BINUS Business School

Perkaya Wawasan Ekosistem Industri Retail di Indonesia Retail Summit 2024

Pada tanggal 28-29 Agustus 2024 lalu, BINUS University berpartisipasi dalam acara Indonesia Retail Summit 2024 yang diadakan di Swissotel Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Di ajang tersebut, BINUS University mengirimkan tiga tenaga pengajarnya sebagai pembicara utama untuk berbagai sesi seminar. 

Hal ini mencerminkan wujud semangat fostering dan empowering dari BINUS University untuk bangsa Indonesia karena acara Indonesia Retail Summit 2024 terbuka untuk industri, praktisi, dan masyarakat umum.

Indonesia Retail Summit merupakan acara konferensi tahunan tentang serba-serbi industri retail yang mengundang berbagai pihak. Contohnya, pemimpin bisnis, ahli bidang ekonomi dan manajemen, serta anggota badan pemerintahan. 

Hadirin yang mengunjungi acara ini dapat memperoleh wawasan terbaru mengenai tren industri retail dan menjalin koneksi baru untuk membangun jejaring profesional mereka melalui berbagai mata acara: seminar dan kunjungan ke booth berbagai brand di area expo. Acara seminar terdiri dari sesi diskusi dan talkshow mengenai kisah para pemimpin bisnis yang sukses di bidang mereka. Sementara itu, area expo menawarkan kesempatan merasakan teknologi inovatif dari para retailer Indonesia secara langsung.

Pada ajang Indonesia Retail Summit 2024 ini, ada tiga pengajar dari BINUS University yang berpartisipasi sebagai salah satu pembicara utama: Johan, S.Kom., M.M., CDMS (Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship BINUS University) untuk seminar bertajuk Synergizing Education, Regulation, and Industry to Enhance Vocational Programs; Dr. Rini Setiowati, S.E., M.B.A (Dean of BINUS Business School Master Program) untuk seminar ‘Why People Buy What They Buy’; serta Dr. Sani Muhamad Isa, S.Si., M.Kom (BINUS Graduate Program Director) untuk seminar ‘The AI Revolution in Retail’.

Bersama dengan pembicara lain yang ikut serta dalam seminar-seminar tersebut, para tenaga pengajar dari BINUS University juga memberikan wawasan berbasis riset mengenai topik yang mereka ampu. Selain itu, mereka turut mengandalkan pengalaman mengajar dan berkecimpung dalam industri sebagai praktisi untuk meneruskan pengetahuan bagi pekerja, perwakilan instansi pemerintah, serta masyarakat umum yang menghadiri talk show.

Setelah mendengarkan pemaparan ahli, para peserta juga berkesempatan langsung mengikuti sesi tanya jawab bersama para pembicara. Ini merupakan kesempatan bagi para petinggi di BINUS University, BINUS Graduate Program, dan BINUS Business School untuk memberikan wawasan tambahan yang mungkin belum dibahas selama waktu presentasi. 

Dengan demikian, peserta seminar bisa memperoleh ilmu yang lebih komprehensif, dan para ahli dari BINUS University pun juga mendapatkan masukan berdasarkan pengalaman nyata untuk mengasah kurikulumnya.

Semua contoh tersebut merupakan aksi nyata yang menunjukkan bahwa BINUS University berkomitmen terhadap semangat utamanya. Yaitu, memberdayakan masyarakat untuk memajukan bangsa Indonesia. 

Ketika orang-orang awam maupun praktisi industri memiliki ilmu terkini, mereka bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional mereka dengan lebih baik. Hasilnya, mereka bisa melayani pelanggan dengan lebih baik untuk menambah pendapatan negara, dan menarik perhatian lebih banyak calon sumber daya manusia untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja. 

Dengan kata lain, baik akademisi, pelaku usaha, maupun masyarakat umum dapat saling bekerja sama dalam rangka mendorong perekonomian negara dari subsektor bisnis retail. Akademisi seperti pembicara dari BINUS University akan meneruskan wawasan teori dan praktik pengalaman nyata bagi para mahasiswa yang kelak menjadi penerus industri retail. 

Begitu juga dengan para pengusaha yang akan mempekerjakan generasi muda bangsa untuk mendorong operasional. Sehingga, bisnis retail di Indonesia pun senantiasa berkembang hingga dapat bersaing di level regional maupun internasional.***

Whatsapp