BINUS Business School

A-to-Z Transformasi Bisnis Garuda Indonesia

Melanjutkan acara sebelumnya, BINUS Business School kembali mengadakan event CEO Speaks pada 12 April 2023. Sama seperti literasi acara serupa yang terdahulu, CEO Speaks rutin mengundang para pemuka bisnis ternama untuk berbagi ilmu tentang leadership di dunia bisnis. Kali ini, BINUS Business School mendatangkan Irfan Saputra, CEO dari Garuda Indonesia sebagai narasumber.

Acara untuk umum ini diadakan di BINUS @Senayan JWC Campus, Room 310 di lantai 3 pada pukul 18.30 sampai 21.00 WIB. Selain itu, acara CEO Speaks edisi kali ini juga disiarkan secara online melalui Zoom dan YouTube Live.

Mengenal Acara CEO Speaks BINUS Business School

CEO Speaks merupakan acara dwibulanan BINUS Business School untuk membekali para calon leader muda dengan ilmu leadership di dunia bisnis. Untuk mewujudkannya, BINUS mengundang para direktur utama dan CEO dari perusahaan-perusahaan ternama sebagai pembicara.

Sejak tahun 2003, BINUS Business School telah menghadirkan lebih dari 80 orang CEO tersohor dan mengumpulkan ilmu yang mereka sampaikan dalam buku berjudul “Indonesian Top CEO Wisdoms”. Buku ini dicetak dan diterbitkan oleh Gramedia pada tahun 2009 demi menjangkau lebih banyak calon leader muda di berbagai lokasi.

Mata acara CEO Speaks mencakup ajang berkenalan dengan para tim manajemen perusahaan yang diundang, presentasi tentang business transformation di perusahaan tersebut, dan sesi tanya jawab kasual untuk mengetahui kisah hidup narasumber. Harapannya, sebagai generasi pemimpin terbaru, para peserta dapat mempelajari apa yang mendasari kesuksesan mereka dan bagaimana mereka menghadapi tantangan untuk mengembangkan perusahaan tempat mereka bernaung.

A-to-Z Transformasi Bisnis Garuda Indonesia
Kata Sambutan dari Dr. Rini Setiowati, Dekan BINUS Business School Master Program

Sekilas tentang Narasumber Acara CEO Speaks

Pada ajang CEO Speaks terbaru ini, BINUS Business School kembali menghadirkan sosok pemimpin yang berprestasi, yaitu Irfan Setiaputra. Bapak Irfan merupakan CEO dari Garuda Indonesia, salah satu perusahaan penerbangan nasional terbesar di Indonesia yang sudah berkiprah sejak tahun 1949.

Sebelum menjabat sebagai Dirut Garuda, beliau pernah menjabat sebagai CEO dari berbagai korporasi, di antaranya Sigfox Indonesia, IBM, PT INTI, Cisco, PT Cipta Kridatama, dan ABM Investama. Hal inilah yang membuat beliau begitu dipercaya untuk memimpin Garuda Indonesia, terutama saat perusahaan tersebut sedang mengalami kerugian selama bertahun-tahun.

Kiprah dan Prestasi Bapak Irfan Setiaputra

Sejak Bapak Irfan menjabat, keuntungan Garuda Indonesia meningkat berlipat ganda hingga mencapai Rp23,6 triliun pada Q3 tahun 2022. Angka ini 60,35% lebih tinggi daripada pendapatan Garuda Indonesia pada tahun 2021, yaitu hanya sebesar Rp14,77 triliun. Lalu, apa rahasia di balik peningkatan tersebut?

Selama menjabat, Bapak Irfan terus berfokus pada strategi pengubahan brand image Garuda Indonesia menjadi maskapai penerbangan yang sederhana, terpadu, lengkap, dan menguntungkan. Hal ini pun menjadi kunci utama untuk menyambut pemulihan industri penerbangan pada tahun 2023 seiring dengan menurunnya jumlah kasus Covid-19 dan longgarnya pembatasan kegiatan masyarakat.

Tidak hanya berfokus pada peningkatan layanan kepada pelanggan, Garuda Indonesia di bawah naungan Bapak Irfan juga menjalani restrukturisasi utang. Untuk melengkapi strategi tersebut, Bapak Irfan juga terus menekankan pentingnya tidak menyerah dan terus mencari solusi kepada semua pegawai. Misalnya, pada awal pandemi Covid-19, Garuda Indonesia menawarkan layanan pengiriman kargo dengan pesawat terbang supaya bisa terus beroperasi di tengah PPKM.

Hasilnya, pemasukan dari penerbangan berjadwal berhasil mencapai 57,87%, penerbangan tidak berjadwal menyumbang 171,88%, dan pendapatan lainnya berkontribusi 27,13% dari total pendapatan Garuda Indonesia. Sebagai wujud apresiasi atas pencapaian tersebut, Bapak Irfan mendapatkan penghargaan Top 100 CEO of the Year 2022 oleh Majalah Infobank di Pullman Hotel Jakarta.

A-to-Z Transformasi Bisnis Garuda Indonesia
Bapak Irfan Setiaputra (President & CEO PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk)

Peranan BINUS Business School untuk Calon Pemimpin Muda

Untuk ajang CEO Speaks kali ini, BINUS Business School mendapatkan dukungan dari Marketing Enthusiast Community (MEC) sebagai media partner. Pilihan tersebut sejalan dengan tujuan MEC untuk mendukung berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kepemimpinan, pengembangan karier, riset pasar dan perilaku pelanggan, serta cara untuk meningkatkan kesuksesan komersil sebuah bisnis.

Kehadiran Irfan Setiaputra selaku CEO yang berprestasi dalam mentransformasi keadaan sebuah perusahaan besar merupakan upaya BINUS Business School untuk memberi semangat bagi generasi muda. Sebab, jika Bapak Irfan bisa membuat sebuah perusahaan lebih baik di tengah kerugian besar dan krisis global, hal tersebut diharapkan mampu menginspirasi para calon pemimpin muda untuk mencapai prestasi serupa atau bahkan lebih besar lagi.

Sama seperti sebelumnya, BINUS Business School kembali mengadakan ajang CEO Speaks pada tanggal 12 April 2023 di Room 310 BINUS @Senayan, JWC Campus, Jakarta Selatan. Acara ini diselenggarakan secara hybrid, dalam artian peserta bisa mengikuti pembicaraan secara online via Zoom dan YouTube Live maupun secara offline.

Melalui acara ini, peserta dapat memperoleh motivasi dan wawasan menarik tentang kepemimpinan bisnis dari Irfan Setiaputra selaku CEO Garuda Indonesia. BINUS Business School berharap bahwa para peserta dapat memetik ilmu dari pemimpin ternama untuk memimpin bisnis mereka dengan baik kelak.