BINUS Business School

Presdir Hero Supermarket Cerita Transformasi Bisnis Ritel di BINUS

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, kebiasaan belanja masyarakat telah berubah bersamaan dengan pesatnya perkembangan teknologi digital. Meski demikian, efek perubahan tersebut tetap terasa hingga sekarang ketika jumlah kasusnya sudah melandai. Oleh sebab itu, bisnis retail seperti supermarket harus bisa beradaptasi dengan baik mengikuti rutinitas dan kebutuhan konsumen.

Dalam rangka mempersiapkan calon business leader dan entrepreneur, BINUS Business School mengundang Direktur Utama PT Hero Supermarket Tbk, Pak Hadrianus Wahyu Trikusumo, sebagai narasumber CEO Speaks. Acara ini diadakan pada tanggal 7 Mei 2024 di BINUS @Senayan (JWC Campus) Room 310, Jl. Hang Lekir 1 No.6, Senayan, Jakarta Selatan. Namun, para peserta juga bisa mengikuti jalannya acara secara online melalui Zoom Meeting dan YouTube Live.

Profil PT Hero Supermarket Tbk

Sebagai salah satu pelopor bisnis ritel modern di Indonesia sejak tahun 1971, Hero Supermarket memiliki filosofi bisnis untuk menjadi pasar swalayan terpercaya yang menawarkan beragam produk premium untuk pasar Indonesia. 

PT Hero Supermarket Tbk berusaha untuk mencapai visi ini dengan terus mengembangkan pengalaman berbelanja yang luar biasa dan menyediakan beragam produk rumah tangga sehari-hari, terutama makanan dan minuman, serta produk-produk segar dari produsen terbaik lokal maupun luar negeri.

Kunci keberhasilan Perusahaan dalam menyediakan produk segar masih bertahan dan berkembang melalui keputusan bisnis strategisnya. Didukung oleh keberadaan HERO Group, yang telah meliputi lebih dari 40 tahun di industri ritel modern, serta inovasi tanpa henti untuk menangkap tren belanja konsumen, Hero Supermarket memiliki kehadiran bisnis yang kuat dan dipercaya oleh pasar Indonesia. Selain itu, Hero Supermarket juga terus mengembangkan lini produk siap makan untuk memenuhi gaya hidup pelanggan yang selalu berubah secara dinamis.

Sekilas tentang Narasumber CEO Speaks BINUS Business School

Hadrianus Wahyu Trikusumo diangkat sebagai Direktur Utama PT Hero Supermarket Tbk dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 7 Desember 2023. Beliau bergabung dengan PT Hero Supermarket Tbk sebagai Group Counsel dan Direktur Hukum pada bulan Mei 2015. 

Beliau berpengalaman dalam bidang Hukum Korporat serta hal-hal yang berkaitan dengan Sekretaris Perusahaan di perusahaan multinasional dan nasional. Hal ini terbukti dari rekam jejak posisi beliau dalam daftar berikut: 

  • Corporate Secretary di PT Eratex Djaja Ltd Tbk (1999-2003); 
  • Legal Counsel & Corporate Secretary di PT Anta Express Tour & Travel Service Tbk (2003-2008);
  • Legal Counsel & Corporate Secretary di PT SAS Internasional (2008-2009); 
  • Legal Counsel & Corporate Secretary di British American Tobacco Indonesia – PT BAT Indonesia Tbk & PT Bentoel Internasional Investama Tbk (2009-2012);
  • Legal Counsel di PT L’Oreal Indonesia (2012-2015).

Tema Utama CEO Speaks BINUS Business School

Ajang CEO Speaks dari BINUS Business School kali ini mengangkat tema “Business Transformation in Retail Industry”. Selaras dengan hal tersebut, Pak Hadrianus Wahyu Trikusumo akan membagikan kisah dan insight tentang bagaimana semua unit usaha PT Hero Supermarket Tbk telah melewati transformasi SDM dan model bisnis di era digital saat ini untuk beradaptasi dengan gaya hidup masyarakat modern.

Selain itu, beliau juga meneruskan tips menghadapi transformasi digital agar bisnis tetap bisa sukses dan berkembang mengikuti perubahan dinamis di zaman sekarang. Beberapa kuncinya adalah dengan memperkuat aspek Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (Environmental Social and Governance/ESG) dalam bisnis, serta sikap dan kemampuan yang diperlukan oleh seorang pemimpin hebat. 

BINUS Business School berharap bahwa semua orang yang hadir, baik masyarakat umum, calon entrepreneur, maupun pebisnis, dapat menerapkan ilmu tersebut secara nyata. Untuk membagikannya ke sebanyak mungkin orang, BINUS Business School mempermudah akses mengikuti CEO Speaks. 

Oleh sebab itu, talk show CEO Speaks diselenggarakan secara hybrid, sehingga peserta dapat memilih untuk hadir di lokasi secara langsung maupun mengikuti acara secara online dari mana saja. Hal ini selaras dengan semangat fostering and empowering society to build the nation dari BINUS University secara keseluruhan, termasuk BINUS Business School.

Transformasi digital sejak tahun 2020 telah memengaruhi banyak aspek kehidupan, salah satunya bagaimana bisnis retail beroperasi. Dalam rangka mempersiapkan para calon business leader dan entrepreneur, BINUS Business School mengundang Pak Hadrianus Wahyu Trikusumo selaku Direktur Utama PT Hero Supermarket Tbk untuk membagikan wawasan dan pengalaman beliau. 

Acara ini berlangsung pada tanggal 7 Mei 2024 di BINUS @Senayan (JWC Campus) Room 310, Jl. Hang Lekir 1 No.6, Senayan, Jakarta Selatan, baik secara langsung maupun daring melalui Zoom Meeting dan YouTube Live.

Whatsapp