BINUS Business School

Manfaat Kesehatan Mental untuk Karier dan Cara Membangunnya

Dunia yang semakin kompetitif sering kali mengukur kesuksesan karier dari kemampuan teknis dan soft skills. Padahal, selain itu, ada satu aspek penting yang juga sering terlewatkan, yaitu kesehatan mental. Kondisi pikiran yang sehat merupakan kunci penting untuk mencapai kesuksesan dalam karier.

Kesehatan mental yang baik memungkinkan Anda untuk berfungsi dengan sangat baik. Sehingga, Anda pun dapat menghadapi tantangan dalam dunia kerja dengan penuh ketenangan. Proses berinteraksi dengan orang lain pun akan terjalin secara efektif. Lalu, bagaimana cara memiliki mental health yang optimal untuk bekerja?

Manfaat Mental yang Sehat untuk Karier

Sebelum memasuki pembahasan tentang cara membangun kesehatan mental yang maksimal, simak dulu beberapa manfaat dari mental yang sehat untuk karier.

1. Produktivitas akan meningkat pesat

Kesehatan mental yang baik dapat meningkatkan konsentrasi, ketekunan, dan kreativitas, yang semuanya merupakan kunci untuk produktivitas di tempat kerja. Ketika Anda sudah memiliki ketiganya, maka kemungkinan untuk fokus pada tugas akan lebih efektif. Hal ini tentunya bisa mengurangi waktu Anda dalam menyelesaikan tugas tersebut karena konsentrasi benar-benar terbentuk.

2. Menciptakan lingkungan dan budaya kerja yang baik

Kesehatan mental yang baik pada setiap individu tentunya berkontribusi pada lingkungan kerja yang positif. Ketika Anda berada dalam kondisi mental yang baik, Anda cenderung memiliki sikap positif terhadap sekitar. Energi semacam ini dapat menular ke rekan kerja dan menciptakan suasana kerja yang lebih harmonis dan produktif.

3. Mengurangi kadar stres berlebih

Kesehatan mental yang baik pun berperan dalam stress management. Saat mental seseorang sehat, kadar stres pasti bisa diseimbangkan. Dengan kemampuan menghadapi tekanan dan tantangan tanpa kelebihan stres, Anda dapat mempertahankan kinerja optimal dan menghindari kelelahan atau burnout.

4. Memperkuat hubungan dengan rekan kerja

Memiliki kesehatan mental yang baik juga memungkinkan Anda untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat dengan rekan kerja. Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, mindset dan sikap positif berpotensi menular. Untuk itu, tidak heran bila komunikasi yang efektif, empati, dan kemampuan untuk bekerja dalam tim bisa meningkat ketika Anda berada dalam kondisi mental yang baik.

Cara Membangun Kesehatan Mental untuk Bekerja

Memiliki kesehatan mental yang baik untuk membangun lingkungan kerja produktif itu bisa dicapai, kok. Anda terapkan saja dengan melakukan beberapa hal berikut.

1. Istirahat yang cukup

Cara pertama untuk mewujudkan mental yang sehat adalah dengan tidur cukup dan berkualitas. Istirahat yang memadai membantu pikiran dan tubuh Anda untuk pulih dari kelelahan harian, sehingga energi dan fokus dapat diperbarui. Untuk orang dewasa, coba sediakan waktu 6 sampai 7 jam untuk tidur yang berkualitas.

2. Sempatkan waktu untuk hobi

Cara berikutnya adalah dengan meluangkan waktu untuk menjalani kegiatan-kegiatan yang Anda nikmati. Anda bisa melakukan hobi, seperti menggambar, berolahraga, atau menulis, untuk mengurangi stres dan meningkatkan mood. Hobi memberikan kesempatan untuk istirahat dari rutinitas kerja dan mengisi ulang energi mental Anda.

3. Ketahui batasan diri sendiri

Mengetahui kapan harus mengatakan “tidak” juga sangat penting. Menjadi seseorang yang “Yes Man” atau “Yes Woman” membuat Anda memiliki lebih banyak tanggung jawab daripada yang bisa dikelola dan ini sering kali membuat burnout. Maka, mengenali dan menghormati batasan diri Anda sendiri adalah cara terbaik untuk mencegah kelelahan tersebut.

4. Terapkan gaya hidup yang sehat

Gaya hidup yang sehat tentunya tak boleh dilewatkan, misalnya seperti diet seimbang, olahraga teratur, dan menghindari kebiasaan buruk. Menerapkan beberapa contoh tersebut dapat membuat tubuh Anda bisa berfungsi lebih baik dan hal ini berpengaruh terhadap kondisi mental. Seperti kata pepatah, “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”.

5. Jaga komunikasi dengan orang terdekat

Mempertahankan hubungan yang baik dengan keluarga, teman, dan rekan kerja dapat menjadi cara selanjutnya supaya Anda memperoleh dukungan emosional yang penting. Berbagi perasaan dan pengalaman dengan orang-orang yang dipercaya dapat membantu meringankan stres dan meningkatkan perasaan kesejahteraan. Jadi, jaga terus silaturahmi dengan mereka, ya!

Menjaga kesehatan mental ternyata menjadi semacam investasi yang penting untuk karier Anda, bukan? Dengan menjaga kesehatan mental, Anda membuka pintu untuk produktivitas yang lebih tinggi, lingkungan kerja yang lebih baik, hubungan yang kuat dengan rekan kerja, dan kemampuan untuk mengelola stres secara lebih efektif. Kesehatan mental yang baik adalah fondasi untuk karier yang sukses dan memuaskan. Jadi, selamat mencoba kelima cara di atas!

 

Whatsapp