BINUS Business School

Cara Kerja dan Kegunaan Komputer Bloomberg Terminal

Di era ekonomi digital seperti sekarang, layanan keuangan tidak bisa dipisahkan dari integrasi teknologi. Hal inilah yang dilakukan oleh Bloomberg, perusahaan keuangan dan media swasta ternama yang berbasis di New York City, Amerika Serikat. Sang founder, Mike Bloomberg, menciptakan inovasi teknologi di bidang keuangan yang dikenal dengan nama Bloomberg Terminal. Kini, inovasi tersebut digunakan oleh banyak perusahaan ternama di seluruh dunia.

Apa Itu Bloomberg Terminal?

Bloomberg Terminal adalah sebuah software komputer yang menyediakan data dan analisis keuangan global, data compliance, hingga informasi lengkap seputar bisnis dan finansial. Sejak pertama kali diluncurkan oleh Mike Bloomberg pda 1982, kini Terminal Bloomberg telah digunakan oleh lebih dari 320.000 subscribers di seluruh dunia. 

Mayoritas subscribers tersebut berasal dari kalangan investor, manajer investasi, analis finansial, hingga broker saham. Selain itu, kini beberapa universitas juga sudah menjadi subscriber Bloomberg Terminal agar mahasiswa bisa mendapat akses langsung terhadap pasar finansial global.

5 Fungsi Bloomberg Terminal

Melalui data lengkap seputar finansial global, Bloomberg Terminal dapat memberikan sejumlah fungsi bagi para pemakainya, mulai dari hal sesimpel akses berita ekonomi hingga analisis performa sekuritas.

  • Mendapatkan berita ekonomi terkini

Ingin update berita ekonomi terkini dari mancanegara? Cukup ketikkan ‘NEWS’ pada Terminal Bloomberg, dan layar akan langsung menampilkan deretan berita terbaru hari itu. Untuk membaca berita secara lengkap, cukup klik salah satu headline yang muncul pada deretan tersebut. 

Jenis berita ekonomi yang disajikan pun sangat beragam, mulai dari tren market hingga breaking news. Bloomberg juga telah menyediakan fitur Filter untuk memudahkan Anda menyaring tampilan berita berdasarkan topik, negara, atau kelas aset (asset class).

  • Memantau pergerakan harga indeks

Selain berita ekonomi, Anda juga bisa memantau pergerakan harga indeks saham global melalui Bloomberg Terminal. Bahkan, platform satu ini juga menyediakan informasi tambahan seputar pasar saham berdasarkan masing-masing negara. Misalnya, jika Anda mengklik opsi ‘Asia’, layar terminal akan menyajikan informasi pasar saham Asia secara lebih detail, yang sebelumnya tidak muncul karena keterbatasan space di halaman utama terminal.

  • Mengetahui kabar akuisisi dan merger

Ekosistem bisnis global yang dinamis mengharuskan banyak perusahaan untuk mengambil langkah drastis demi mengembangkan bisnis, termasuk melakukan akuisisi dan merger. Terminal Bloomberg dapat memberi tahu kabar terkini seputar akuisisi dan merger yang dilakukan perusahaan di dunia. Bahkan, kabar ini disajikan secara real-time, dan Anda juga bisa mengetahui detailnya; mulai dari jenis kesepakatan, pihak mana saja yang terlibat, hingga nilai akuisisi atau merger yang dilakukan.

  • Mengecek nilai kurs mata uang asing

Tanggung jawab pekerjaan mengharuskan Anda untuk memonitor nilai kurs mata uang asing? Bloomberg Terminal juga dapat membantu Anda terkait kebutuhan tersebut melalui fitur Cross Currency Rate Monitors. Pada fitur ini, Anda dapat mengecek nilai kurs beberapa mata uang asing dan bahkan memonitor perubahan harganya secara real-time. Tak hanya itu, Terminal Bloomberg juga menyediakan informasi tentang pricing hours untuk memudahkan monitoring.

  • Menganalisis performa emiten dan sekuritas

Di samping berita ekonomi dan pasar bisnis global, Anda juga bisa menggunakan Terminal Bloomberg untuk menganalisis performa emiten dan sekuritas. Kabar baiknya, analisis yang tersedia di Bloomberg cukup dapat diandalkan karena mencakup banyak kelas aset utama seperti mata uang, pendapatan tetap (fixed income), reksa dana, komoditas, ekuitas, hingga Exchange Traded Fund (ETF).

Cara Menggunakan Bloomberg Terminal

Agar bisa mendapat akses penuh terhadap konten yang disajikan Terminal Bloomberg, Anda perlu mendaftar menjadi subscriber. Nantinya, perwakilan Bloomberg akan menjelaskan detail tentang pemasangan terminal sekaligus harga berlangganan, yakni sekitar 20.000 USD hingga 24.000 USD per tahunnya.

Setelah resmi menjadi subscriber, Anda dapat meng-install software Bloomberg Terminal pada komputer berbasis Windows maupun Mac OS. Tapi, pihak Bloomberg akan memberikan keyboard khusus untuk memudahkan Anda menavigasi data dalam terminal. Di samping komputer, software ini juga bisa diakses melalui perangkat mobile.

Fungsi Bloomberg Terminal begitu penting untuk memantau dunia ekonomi dan bisnis terkini di ranah global. Namun, dengan harga yang cukup tinggi, belum lagi harus menyiapkan perangkat mumpuni, berlangganan Terminal Bloomberg mungkin menjadi kesulitan tersendiri. Kabar baiknya, Anda tidak perlu bingung dengan hal tersebut apabila menempuh kuliah di BINUS University.Sebagai mahasiswa, Anda bisa mengakses Bloomberg Terminal yang tersedia di Library & Knowledge Center (LKC) Kampus BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera. Jadi, Anda tidak perlu berlangganan sendiri untuk mendapatkan data bisnis dan ekonomi lengkap dari terminal tersebut. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi website BINUS BUSINESS SCHOOL!

 

Whatsapp