BINUS Business School

Peranan Penting Pemimpin Profesional untuk Manajemen SDM

Salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah pada Sumber Daya Manusia (SDM) di dalamnya. Ketika pemilik perusahaan berhasil menemukan orang yang tepat, tidak menutup kemungkinan bisnis Anda akan berkembang lebih cepat. Namun, ternyata bukan kebutuhan SDM saja yang penting, skill manajemen SDM ini juga wajib dimiliki oleh perusahaan bisnis, lho! Mengapa?

Peranan Pemimpin untuk Manajemen SDM

Manajemen SDM adalah proses yang tidak hanya dilakukan untuk membagi tugas terhadap karyawan perusahaan. Ini juga meliputi kegiatan rekrutmen, pelatihan, dan bonding antar-karyawan. Karena banyak sekali fungsinya, peranan pemimpin dalam hal ini sangatlah penting. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Melatih dan mengembangkan kemampuan karyawan

Seorang karyawan yang diterima di suatu perusahaan sudah pasti memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh tempat tersebut. Akan tetapi, karena tuntutan zaman yang terus berubah dan meningkat, perusahaan khususnya yang berada di ranah SDM, biasanya akan mengadakan pelatihan atau training untuk menaikkan kapabilitas karyawan. Sehingga, kemampuan staff terus bertumbuh sejak hari pertama mereka diterima di kantor Anda.

2. Meningkatkan hubungan antara karyawan

Sesuai dengan penjelasan di atas, pemimpin di bagian manajemen SDM ini tidak hanya berkontribusi dalam proses rekrutmen dan pelatihan saja, tapi juga dalam pembangunan kultur perusahaan. Jika perusahaan Anda ingin menciptakan budaya kerja yang berorientasi pada hasil serta tetap berempati pada kondisi kesehatan karyawan, tentunya ini mesti diupayakan oleh teman-teman yang berada di ranah human resources.

3. Memitigasi risiko bisnis

Nyatanya, risiko perusahaan itu tidak hanya menjadi tanggung jawab bagian keuangan saja. Seorang pemimping di divisi human resources juga mesti ikut berpikir untuk mencegah hal buruk terjadi. Bahkan, ketika bisnis mengalami kebangkrutan sekalipun, manager di bidang inilah yang akan berurusan langsung dengan seluruh karyawan yang akan dipertahankan atau dirumahkan.

Supaya sebuah bisnis bisa terhindar dari insiden pailit, pemimpin divisi ini berperan untuk mempertimbangkan seperti apa kemampuan perusahaan untuk merekrut karyawan baru. Dengan mendengar pendapat dari bagian finance dan mempertimbangkan pandangan divisi SDM, perusahaan bisa memiliki jumlah staff yang cukup dan efisien untuk menyelesaikan proyek.

Karakteristik Utama Pemimpin Profesional

Lalu, seperti apakah karakteristik atau ciri-ciri pemimpin yang profesional? Anda bisa lihat beberapa poinnya pada penjelasan berikut ini.

1. Jujur dan memiliki integritas

Kejujuran adalah poin yang penting yang sulit dicari belakangan ini. Pertumbuhan teknologi yang kian pesat membuat orang mudah memiliki mentalitas menghalalkan segala cara. Padahal, ketidakjujuran dapat menjerumuskan bisnis pada kebangkrutan. Itulah mengapa Anda perlu menemukan pemimpin yang jujur dan berintegritas.

2. Penuh empati

Perusahaan yang baik tentunya tidak hanya berorientasi pada hasil, tapi juga pada keselamatan dan kebahagiaan karyawannya. Ketika pekerja senang bekerja di kantor, tidak menutup kemungkinan mereka akan memberikan testimoni yang baik soal bisnis Anda. Ini tentunya akan memengaruhi brand identity perusahaan. Jadi, carilah pemimpin yang bisa mengarahkan tim dengan baik sekaligus punya empati terhadap sesama, ya!

3. Memiliki kemauan untuk terus berkembang

Bisnis adalah bidang yang terus berkembang setiap waktu. Itulah mengapa memilih pemimpin dengan karakter yang mau sentiasa beradaptasi itu penting. Anda bisa melihat hal ini pada proses wawancara. Apabila mereka punya ambisi untuk terus meningkatkan hasil, biasanya itu menjadi indikator seseorang yang ingin terus berkembang.

4. Mengenali seluk-beluk perusahaan

Mungkin Anda sudah pernah mendengar mengenai product knowledge atau pengetahuan tentang produk-produk yang dijual perusahaan. Nah, nyatanya, bukan hanya memahami barang yang ditawarkan, mengerti seluk-beluk perusahaan itu juga wajib hukumnya untuk dimiliki oleh pemimpin divisi human resources. Jadi, pastikan hal ini dimiliki oleh pemimpin atau manajer SDM di tempat Anda.

Mencari seseorang yang tepat untuk menjadi pemimpin di divisi manajemen SDM itu bisa Anda lihat dari pengalaman kerja mereka. Anda juga bisa mengidentifikasi kemampuannya melalui gelar yang orang tersebut miliki. Supaya bisa menjadi manager human resources, seseorang perlu memperdalam ilmu dan pengalamannya dengan belajar di program MM People and Leadership dari BINUS Graduate Program.

Dengan belajar di sini, seorang calon pemimpin bisa mengasah kemampuan dan pengetahuannya dalam kepemimpinan. Tak hanya itu, MM People and Leadership dari BINUS Graduate Program juga didesain supaya bisa diselesaikan selama tiga semester saja, lho! Kuliah S2 menjadi lebih hemat waktu dan biaya. Informasi lengkap seputar pendaftaran program di BINUS Graduate Program, silakan klik link di sini!

 

Whatsapp