Industri Gim Indonesia Meningkat 32%, Apa Penyebabnya?

Sejak pandemi melanda seluruh dunia, aktivitas masyarakat mengalami banyak perubahan. Masyarakat lebih banyak beraktivitas dari rumah yang serba online dengan mengandalkan teknologi. Selain itu, masyarakat juga menjadi lebih banyak mencari hiburan dari dalam rumah, seperti mendengarkan musik, menonton film, dan bermain gim.

Di saat banyak industri di Indonesia turun drastis selama pandemi, terdapat satu industri baru yang justru tumbuh sangat cepat. Industri tersebut adalah industri gim. Seperti yang disebutkan oleh Febrianto Anwari, Program Manajer Asosiasi Game Indonesia dalam webinar Indonesia Business Outlook 2022 dengan tema “The Rise of Creative Economy” yang diadakan oleh BINUS BUSINESS SCHOOL, industri gim bahkan menjadi salah satu pandemic winner dan tumbuh pesat pada tahun 2020. Mengapa bisa demikian?

Kondisi Gim Indonesia di Pasar Internasional

Posisi industri gim Indonesia saat ini sangat bisa diperhitungkan di pasar internasional. Industri gim Indonesia ini bahkan menempati 16 pasar terbesar gim dengan peningkatan 32,7% tiap tahunnya. Tidak tanggung-tanggung, dana yang dihabiskan tiap tahun pun bisa mencapai 1,74 USD. Sebagai industri yang mulai mendapat banyak perhatian masyarakat Indonesia di masa pandemi, industri gim hingga saat ini masih menjadi salah satu industri yang tumbuh paling cepat di dunia. 

Mengapa Industri Gim di Indonesia Berkembang Pesat?

Dengan kondisi pandemi, kemudahan dalam akses, karakter masyarakat yang senang mencari hiburan, dan terdapat banyak manfaat dari gim menjadi beberapa faktor pesatnya perkembangan industri gim di Indonesia. Beberapa poin ini juga menjadi alasan industri gim Indonesia dapat tumbuh dengan cepat.

  1. Mudah dijangkau

Kondisi masyarakat Indonesia sejak adanya pandemi Covid-19 jadi sering berada di rumah dan mencari kegiatan di dalam rumah. Gim sendiri menjadi salah satu alternatif hiburan yang dapat dinikmati di rumah masing-masing. Masyarakat tak perlu bersusah-payah ke warnet atau penyedia layanan gim di suatu tempat.

Gim saat ini banyak tersedia di berbagai gadget, termasuk di handphone, baik yang berbasis Android maupun iOS. Aplikasi gim di handphone ini bahkan dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Selain itu, banyak pula gim yang menyediakan fitur online maupun offline sebagai pilihan saat pengguna ingin memainkannya.

  1. Bisa menjalin interaksi dengan orang lain

Masa-masa pandemi mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri di rumah. Bersekolah, bekerja, berbelanja, dan kegiatan krusial lain pun dilakukan di dalam rumah secara online. Karena melaksanakan kegiatan sehari-hari selalu di rumah, ini kemudian membuat masyarakat tidak dapat bersosialisasi langsung dengan orang lain. Tidak dapat dimungkiri, masyarakat pun jadi mudah jenuh dan bosan.

Oleh karena itu, sebagai pelepas jenuh, banyak masyarakat yang mencari beragam hiburan dari handphone, salah satunya dengan bermain gim. Bermain gim bahkan menjadi hiburan yang paling banyak dicari dan digunakan di antara hiburan musik dan film. Kelebihan gim salah satunya adalah dapat membangun interaksi antarpemain saat sedang bermain bersama. Dengan begitu, permainan pun terasa lebih seru dan menyenangkan. 

  1. Meningkatkan networking

Selain dapat berinteraksi saat bermain gim bersama secara online, gim dapat memperluas relasi antar pengguna. Para pengguna dapat saling mengenal satu sama lain dari berbagai daerah. Selain itu, karena para pengguna mempunyai hobi yang sama, banyak pula agenda tambahan yang bisa dilakukan setelah bermain, misalnya mengikuti lomba esport. Pertandingan bermain gim ini bahkan banyak diminati dan ditonton oleh masyarakat secara online. Tak heran pertandingan ini pernah beberapa kali masuk dalam jajaran trending media sosial. 

  1. Indonesia termasuk mobile-first

Aktivitas masyarakat yang serba virtual saat ini masih dominan menggunakan mobile atau handphone. Penggunaannya yang mudah dan praktis menjadikan handphone sebagai benda favorit yang selalu ada dalam genggaman. Handphone sendiri saat ini digunakan oleh semua umur, mulai dari anak-anak hingga lansia. Dengan kemudahan fasilitas ini, gim yang tersedia di handphone pun banyak dan beragam. Aktivitas bermain gim dalam satu genggaman sudah familier dan marak ditemukan di semua daerah.

Perkembangan Gim Lokal di Indonesia 

Berdasarkan karakter dan kebiasaan masyarakat Indonesia di masa pandemi dan beberapa alasan yang telah disebutkan sebelumnya, gim dapat menjadi industri yang berkembang pesat, bahkan menjadi pandemic winner. Meski begitu, menurut para developer gim sendiri, peluang berkembang di Indonesia masih terbilang kecil.

Meski pasarnya sangat besar, pendapatan paling besar para developer gim Indonesia masih berasal dari pasar luar negeri. Namun, dengan melihat perkembangan industri gim yang terus naik dan makin banyak digemari, tidak menutup kemungkinan para developer gim lokal ini perlahan mempunyai peluang besar di Indonesia.