BINUS Business School

Kunci Sukses Ignatius Nathanael dari Mahasiswa Biasa Jadi Wisudawan Terbaik

Pandemi sempat membatasi banyak kegiatan, termasuk kuliah. Hal ini pun membawa tantangan tersendiri karena aktivitas perkuliahan jadi berlangsung secara online sehingga butuh banyak adaptasi. Namun, di tengah tantangan ini, tidak sedikit mahasiswa yang sukses menjalankannya. Contohnya adalah Ignatius Nathanael Andika Wonojudo yang menjadi wisudawan terbaik dari Program Master of Management Professional in Business Management BINUS BUSINESS SCHOOL.

Kebimbangan sebelum Berkuliah S2

Setelah lulus kuliah S1 dari BINUS UNIVERSITY pada 2014, Ignatius langsung memulai karier di dunia kerja. Keinginannya untuk melanjutkan kuliah S2 pertama kali muncul pada 2017. Ketika itu, Ignatius menyadari bahwa agar bisa bersaing di dunia kerja profesional, pendidikan dan pengalaman merupakan dasar utama. Ia tidak boleh berhenti belajar, sehingga kuliah S2 pun dinilai menjadi keputusan tepat.

Namun, situasi personal belum memungkinkan Ignatius untuk langsung menjalankan rencana tersebut. Hingga akhirnya pandemi datang dan membuat kesibukan Ignatius berkurang. Tidak lama setelah itu, BINUS UNIVERSITY mengabarkan tentang program S2 online. Dari sinilah perjalanan Ignatius sebagai mahasiswa S2 BINUS BUSINESS SCHOOL dimulai, sampai akhirnya ia berhasil lulus dengan predikat wisudawan terbaik.

Kuliah Online Tawarkan Kemudahan

Bagi Ignatius yang harus bekerja selama Senin-Jumat, program S2 online dari BINUS BUSINESS SCHOOL merupakan opsi yang solutif. Inilah kesempatan tepat baginya untuk merealisasikan rencana kuliah S2. Karena program S2 dilakukan secara online selama pandemi, Ignatius jadi lebih mudah membagi waktu antara kuliah dan bekerja, sehingga tidak ada tugas dan tanggung jawab yang terbengkalai.

Bersama para mahasiswa lain dalam Program Master of Management Professional in Business Management BINUS BUSINESS SCHOOL, Ignatius mendapat akses untuk belajar dan membaca materi kuliah melalui learning management system. Materi yang disampaikan juga selalu up-to-date dengan kondisi industri bisnis terkini, sehingga nantinya lulusan S2 BINUS BUSINESS SCHOOL memiliki bekal relevan untuk bersaing di dunia kerja.

Beda Berkuliah Sebelum dan Saat Pandemi

Fleksibilitas waktu memang menjadi salah satu kemudahan utama yang dirasakan Ignatius selama menempuh kuliah S2 online. Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa kuliah sebelum dan saat pandemi memiliki perbedaan signifikan. Jika dulu ia merasakan keseruan kuliah S1 di kampus bersama teman-teman, kuliah S2 saat pandemi memberikan nuansa yang berbeda.

“Kita cuma bisa bertatap muka dari layar, tidak bisa ketemu. Dari sisi belajarnya pun cukup challenging, karena internetnya harus baik, kemudian kita harus bisa menangkap [materi], serta lebih aktif untuk bertanya,” ungkap Ignatius.

Di sisi lain, masa kuliah S2 yang harus berjauh-jauhan akibat pandemi juga cukup berkesan bagi Ignatius. Ia belajar untuk lebih menerima kondisi yang tidak bisa ia ubah. Sebaliknya, ia justru terpacu untuk melakukan cara-cara belajar baru hingga bisa lulus sebagai wisudawan terbaik.

Pandangan Ignatius soal Kuliah S2 

Mengingat banyaknya tantangan yang harus dihadapi selama kuliah S2, wajar apabila banyak calon mahasiswa merasa ragu atau khawatir untuk memulai. Namun, Ignatius tetap merekomendasikan untuk melanjutkan studi S2 jika ada kesempatan. Menurutnya, proses kuliah S2 sangat membantu dalam mengembangkan pola berpikir, terutama bagi para profesional di dunia kerja.

Terlebih jika universitas yang dipilih adalah BINUS UNIVERSITY, seperti yang dilakukannya saat menempuh Program Master of Management Professional in Business Management BINUS BUSINESS SCHOOL. Mengadopsi kurikulum berstandar internasional, program studi S2 tersebut tidak hanya memberikan materi akademik secara mendalam, tapi juga melatih mahasiswa untuk berpikir secara strategis dalam memecahkan masalah-masalah nyata di dunia kerja.

“Buat saya, BINUS sudah seperti second home, tempat saya untuk belajar. BINUS bagi saya luar biasa karena membantu kita tidak hanya dari segi akademik, tapi juga soft skill seperti organisasi. Kita juga belajar melihat masalah dari sisi lain seperti lingkungan atau lainnya,” tutup Ignatius.

Kebimbangan Ignatius Nathanael Andhika Wonojudo untuk melanjutkan studi S2 akhirnya terjawab berkat Program Master of Management Professional in Business Management BINUS BUSINESS SCHOOL. Meskipun ada banyak tantangan dan harus beradaptasi, Ignatius terus berusaha hingga berhasil lulus S2 tepat waktu dengan predikat wisudawan terbaik. 

Tertarik mengikuti jejak Ignatius untuk mengembangkan ilmu bisnis melalui program studi S2 yang fleksibel dan up-to-date? Kunjungi website Master of Management Professional in Business Management BINUS BUSINESS SCHOOL untuk info selengkapnya!

 

Whatsapp