BINUS Business School

Konsep Dasar dan Kegunaan Osiris yang Praktis

Performa suatu perusahaan sangat ditentukan oleh keputusan-keputusan yang diambil oleh para pelakunya. Keputusan yang tepat tentu bisa membawa perusahaan semakin berkembang pesat. Sebaliknya, perusahaan bisa mengalami setback apabila salah mengambil langkah. Untuk itu, diperlukan basis informasi yang akurat agar Anda bisa menganalisis performa suatu perusahaan sebelum menentukan keputusan. Di sinilah Osiris dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Apa Itu Osiris?

Osiris adalah database publik yang berisi informasi keuangan, data saham, kepemilikan, rating, estimasi pendapatan, hingga kabar seputar perusahaan global, termasuk perusahaan asuransi dan bank. Per Agustus 2023, terdapat hampir 80.000 perusahaan asal 30-an negara yang informasinya bisa Anda temukan di Osiris.

Dikembangkan oleh Bureau van Dijk Electronic Publishing, SA (BvDEP) dengan bantuan para ahli penyedia data dari seluruh dunia, Osiris dikenal sebagai platform penyedia informasi yang lengkap, akurat, dan mudah digunakan. Anda bisa mengaksesnya melalui internet, intranet, dan DVD.

5 Kegunaan Osiris

Dengan statusnya sebagai platform penyedia data bisnis dan keuangan yang komprehensif, Osiris begitu membantu para penggunanya dalam melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Menganalisis keuangan perusahaan

Umumnya, performa suatu perusahaan dapat dilihat dari kondisi keuangannya. Nah, data keuangan tersebut bisa Anda dapatkan melalui Osiris yang menyediakan informasi cash flow hingga laporan tahunan perusahaan. Bahkan, database satu ini juga menjelaskan jenis praktik akuntansi yang digunakan dalam suatu laporan keuangan.

Berdasarkan data dari Osiris, Anda pun bisa melakukan analisis keuangan perusahaan. Idealnya, keuangan yang stabil menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki performa yang cukup baik. Sebaliknya, performa perusahaan bisa dikatakan kurang maksimal apabila kondisi keuangannya tidak sehat.

  • Mencari aksi korporasi

Aksi korporasi, atau corporate action, adalah aksi atau keputusan yang diambil oleh perusahaan publik dan berpengaruh terhadap para pemegang saham. Contoh aksi yang dimaksud adalah penawaran umum terbatas, pemberian saham bonus, pembagian dividen, stock split, dan lainnya. Anda bisa mengetahui corporate action suatu perusahaan, sekaligus informasi jenis action yang diambil, dengan mengakses Osiris.

  • Mempelajari struktur perusahaan

Bagi yang sedang mencari informasi tentang struktur suatu perusahaan, Anda bisa mengakses Osiris. Database satu ini dapat menampilkan informasi struktur perusahaan dalam bentuk diagram pohon (tree diagram). Bahkan, Anda juga bisa mencari perusahaan mana saja yang berada dalam satu induk korporasi yang sama. Informasi ini dapat membantu Anda untuk mengetahui nama-nama pemain besar yang ada di industri bisnis tertentu.

  • Menemukan berita bisnis terkini

Selain data keuangan dan perusahaan, Anda juga bisa menemukan berita bisnis terkini melalui Osiris. Bekerja sama dengan Reuters, Osiris menyajikan berita selama dua bulan terakhir mengenai perusahaan-perusahaan yang ada dalam database. Anda dapat menggunakan fitur Search untuk menyaring berita berdasarkan waktu atau keywords tertentu, sehingga lebih memudahkan Anda untuk menemukan berita yang dicari.

  • Mengetahui informasi kontak perusahaan

Bagaimana jika Anda harus menghubungi suatu perusahaan karena ada keperluan penting? Selama punya akses Osiris, Anda tak perlu khawatir karena database internasional ini juga menyediakan informasi kontak perusahaan. Cukup ketikkan nama perusahaan yang dimaksud pada kolom pencarian, klik Enter, lalu database akan menampilkan informasi lengkap seputar perusahaan tersebut, termasuk data kontak seperti telepon dan website.

Cara Menggunakan Osiris 

Anda perlu mendaftar terlebih dulu agar bisa menggunakan Osiris, yakni dengan menghubungi pihak BvDEP atau klik di sini. Siapkan juga budget untuk biaya berlangganan. Kabar baiknya, Osiris menyediakan program free trial bagi Anda yang ingin mencoba gratis layanan mereka selama periode tertentu.

Setelah resmi terdaftar sebagai pengguna, Anda bisa mengakses database Osiris melalui software BvDEP, baik lewat website mereka, koneksi intranet, maupun DVD. Alternatif lainnya adalah menggunakan Add-in pada Microsoft Excel atau Access. Namun, untuk akses melalui Add-in, Anda perlu menghubungi perwakilan BvDEP di negara-negara yang telah ditunjuk.

Dengan informasi ekonomi dan bisnis yang lengkap, Osiris menjadi aset besar untuk membantu Anda menganalisis atau mempelajari performa suatu perusahaan. Akses Osiris ini tersedia bagi para mahasiswa dan dosen BINUS University, jadi Anda pun tidak perlu berlangganan sendiri. Anda bisa mengakses Osiris di Library & Knowledge Center (LKC), BINUS UNIVERSITY Kampus Anggrek,  BINUS @Alam Sutera, BINUS @Bekasi & BINUS @Senayan (JWC Campus). Klik di sini untuk informasi selengkapnya

Whatsapp