Ingin Bangun Bisnis? Simak 8 Tips Jalankan Bisnis di Era Digital!

Era digital memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat. Salah satunya adalah peluang yang besar dalam menjalankan bisnis digital. Namun, untuk menjalankannya, haruslah memperhatikan beberapa aspek penting. Hal itulah yang dibahas dalam Business Talk Show “The Rise of Creative EconomyIndonesia Business Outlook 2022 BINUS Business School.

Konferensi ini diisi oleh pemateri yang sudah berpengalaman di bidangnya, seperti Verra Oktavianti selaku brand consultant sekaligus founder BeautyBiz dan Putera Dwi Karunia sebagai chief handsome officer BRODO. Berikut tips yang bisa diterapkan dalam menjalankan bisnis di era digital.

Pilih Bidang Bisnis yang Resilient

Tips utama yang harus diperhatikan sekaligus diterapkan untuk bisnis digital adalah terkait resilient. Istilah tersebut mengacu pada bagaimana membangun sebuah bisnis yang tangguh dan terus berkembang. Contohnya adalah bisnis di bidang kosmetik.

Ilustrasi bisnis digital

Inilah yang dijelaskan oleh Verra Oktavianti dalam sesi konferensi tersebut. Menurutnya, hampir setiap hari banyak orang menggunakan kosmetik untuk perawatan dan kesehatan. Terlebih di masa pandemi, kesehatan seperti kesehatan kulit sangat penting diperhatikan. Jadi, dapat dikatakan bisnis kosmetik menjadi salah satu yang tangguh dengan kondisi pasar apa pun.

Teruslah Berinovasi

Setelah memilih bidang bisnis yang resilient, tips selanjutnya adalah apa yang akan dilakukan untuk memaksimalkan bisnis. Sebagai contoh, tentukan bagaimana nantinya Anda akan mengembangkan sebuah produk, termasuk inovasi apa yang dapat menjawab semua kebutuhan konsumen.

Tak ada salahnya juga mencari tahu apa yang dilakukan oleh kompetitor. Hal ini sebagai pembanding untuk mendapatkan gambaran inovasi apa yang bisa dilakukan untuk bersaing dan memenangkan pasar.

Maksimalkan Teknologi Digital

Teknologi adalah kunci utama dari bisnis digital. Mau tidak mau, para pelaku bisnis harus memanfaatkan teknologi agar pengembangan dan penjualan bisnis semakin optimal. Tidak hanya dari segi promosi, keberadaan teknologi juga penting untuk menunjang aspek-aspek lainnya.

Misalnya saja dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi tertentu untuk mencatat transaksi keuangan. Di samping itu, juga ada aplikasi lain yang berfungsi untuk mengecek stok barang, pengiriman barang, mengatur manajemen, dan sebagainya.

Buat Rencana Marketing

Sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya perencanaan. Rencana marketing diperlukan agar perjalanan dan pengembangan bisnis lebih terarah ke depannya. Maka, Anda perlu merencanakan strategi marketing dengan baik dan memperhatikan sumber daya yang dimiliki.

Di sini, ada dua jenis rencana yang bisa dimanfaatkan, yakni rencana marketing dengan menggunakan media sosial dan memaksimalkan campaign dari marketplace. Buatlah rencana ini secara berkala, misalnya rencana pemasaran produk dalam satu bulanan.

Perhatikan Human Insights

Kualitas produk memang penting, namun yang tidak kalah pentingnya adalah human insight. Artinya, bisnis atau produk tersebut bisa menjadi jawaban atas hal yang dibutuhkan konsumen selama ini. Hal tersebut sesuai dengan yang dicontohkan Putera Dwi Karunia dalam menjalankan bisnis sepatu BRODO. 

BRODO memanfaatkan aplikasi dan teknologi tertentu bagi konsumen dalam memilih ukuran sepatu yang tepat sesuai kaki. Jadi, ketika konsumen mengambil atau menerima pesanannya, mereka tak perlu lagi datang langsung ke toko. Mereka cukup menyerahkan saja hasil dari pengukuran anatomi kaki melalui aplikasi tersebut. Cara ini pun membuat konsumen hemat waktu dan biaya.

Selalu Utamakan Pelayanan

Produk dengan kualitas terbaik memang penting bagi sebuah bisnis digital, akan tetapi faktor lain yang tak kalah berpengaruh terhadap kesuksesan berbisnis adalah pelayanan. Maka dari itu, selalu prioritaskan konsumen dengan pelayanan terbaik, terutama dalam menanggapi masukan, kritik, dan saran.

Mengapa demikian? Sebab, kini konsumen dapat memberikan review di media sosial dan bisa terlihat oleh orang lain. Jika pelayanan dinilai kurang baik atau bahkan buruk dan konsumen membagikannya ke media sosial, tentu akan berdampak negatif pada perkembangan bisnis. Oleh karena itu, berikan pelayanan optimal seperti mengirimkan barang tepat waktu, membalas pesan secepat mungkin, dan sebagainya.

Manfaatkan Marketplace

Sejak berkembangnya internet dan masa pandemi, pola perilaku belanja masyarakat mengalami pergeseran. Hal ini tampak pada meningkatnya transaksi melalui marketplace hingga menjadi sebuah kebiasaan baru di masyarakat.  Dengan begitu, mau tidak mau para pemilik bisnis harus memikirkan bagaimana caranya untuk memanfaatkan marketplace sebaik mungkin.

Misalnya saja dengan mengikuti campaign yang ada di marketplace. Tak ada salahnya juga membuka toko online di marketplace yang berbeda-beda. Namun, dengan catatan, pengelolaannya pun harus dapat dijalankan dengan baik. Sebab, alih-alih menguntungkan, jika pengelolaan ini kurang tepat atau kewalahan karena banyaknya toko online yang dimiliki, tentu hasilnya tak akan maksimal.

Kelola Keuangan dengan Baik

Tidak hanya promosi, inovasi, dan pemasaran saja yang penting dalam berbisnis di era digital. Hal yang tak kalah penting adalah mengelola keuangan bisnis sebaik mungkin. Baik itu bisnis dalam skala kecil atau pemula, menengah, hingga bisnis berskala besar sekalipun, pencatatan ini penting dilakukan untuk mengetahui arus keuangan selama periode tertentu. 

Oleh karena itu, catatlah transaksi sekecil apa pun, mulai dari uang yang masuk maupun arus keuangan yang keluar. Pencatatan ini dapat dijadikan acuan untuk mengetahui sejauh mana kesehatan keuangan bisnis yang dijalankan sekaligus sebagai bahan evaluasi.

Dengan memperhatikan tips di atas, menjalankan bisnis di era digital kini bukanlah hal yang sulit asalkan penuh dengan ketekunan dan semangat belajar tinggi. Di samping itu, adaptasi juga menjadi kunci dalam menghadapi perubahan arus dan pola teknologi yang cukup cepat. Jalankan bisnis secara konsisten dan penuh optimis agar bisa mencapai target yang ditetapkan.