BINUS Business School

CEO Speaks bersama PT Taspen (Persero): Mencapai Kesuksesan Pasca Masa Krisis

Leadership merupakan salah satu kunci penting untuk bisa mencapai kesuksesan. Sayangnya, masih banyak yang belum memahami seperti apa leadership yang tepat untuk bisa meraih sukses. Alhasil, sering ditemukan pemimpin yang tidak bisa memimpin dengan benar, bahkan mereka tidak mampu mengambil keputusan dengan cermat. CEO Speaks on Leadership kali ini mengundang A. N. S. Kosasih, CEO PT Taspen (Persero). Beliau menjelaskan seperti apa leadership yang tepat untuk mencapai titik kesuksesan meski Anda baru saja mengalami masa krisis besar.

Mari simak penjelasannya berikut ini!

Mencapai Kesuksesan Pasca Masa Krisis

Embracing Simplicity

Zaman begitu cepat berubah, otomatis ada banyak sekali hal baru yang muncul. Tren yang berlaku tahun lalu belum tentu akan relevan saat ini. Sering kali, hal semacam ini membuat para pemimpin merasa bingung. Mereka merasa harus selalu mengikuti tren untuk bisa tetap relevan. Padahal, pemimpin yang efektif justru adalah mereka yang dapat merangkul simplicity atau kesederhanaan.

Salah satu contohnya adalah transformasi digital yang tengah digencarkan akhir-akhir ini. Dengan dalih transformasi digital, banyak perusahaan yang kemudian menggunakan teknologi dalam operasionalnya, tanpa meninjau apakah teknologi tersebut dapat membuat pekerjaan mereka menjadi lebih efisien.

Di sinilah pemimpin harus bisa mengambil tindakan. Tidak semua teknologi, tren, dan inovasi bisa diterapkan pada perusahaan. Terkadang, cara-cara lama atau metode konvensional yang sederhana justru lebih efisien saat diterapkan di perusahaan. Intinya, tidak perlu terburu-buru mengikuti perubahan zaman. Ambil keputusan dengan cermat, bukan asal cepat.

Belajar dari Krisis

Agar lebih cepat bangkit dari krisis, cobalah ubah sudut pandang Anda. Dari situ, Anda bisa melihat hal-hal lain yang sebenarnya patut untuk disyukuri.

Misalnya dalam krisis karena pandemi COVID-19. Kebijakan social distancing yang membatasi ruang gerak akan membuat Anda tersadar bahwa selama ini telah menganggap sepele banyak hal, seperti berkumpul bersama kerabat, nongkrong santai bersama teman-teman di kafe favorit, hingga terbebas dari masker yang terkadang menyesakkan.

Alih-alih melihat krisis sebagai masa-masa kelam, anggaplah hal tersebut sebagai suatu pembelajaran. Ketika berhasil melampauinya, berarti Anda sudah naik ke tingkatan yang lebih tinggi. Mindset seperti ini juga akan mendorong Anda untuk terus mencari jalan keluar ketika menghadapi kesulitan dan hambatan.

Prinsip PAHALA

PT Taspen (Persero) sendiri menerapkan prinsip PAHALA untuk bisa melampaui krisis. Kosasih menjelaskan bahwa prinsip ini diterapkan oleh Taspen, baik dalam aspek investasi maupun operasional. Apa itu prinsip PAHALA? Mari membahasnya satu per satu.

  • Pastikan Aman

Dari sisi investasi, prinsip Aman ini berkaitan dengan memperhitungkan tingkat risiko yang dapat diterima. Ini karena PT Taspen (Persero) merupakan sebuah perusahaan yang menawarkan layanan di bidang keuangan. Memperhitungkan risiko merupakan langkah preventif awal untuk meminimalisir dampak yang mungkin terjadi.

Sedangkan dari sisi operasional, prinsip Aman berkaitan dengan prosedur operasional yang sesuai dengan SOP agar bisa mencapai kepuasan nasabah selama menggunakan layanan.

  • Pastikan Hasil

Selanjutnya ada prinsip Hasil. Dari segi investasi, aspek Hasil berhubungan dengan kapabilitas untuk memberikan hasil atau yield yang nantinya akan diterima oleh nasabah. Perusahaan harus selalu memastikan untuk mampu memberikan hasil optimal kepada nasabah. Begitu juga dari segi operasional, proses pembagian hasil harus transparan. Nasabah berhak mengetahui seberapa besar hasil atau yield yang mereka terima dan tentunya dengan proses yang mudah serta cepat.

  • Pastikan Andal

Pastikan Andal dari sisi investasi berkaitan dengan pemilihan instrumen investasi. Perusahaan sebisa mungkin hanya melakukan investasi pada instrumen yang tepat melalui analisis komprehensif. Dari segi operasional, prinsip Andal berarti upaya untuk selalu memastikan terciptanya kepuasan pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik. Dengan begitu, nasabah bisa yakin bahwa layanan perusahaan bisa selalu diandalkan.

  • Pastikan Likuid

Likuid berhubungan dengan pencairan nilai investasi. Sebaik apa pun performa instrumen investasi yang dipilih, akan menjadi kurang bermanfaat jika tidak dapat dicairkan dengan mudah. Untuk itu, Taspen selalu berusaha memberikan kemudahan pencairan nilai ataupun hasil investasi. Dari segi operasional, hal ini diwujudkan dengan menyediakan prosedur pencairan yang mudah dengan pemberian manfaat yang sesegera mungkin (dana cair maksimal 1 jam).

  • Pastikan Antisipatif

Terakhir adalah antisipatif. Dari segi investasi, hal ini diwujudkan Taspen dengan mengalokasikan aset-aset investasi secara hati-hati dan selalu memperhatikan kondisi pasar. Hal ini dilakukan guna meminimalisir risiko yang akan diterima nasabah. Adapun dari segi operasional, aspek Antisipatif ini hadir melalui upaya-upaya perusahaan dalam mengantisipasi perubahan kondisi pasar serta kebijakan pemerintah.

Bagi perusahaan yang sudah lama berdiri seperti PT Taspen (Persero), era digital seperti sekarang ini tentu menjadi tantangan besar. Belum lagi masa krisis yang ditimbulkan pandemi, tentu akan memengaruhi bagaimana perusahaan bekerja. Meski begitu, selalu ada celah untuk bisa bangkit kembali dan menggapai kesuksesan setelah krisis menghantam. Tinggal bagaimana Anda dapat memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada.


Whatsapp