BINUS Business School

Preparing Future Readiness: Faktor Kesuksesan Bisnis di Masa Depan

Persiapan menghadapi masa depan sangatlah penting, apalagi untuk Anda yang saat ini sedang bekerja dalam sektor bisnis. Anda harus mampu mengidentifikasi perubahan pasar global.  Ada aspek yang wajib Anda ketahui untuk mempersiapkan diri untuk kesuksesan bisnis di masa mendatang. Pertama-tama, mari kita telusuri bersama faktor-faktor yang berpengaruh besar dalam perkembangan bisnis. 

2 Faktor Utama yang Mempengaruhi Perkembangan Bisnis

Untuk meningkatkan ekspansi  atau sekedar survive di dunia bisnis, Anda wajib mengetahui kedua faktor berikut ini:

1. Bisnis

Ada 5 aspek yang perlu dipertimbangkan dalam faktor pertama ini, mulai dari peningkatan kualitas, efektivitas dan efisiensi operasional, inovasi teknologi, rebranding, puas dengan masukan. Untuk detailnya mari kita bahas bersama.

Kunci utama supaya bisnis berkembang tidak lain dan tidak bukan harus dimulai dulu dari peningkatan kualitas produk dan servis. Soalnya, dua aspek ini yang berhubungan dengan konsumen. Dengan kualitas yang kurang baik, konsumen akan memiliki kesan negatif pada produk atau bahkan keseluruhan brand.

Aspek kedua berkaitan dengan sistem operasional. Anda harus bijak dalam memaksimalkan operasional. Sebab, revenue yang tinggi tidak akan berdampak signifikan pada bisnis jika capex -nya juga tinggi. Persis seperti quotes “saving cost, high quality” 

Untuk aspek ketiga rasanya sudah tidak perlu dipaparkan lebih jelas lagi karena inovasi teknologi memang akan terus menjadi aspek utama untuk mempermudah produksi dalam bisnis.

Supaya citra perusahaan Anda dapat mengikuti perkembangan pasar, maka rebranding bisa menjadi pilihan yang cukup efektif. Selain itu, rebranding juga bisa membantu sebuah bisnis saat menghadapi masa-masa krisis. 

 

Aspek terakhir berkaitan dengan feedback. Suatu bisnis yang baik adalah bisnis yang peduli akan pendapat konsumennya. Hal ini terjadi pada McDonald. McDonald pernah menghadapi kesulitan saat topik hidup sehat ramai diperbincangkan hingga ada demo besar-besaran. Namun, McDonald bertindak bijak dengan menyediakan menu baru yang lebih sehat. 

Kelima aspek ini wajib Anda pertimbangkan supaya bisnis Anda dapat terus bertahan di tengah perkembangan pasar yang akan terus terjadi. 

2. People

Selain dari faktor perencanaan dan perkembangan bisnis itu sendiri, seorang pebisnis ataupun SDM yang bergelut dalam industri bisnis harus mempunyai kriteria tertentu. Kriteria pertama adalah Agile, kriteria yang mengharuskan seorang individu dapat berpikir dan menentukan keputusan dengan cepat dan matang. Selanjutnya, yaitu Adequate, artinya Anda harus memikirkan efisiensi dan efektivitas dari sebuah pengeluaran. 

Selain dua aspek di atas, ada aspek lain yang harus dimiliki oleh seorang pekerja bisnis, yakni Adopting, Adjusting, dan Adapting. Artinya, Anda harus mau dan siap dengan kemajuan teknologi. Jangan ragu untuk menerapkan teknologi baru untuk sistem operasional, tapi pastikan juga proses penggunaan teknologi tersebut harus  mampu  Anda sesuaikan dengan kemampuan  SDM yang ada. Caranya, bisa dengan pelatihan atau restrukturisasi. 

 

5 Elemen Personal Readiness

Selain 2 faktor di atas, kesiapan individu secara personal dalam dunia bisnis juga sama pentingnya. Mari kita telaah bersama apa saja 5 elemen personal readiness untuk menyiapkan future readiness!

Kesiapan fisik (physical)

Untuk membangun bisnis yang sukses, Anda harus memperhatikan kesehatan fisik. Sebab, dengan fisik yang prima, Anda dapat meningkatkan produktivitas. Salah satu cara menunjang kesehatan fisik di lingkungan kerja adalah menggunakan fasilitas yang memadai dan istirahat yang cukup. 

Kesiapan emosional (emotional)

Kecerdasan emosional dapat membantu Anda mengatasi konflik dan bersikap di lingkungan kerja. Dengan begitu, Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak, mulai dari atasan, bawahan, customer, dan rekan kerja. Bisnis yang baik adalah bisnis yang mempunyai lingkungan kerja positif. Maka, secara tidak langsung Anda juga turut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif. 

Kesiapan sosial (social)

Membangun networking di luar perusahaan untuk melebarkan sayap bisnis Anda juga sama pentingnya. Apalagi, ketika Anda mendapatkan kesempatan untuk hadir di acara bisnis. Manfaatkan kesempatan itu untuk bertukar kontak dan informasi dengan rekan bisnis.

 

Kesiapan spiritual (family)

Tidak kalah pentingnya dari elemen-elemen sebelumnya, Anda wajib mempertimbangkan kesiapan spiritual. Terkadang, tekanan dalam dunia bisnis cukup intens, maka dari itu untuk menetralisir tekanan ini, Anda bisa meningkatkan kegiatan spiritual sesuai dengan keyakinan yang Anda anut. 

Kesiapan keluarga (family)

Urusan personal dan pekerjaan tidak boleh bersilangan atau saling mengganggu. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga hubungan dan komunikasi dengan keluarga supaya kegiatan bisnis Anda berjalan dengan lancar. 

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, maka kesiapan Anda dalam menghadapi dinamika bisnis akan semakin matang. Nah, jika Anda sudah siap dengan tantangan dinamika bisnis, maka potensi perkembangan bisnis Anda juga akan semakin terjamin dan meningkat. 

 

Whatsapp