BINUS Business School

Multisite International Summer Camp (MISC) 2023: Journey to Sustainability

Journey to Sustainability: BINUS Business School Mengajak Mahasiswa Universitas Internasional untuk Berpartisipasi dalam Program Multisite International Summer Camp (MISC) 2023

Malang, 27 Juli 2023 – BINUS Business School International Undergraduate Program (IUP) dan Undergraduate Program (UP) mengadakan kegiatan Multisite International Summer Camp (MISC) yang mengusung tema ‘Journey to Sustainability’. Acara ini diadakan pada tanggal 19 – 29 Juli 2023 yang dikemas dalam bentuk visitasi ke beberapa kampus BINUS di Senayan – Jakarta, Bekasi, Alam Sutra, Bandung, Semarang dan Malang. Selain itu, mahasiswa juga berkesempatan untuk mengunjungi Apple Academy, beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia seperti ParagonCorp (Wardah, Make Over, Emina), PT Mass Rapid Transportation (MRT) Indonesia, dan Eiger Indonesia, serta museum dan tempat budaya di kota yang akan dikunjungi.  

MISC 2023 yang diadakan perdana tahun ini berhasil menarik 30 mahasiswa dari berbagai kampus terkemuka di dunia. Partisipan berasal dari beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Australia, Jerman, Korea Selatan, Cina, dan juga Amerika Serikat.  Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa internasional dan mahasiswa BINUS untuk mengenal budaya Indonesia, mendapatkan pengetahuan seputar bisnis, teknologi, dan manajemen yang berkelanjutan, serta berkolaborasi dengan mahasiswa dari beragam negara.   

Mengedepankan konsep holistic learning, para partisipan tidak hanya mendapatkan pengetahuan di ruang kelas, tapi juga dapat merasakan pengalaman ekowisata, membuat batik, membuat alas kaki dari enceng gondok, memasak makanan Indonesia, serta mengunjungi beragam tempat yang akan memperkaya pengalaman dan cita rasa tentang budaya Indonesia. Seluruh rangkaian acara merupakan kerjasama antar BINUS Business School, khususnya program International Business dan Business Management & Marketing (Senayan), Creativepreneurship (Bandung), Digital Business (Semarang), Entrepreneurship & Business Creation (Malang). 

Untuk kegiatan di Malang, international students dari berbagai kampus mendapatkan pengalaman yang berkaitan dengan cultural heritage dan ekowisata dari tanggal 27—29 Juli 2023. Pada tanggal 27 dan 28 Juli, peserta diajak mengeksplor desa wisata Poncokusumo, tepatnya di Wringinanom dan Gubugklakah. Mahasiswa internasional maupun mahasiswa BINUS berinteraksi langsung dengan warga dan merasakan pengalaman mengunjungi rumah budaya untuk belajar tentang seni gamelan dan seni tari tradisional, mengikuti edukasi pemanfaatan enceng gondok untuk produk alas kaki, mengunjungi agro wisata selada air, river tubing, dan mengeksplor daerah ekowisata Bromo Tengger Semeru. Agar pengalaman berinteraksi dengan warga lokal dapat optimal, peserta international summer camp tinggal di homestay warga Kampung Koena dan turut menyaksikan pagelaran seni tradisional yang disiapkan oleh warga Gubugklakah. Setelah itu, berdasarkan pengalaman selama dua hari dua malam berinteraksi dan menjelajahi wisata di Poncokusumo, mahasiswa diajak untuk mengikuti Cultural Heritage and Sustainability Workshop di kampus BINUS Malang.  

“Melalui rangkaian kegiatan tersebut, peserta international summer camp diharapkan dapat mengenal budaya adiluhung yang ada di Indonesia, dan belajar memahami berbagai metode untuk memelihara keberlanjutan (sustainability) ekosistem bisnis dan kewirausahaan. Selain itu, pengalaman positif yang dirasakan melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan kesan positif yang mendalam terhadap negara Indonesia.” Kata Etsa Astridya Setiyati, SE., PGDipBus, M.Com selaku Head of Entrepreneurship Business Creation Department. *** 

Whatsapp