ini, BINUS Business School mengundang alumni BINUS yang telah sukses dengan bisnis rintisannya, yaitu Chiko Maradona. Beliau adalah lulusan program studi Magister Manajemen (MM) BINUS Business School yang mendirikan BISA Tumbuh untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Selain itu, ada juga Rianti Putri yang kini berkarier di Toyota Astra Finance dan hadir sebagai moderator talk show Alumni Session BBS x BISA Tumbuh.

Selama berlangsungnya acara Alumni Session BBS x BISA Tumbuh, para peserta akan berkesempatan mempelajari apa saja tantangan utama Gen Z dalam memperoleh pekerjaan, mulai dari faktor internal hingga eksternal. Selain itu, dari narasumber yang hadir, peserta dapat mengetahui bagaimana mereka bisa mengembangkan diri dengan memanfaatkan kelebihan masing-masing untuk melewati semua tantangan tersebut.

Alasan mengapa BINUS Business School spesifik memilih Chiko Maradona yang sukses sebagai pendiri BISA Tumbuh adalah kesamaan misi keduanya. BISA Tumbuh sendiri sudah lama bergerak di bidang pengembangan karier, terutama untuk pemilik UMKM yang baru merintis usaha mereka. Melalui pengalaman serta pengetahuan narasumber, peserta dapat memperoleh tips dan wawasan konkret yang bisa diterapkan dalam kehidupan nyata.

Topik yang Dibahas pada Alumni Session BBS x BISA Tumbuh

Salah satu isu hangat yang akan dibahas pada Alumni Session BBS x BISA Tumbuh adalah anggapan bahwa Gen Z sulit bekerja di lingkungan yang formal. Bersama dengan narasumber, peserta dapat mengetahui bagaimana mereka bisa beradaptasi di lingkungan kerja yang lebih terstruktur tanpa mengorbankan kreativitas, kesadaran mereka terhadap hak-hak pegawai, dan kepekaan sosial mereka, beberapa karakteristik utama penanda Gen Z secara keseluruhan.

Alumni Session BBS x BISA Tumbuh akan diadakan secara interaktif dan kasual. Dengan kata lain, alih-alih hanya mendengarkan materi dari pembicara, peserta juga bisa mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan semua orang yang hadir. Dengan demikian, peserta dapat memperoleh ilmu yang lebih komprehensif untuk mempersiapkan karier jangka panjang mereka sedini mungkin.

Tujuan Utama Alumni Session BBS x BISA Tumbuh

Melalui acara ini, BINUS Business School berharap dapat menghidupi semangat utama BINUS University untuk fostering and empowering society to build the nation. Terutama, dengan membekali generasi muda yang akan meneruskan bangsa agar mereka siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Sebab, mereka sudah mendapatkan ilmu yang diperlukan untuk beradaptasi dengan dinamisnya tantangan di dunia kerja. 

Pada akhirnya, inisiatif ini dapat membantu menurunkan tingginya angka pengangguran di kalangan Gen Z Indonesia, mengingat mereka adalah elemen penting untuk mewujudkan target Indonesia Emas 2045. Selain itu, adanya Alumni Session BBS x BISA Tumbuh akan memperkuat posisi BINUS Business School sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi terbaik yang berkontribusi secara nyata bagi bangsa.

 

BINUS Business School memahami bahwa tingginya tingkat pengangguran di kalangan Gen Z Indonesia dapat berdampak bagi perekonomian negara dan kesejahteraan sosial secara keseluruhan. Oleh sebab itu, untuk mempersiapkan Gen Z menghadapi tantangan di dunia kerja, BINUS Business School mengadakan Alumni Session yang mengundang Chiko Maradona, alumni program studi MM Executive in Strategic Management yang berhasil mendirikan bisnisnya sendiri: BISA Tumbuh.

Whatsapp