BINUS Business School

BINUS Business School Selenggarakan Alumni Speaks dengan Undang Tiga Narasumber Berpengaruh

BINUS Business School mengadakan Alumni Speaks pada Sabtu (4/11/2023) dengan mengundang tiga alumninya untuk berbicara mengenai bisnis dan hal-hal terkait. Ketiga pembicara yang turut dihadirkan dalam acara ini, antara lain Ria Emilia Sari, M.M. (President Director, PT Teknokrat Mitra Data), dr. Rusi Syamsi, M.M. (Operational Director, Brawijaya Hospital Saharjo), dan Elvia Afkar, M.M. (Partner, PwC Indonesia). Seperti apa pemaparan materi sekaligus pengalaman dari tiga narasumber berpengaruh tersebut? Cari tahu intinya bersama-sama di bawah ini!

Digital Transformation & Technology Integration

Pembicaraan yang pertama dipandu oleh Ria Emilia Sari, M.M. dengan tema Digital Transformation & Technology Integration. Ia membuka topik tersebut dengan mengatakan bahwa sebuah bisnis perlu mengawinkan bisnis dengan transformasi digital jika ingin lebih efisien dan sustainable atau bertahan lama. Namun, bagaimana cara mengawinkan keduanya?

Kuncinya adalah mementingkan tiga hal, yakni teknologi, manusia, dan proses. Teknologi tentu perlu diterapkan untuk mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan manusia. Misalnya, teknologi bisa menjadi sumber penyimpan data dari para konsumen bisnis Anda. Dengan data-data dan teknologi, Anda bisa memproses itu menjadi solusi yang sangat tepat.

Meski menyumbang banyak manfaat, penerapan transformasi digital juga menghadirkan tantangan baru. Keamanan data kini adalah salah satu hal penting yang mesti diprioritaskan oleh bisnis, maka antivirus dan sistem-sistem yang mendukung sangat diperlukan. Di samping itu, pelaku bisnis juga harus menanamkan mindset baru dalam diri karyawannya. Konsultan, ekosistem finansial, dan dukungan pemerintah juga tak kalah penting untuk mendukung kesuksesan implementasi.

Reflecting Leadership Journey from Executive Program to Executive Role

Narasumber berikutnya adalah dr. Rusi Syamsi, M.M. yang memutuskan mengambil studi S2 di BINUS Business School. Nyatanya, pembelajaran yang ia jalani di BINUS bisa menghubungkan unconnected dots dalam dirinya. Selain itu, Operational Director dari Brawijaya Hospital Saharjo ini juga mengatakan bahwa ada banyak pelajaran yang diterima di BINUS, misalnya seperti etika, digital transformation, riset bisnis, menyusun strategi, keuangan, sampai bagaimana caranya me-manage orang.

Namun, mencerna seluruh pengetahuan dan ilmu tersebut berbeda halnya dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. dr. Rusi Syamsi, M.M. sendiri tidak menyangkal bahwa ada celah yang cukup jauh untuk seseorang bisa mengimplementasikan pengetahuannya dalam kehidupan maupun pekerjaan. Itulah mengapa penting bagi seseorang untuk terus menggali ilmu dengan mengikuti perkuliahan, course, dan lainnya sembari menerapkannya secara sadar dalam kehidupan sehari-hari.

Navigating Vuca Era with Change Management

Change management merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis, sebab ini bisa menjadi 70% faktor kegagalan bisnis. Elvia Afkar, M.M. juga memberi gambaran bagaimana change management ini menjadi hal yang sangat complicated dalam sebuah bisnis. Biasanya, orang-orang dalam perusahaan itu mengerti bahwa perubahan itu baik dan diperlukan, tapi seringkali mereka tidak melakukannya karena belum punya kemauan dan keharusan.

Kegagalan transformasi digital juga dipengaruhi oleh banyak faktor lain. Misalnya, seorang pemimpin perusahaan umumnya sudah memiliki wacana dan angan-angan sangat baik tentang perubahan digital ini. Akan tetapi, orang-orang yang bekerja di bawahnya sering kali enggan menerapkannya lantaran takut oleh beberapa kemungkinan, seperti di-PHK, dirotasi, dan sebagainya. Oleh karena itu, tidak heran bila change management ini kemudian mandeg di tengah.

Elvia Afkar, M.M. juga menyatakan bahwa dalam transformasi digital itu teknologi bisa dengan sangat mudah diunduh. Namun, hal yang paling sulit diubah sebenarnya terletak pada orang-orang yang menjalankannya. Itulah mengapa proses menjelaskan ke karyawan itu penting sekali. Anda dapat memulai ini dengan cara menjelaskan manfaat dari teknologi untuk kegiatan operasional bisnis itu sendiri. Supaya mereka bisa merasakan dampaknya, jelaskan secara konkret sesuai divisi.

Itulah tiga narasumber yang dihadirkan oleh BINUS Business School dalam acara Alumni Speaks di JWC Campus, Senayan, Jakarta. Selain pemaparan materi dari ketiga pembicara, ada juga sesi tanya jawab yang dilakukan di akhir acara. Keseluruhan durasi acara ini memakan waktu selama 1,5 jam. Meski begitu, ilmu dan pengalaman yang dibagikan memberikan nilai yang sangat berharga bagi para Binusian yang hadir pada saat itu.

Whatsapp