Memecahkan Kunci SEO TikTok untuk Menggaet Gen Z, Coba Cara Ini
TikTok, platform media sosial fenomenal, kini jadi primadona bagi para pemasar yang ingin menjangkau Gen Z. Dengan potensi viralitas yang tinggi, TikTok menawarkan peluang besar untuk meningkatkan brand awareness dan engagement.
Gen Z memandang TikTok lebih dari sekadar media sosial. Maka, tidak cukup membuat konten SEO friendly untuk mesin pencari saja, tetapi juga harus mengikuti SEO TikTok. Bagaimana caranya?
Apa itu SEO TikTok?
SEO TikTok adalah strategi untuk mengoptimalkan konten agar mudah ditemukan dan dilihat oleh pengguna TikTok. Optimasi ini berdasarkan kombinasi beberapa faktor, seperti suara, hashtag, interaksi pengguna, dan preferensi bahasa.
Kreator konten TikTok membuat video pendek dan mem-post pada akun. Pengguna terlibat dengan video saat menonton, menyukai, meninggalkan komentar, dan membagikan video itu. Caption video dapat langsung ditempel di video.
Untuk mengoptimasi konten agar mudah dicari, pengguna mengandalkan hashtag dan tingkat engagement. Selain itu, caption dan audio juga berhubungan langsung dengan popularitas video.
Dengan SEO yang baik, video akan muncul di halaman “For You” (FYP) dan “Discover” yang memiliki jangkauan luas. Menariknya, engagement tinggi di TikTok juga dapat mendorong visibilitas pencarian konten di Google. Maka, pastikan konten video tersebut sudah memuat keyword yang sesuai sehingga peluang muncul di mesin pencari lain pun lebih besar.
Mengapa SEO Tiktok Penting?
SEO TikTok menjadi penting karena hal-hal berikut.
Interaksi dan engagement
Pengguna tidak hanya menonton, tetapi juga menyukai, membagikan konten, dan berkomentar. Interaksi demikian membangun suatu komunitas yang membuat konten lebih menarik. Bahkan, pengguna langsung terhubung dengan kreator konten yang memperkuat ikatan antara pengguna dan influencer.
Personalisasi konten
Gen Z memilih TikTok karena mereka bisa mempersonalisasi fitur pencarian. Algoritma TikTok bekerja demikian sehingga hanya menampilkan video yang sesuai dengan minatnya. Sentuhan personal ini membuat pengguna betah menggunakan TikTok untuk banyak hal.
Sebagai mesin pencari
Di mata Gen Z, TikTok adalah mesin pencari yang andal. Ini sesuai kebutuhan mereka tentang konten yang cukup ditonton saja dan mudah dipahami daripada membaca teks panjang tentang sesuatu.
Mereka memposisikan TikTok sebagai tempat mencari semua informasi yang dibutuhkan, bukan cuma menari atau tantangan viral. Mulai dari tips, tempat makan populer, hingga tren terbaru dalam video pendek yang menarik.
Strategi SEO TikTok yang Efektif
Untuk melakukan strategi SEO TikTok yang efektif, coba terapkan cara berikut ini.
Lakukan riset kata kunci
Mulai dengan melakukan riset kata kunci untuk meningkatkan jangkauan konten. Gunakan kolom pencarian TikTok untuk mencari kata kunci populer dan tambahkan dalam caption maupun deskripsi.
Pahami algoritma TikTok
Pelajari bagaimana algoritma TikTok bekerja untuk memahami apa yang dicari pengguna. Dengan begitu, konten video yang dibuat dapat muncul di FYP dan Discover.
Gunakan hashtag yang tepat
Lakukan riset hashtag yang relevan dengan niche Anda dan target audiens Anda. Kombinasikan hashtag populer dan spesifik untuk meningkatkan peluang video dilihat banyak pengguna.
Buat konten yang menarik, berkualitas, dan relevan
Video yang menarik dan berkualitas tinggi memiliki peluang lebih tinggi untuk viral dan mendapat banyak engagement. Terapkan format video yang populer, edit video dengan kreatif, dan tambahkan caption yang engaging. Ini termasuk memakai audio yang sedang tren.
Posting secara konsisten
Atur jadwal mengunggah video secara konsisten untuk menjaga engagement dan meningkatkan visibilitas video di FYP. Biasakan juga berinteraksi dengan pengguna secara aktif dengan membalas komentar, menjawab pertanyaan, dan follow akun lain untuk membangun hubungan dengan audiens.
Analisis data dan lakukan penyesuaian strategi
Gunakan analytics TikTok untuk melacak performa video. Lalu, lakukan penyesuaian strategi berdasarkan data yang diperoleh untuk meningkatkan kehadiran brand di TikTok dan kemunculan di hasil pencarian.
SEO TikTok adalah kunci menjangkau Gen Z dan mencapai kesuksesan bisnis di platform ini. Dengan menerapkan strategi SEO yang tepat dan kreatif, bukan hanya mampu meningkatkan visibilitas konten, tetapi juga menjangkau target audiens yang tepat, dan membangun brand awareness yang kuat di kalangan Gen Z.
Tertarik mendalami ilmu marketing sekaligus mengembangkan bisnis dengan teknik pemasaran yang sesuai? Yuk, segera daftar di BINUS BUSINESS SCHOOL!