BINUS Business School

6 Cara Mengatasi Rasa Bosan dan Stres saat Bekerja

 

Kesulitan berkonsentrasi dan keengganan menyelesaikan tugas saat bekerja akibat rasa bosan atau stres bisa melanda kapan pun. Terutama, jika Anda terus menghadapi rutinitas yang terlalu monoton atau merasa tidak cocok dengan lingkungan kerja saat ini. Namun, meninggalkan pekerjaan saat ini hanya karena rasa bosan sesaat tersebut bukanlah pilihan yang bijak. Lalu, apa saja yang harus Anda lakukan? Anda bisa kembali meningkatkan produktivitas dengan mencoba keenam cara mengatasi rasa bosan dan stres di tempat kerja di bawah ini.

1. Sempatkan waktu untuk hal yang menyenangkan

Untuk cara mengatasi rasa bosan yang pertama, Anda bisa menyelipkan kegiatan yang menyenangkan–sekecil apa pun itu–dalam rutinitas pekerjaan Anda. 

Misalnya, jika Anda mudah merasa mengantuk saat menyelesaikan tugas, Anda dapat bekerja sambil memutar musik. Atau, alternatif lainnya, Anda juga bisa bekerja sambil ditemani camilan favorit supaya merasa lebih bersemangat. Lalu, jika memungkinkan, tidak ada salahnya Anda mengganti suasana dengan bekerja di lokasi lain, contohnya kafe atau co-working space.

2. Berinteraksi dengan rekan kerja

Terkadang, mungkin saja rasa bosan Anda hadir karena minimnya kesempatan untuk bercengkrama dengan orang lain. Di saat seperti ini, Anda dapat menyempatkan waktu untuk mengobrol dengan rekan kerja yang duduk di dekat Anda selama itu tidak mengganggu pekerjaan. 

Agar tidak menambah tekanan saat ini, tidak ada salahnya memilih topik kasual sebagai bahan pembicaraan, contohnya film yang sedang populer belakangan ini atau sekadar meminta rekomendasi minuman favorit. Praktisnya, cara ini juga bisa terapkan jika Anda bekerja secara remote; cobalah memulai percakapan kasual di grup obrolan atau pesan pribadi.

3. Kurangi frekuensi lembur

Ada kalanya Anda tidak bisa menghindari kerja lembur karena harus menyelesaikan tugas urgen. Namun, di luar kondisi tersebut, usahakan untuk tidak terlalu sering bekerja hingga melewati jam pulang. Sebab, dalam jangka panjang, hal ini bisa membuat Anda cepat lelah dan jenuh dengan pekerjaan. Sebagai solusi, usahakan untuk mencicil pekerjaan sebisa mungkin agar Anda tidak perlu menyelesaikan terlalu banyak tugas dalam waktu panjang.

4. Ciptakan suasana berbeda di meja kerja

Ada satu cara mengatasi rasa bosan yang cukup sederhana dan bisa menjaga suasana hati Anda di sela-sela kesibukan, yaitu dengan mengubah suasana di meja kerja. Kalau peraturan kantor Anda mengizinkannya, Anda bisa menghias meja kerja pribadi dengan dekorasi unik khas Anda, misalnya foto orang terdekat, tempat alat tulis yang menggemaskan, karangan bunga warna-warni, atau bahkan aksesoris dari hobi Anda. 

Selain itu, cobalah merapikan benda-benda yang ada di meja kerja Anda untuk menjernihkan pikiran sekaligus mempermudah Anda mengakses semua benda yang diperlukan.

5. Lakukan olahraga ringan

Kurangnya aktivitas fisik karena terlalu lama bekerja bisa berpengaruh pada kondisi mental Anda, sehingga Anda pun lebih mudah merasa bosan dan stres. Maka dari itu, coba sempatkan sedikit waktu untuk menggerakkan badan. 

Cara melakukannya pun sama sekali tidak sulit karena Anda tidak perlu meninggalkan lokasi meja kerja. Cukup dengan duduk bersandar di kursi, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti peregangan pada leher, lengan, kaki, dan punggung selama beberapa kali sambil mengatur napas supaya lebih rileks.

6. Latih pikiran positif

Cara terakhir yang dapat Anda coba untuk mengatasi kebosanan dan tekanan saat bekerja adalah dengan memfokuskan pikiran sendiri pada hal-hal positif dari pekerjaan Anda. 

Cobalah mengingat kembali mengapa Anda menerima tawaran pekerjaan saat ini di awal selain karena upahnya. Apakah Anda ingin meningkatkan kemampuan sendiri, mendapatkan lebih banyak exposure terhadap industri tertentu, atau berkontribusi bagi kalangan tertentu? Apa pun jawabannya, catat baik-baik dan simpan di tempat yang mudah terlihat agar Anda bisa melihatnya kapan pun saat tertekan.

Kejenuhan dan stres memang tak bisa sepenuhnya dihindari saat bekerja karena dinamika pekerjaan tak pernah mudah ditebak. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus merasa kehilangan arah. Coba terapkan keenam cara mengatasi rasa bosan dan tekanan di tempat kerja yang sudah disebutkan sebelumnya sebisa mungkin, dan Anda akan merasakan manfaatnya sedikit demi sedikit. Misalnya, Anda bisa merasa lebih produktif, percaya diri, dan terdorong untuk terus mengembangkan diri agar karier Anda semakin berkembang.

 

Whatsapp