BINUS Business School

5 Manfaat Media Sosial untuk Tingkatkan Branding Bisnis

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa pelanggan akan lebih memilih bisnis yang tidak asing lagi bagi mereka. Untuk membuat pelanggan lebih mengenal keunikan usaha Anda, Anda memerlukan strategi branding, atau proses membangun merek dan citra bisnis di mata konsumen. Ada banyak metode yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan branding, tetapi salah satu yang paling mudah adalah melalui manfaat media sosial. Memangnya, bagaimanakah platform digital ini bisa membantu kesuksesan branding Anda? Simak selengkapnya di sini!

1. Memperkenalkan bisnis ke lebih banyak orang

Manfaat media sosial yang pertama adalah Anda bisa membuat lebih banyak orang mengenal bisnis Anda dengan lebih mudah. Sebab, jumlah pengguna media sosial di berbagai negara–termasuk Indonesia–terus bertambah setiap tahunnya. Apalagi, dengan media sosial, Anda bisa mempublikasikan satu konten yang bisa dilihat oleh jutaan orang secara serentak, sehingga semakin besar pula peluang bisnis Anda dikenal oleh banyak orang baru. 

Pada akhirnya, tidak menutup kemungkinan semakin ada banyak pembeli yang memilih produk atau jasa dari brand Anda karena mereka sudah mengenal seluk-beluk penawaran bisnis Anda secara lebih mendalam.

2. Interaksi langsung dengan pelanggan dan perwakilan bisnis

Salah satu cara untuk membangun branding yang kuat adalah terus menjalin banyak interaksi dengan berbagai orang. Pihak yang dimaksud dalam konteks ini tidak hanya terbatas pada masyarakat awam yang akan menjadi pembeli atau klien Anda, tapi juga perwakilan dari bisnis lain yang bergerak di satu bidang dengan Anda maupun yang tidak. 

Lantas, apa kaitannya dengan manfaat media sosial? Perlu diketahui bahwa melalui media sosial, Anda bisa menjangkau pemilik akun tersebut secara langsung, terutama untuk meminta kritik dan saran atau memberikan tawaran kolaborasi. Jadi, Anda dapat mengeksekusi ide untuk strategi branding secara digital dengan lebih mudah.

3. Bantu memperkuat kredibilitas bisnis di internet

Dengan berkembangnya teknologi informasi di era digital, mencari tahu tentang rekam jejak sebuah bisnis sudah semakin mudah karena Anda bisa langsung memasukkan kata kunci di mesin pencarian, dan hasilnya akan langsung terlihat. Apalagi, algoritma hasil pencarian ini juga mempertimbangkan keaktifan dari sebuah akun media sosial. 

Jadi, dengan memperkuat branding di media sosial, Anda akan lebih berpeluang menunjukkan bahwa bisnis Anda memang kredibel karena Anda sudah mengunggah banyak konten serta memiliki titik untuk menjalin kontak secara resmi.

4. Mempermudah proses analisis sentimen pelanggan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu keunggulan utama dari media sosial adalah semua pesan tertulis akan terlihat dengan mudah dan bisa dicari kapan saja. Karena inilah, Anda bisa mengandalkan manfaat media sosial tidak hanya untuk berinteraksi dengan pelanggan, tapi juga mengetahui seberapa bagus sentimen mereka terhadap brand Anda. 

Misalnya, Anda bisa memonitor hashtag yang berkaitan dengan bisnis Anda dan mengetahui jenis konten yang diunggah. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa isi kolom komentar dan kotak masuk obrolan pribadi untuk mengidentifikasi seberapa baik konsumen memandang brand Anda. Dengan demikian, Anda bisa langsung mengidentifikasi bagian yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan dari segi strategi branding Anda.

5. Bisa dihubungkan dengan channel lain

Pemasaran dan branding di media sosial tidak hanya bisa Anda lakukan pada platform itu sendiri. Justru, Anda bisa mengintegrasikannya dengan kanal resmi lain yang Anda gunakan. Contohnya, Anda bisa menggunakan akun media sosial sebagai ajang untuk memasarkan produk secara visual melalui foto dan infografis. 

Lalu, jika pelanggan ingin mengetahui lebih lanjut tentang detail produk tersebut, mereka bisa mengunjungi link menuju website atau blog resmi Anda untuk mendapatkan informasi lengkap secara tertulis. Dengan demikian, Anda bisa memperkuat branding sekaligus meningkatkan jumlah pengunjung channel resmi lainnya secara bersamaan.

Itu dia sejumlah manfaat media sosial yang bisa membantu Anda memperkuat branding bisnis supaya keunikan usaha Anda semakin dikenal oleh banyak orang. Namun, agar strategi branding Anda lebih efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan setia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Pertama, pastikan Anda mengenal format konten sekaligus kebiasaan pengguna saat mengakses informasi di media sosial tertentu, sehingga Anda bisa menyesuaikannya. Lalu, berbekal pengetahuan tersebut, kemas konten Anda dengan visual dan teks yang “dekat” dengan kebutuhan serta masalah pelanggan Anda. Dengan demikian, Anda bisa membuat keunikan bisnis lebih terkenal.

Whatsapp