BINUS Business School

“Transformational Leadership” ala CEO Great Giant Foods

Event dwibulanan dari BINUS Business School, yaitu CEO Speaks, akan kembali diadakan pada hari Rabu, 21 Juni 2023. Acara ini akan berlangsung dari pukul 18.30 hingga 21.00 WIB di Auditorium 310 BINUS @Senayan JWC Campus, Jalan Hang Lekir 1 Nomor 6, Jakarta. Di samping itu, para peserta juga bisa mengikutinya secara daring melalui Zoom dan YouTube Live.

Pada ajang kali ini, BINUS Business School mengundang narasumber Tommy Wattimena selaku CEO dari Great Giant Foods untuk memfasilitasi proses pembelajaran para Binusian secara langsung dengan para business leader. Apa saja prestasi beliau, dan bagaimanakah beliau bisa meraihnya?

Latar Belakang Narasumber CEO Speaks

Pembicara utama ajang CEO Speaks BINUS Business School kali ini adalah Tommy Wattimena, President Director di Great Giant Foods (GGF) yang bergerak di bidang produksi dan distribusi bahan pangan.

Sebelumnya, Pak Tommy sudah memiliki jam terbang yang cukup lama sebagai VP termuda dari Unilever Asia Pasifik, Senior Vice President divisi Brand & Consumer Acquisition PT XL Axiata, Chief Executive Officer divisi Consumer Group and Distribution PT Sinarmas, dan CEO dari PT Sreeya. Namun, beliau harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan semua jabatan tinggi tersebut.

Ketika masih muda, pria asal Surabaya ini selalu kesulitan mendapatkan nilai yang bagus di sekolah, dan beliau juga pernah dikirim ke sekolah asrama supaya lebih disiplin. Pak Tommy pun menyadari pentingnya rajin belajar saat duduk di bangku kelas 2 SMA, dan akhirnya beliau berhasil menjadi mahasiswa Swinburne University of Technology, Melbourne, Australia setelah lulus.

Karena keterbatasan finansial, beliau terpaksa membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan paruh waktu sebagai janitor, pelayan restoran, dan juru masak demi memenuhi kebutuhan di luar negeri. Akan tetapi, usaha Pak Tommy yang dimulai dari bawah justru mengajarkan beliau bahwa sifat rendah hati, gigih, dan mudah bergaul adalah modal penting di dunia kerja, bahkan saat sudah menjadi pemimpin.

Rahasia Transformasi Bisnis dari Bapak Tommy Wattimena

Di bawah kepemimpinan Pak Tommy, PT Sreeya dikenal sebagai perusahaan dengan tingkat pertumbuhan yang sangat signifikan pada tahun 2020 ketika hampir semua industri terdampak oleh pembatasan kegiatan saat pandemi. Seperti apakah strategi yang beliau gunakan?

Menurut Pak Tommy, perusahaan harus mengutamakan tiga hal: pegawai, operasional, dan arus kas. Akan tetapi, pemimpin mana pun sebaiknya menerapkan prinsip “people first”, atau mengutamakan kesejahteraan pekerja terlebih dahulu. Saat masih menjabat sebagai CEO dari Sreeya, beliau mengizinkan semua pegawai bekerja dari rumah agar terhindar dari infeksi Covid-19 dan selalu memastikan kondisi mereka tetap prima.

Prinsip itulah yang juga menjadi salah satu pondasi leadership Pak Tommy di GGF. Selain rutin memotivasi para pegawai agar semangat bekerja, penerapan “people first” juga berlaku bagi strategi GGF menjangkau pelanggan. Beliau paham bahwa generasi muda menginginkan perusahaan yang terbuka mengenai praktik sustainability mereka dan menawarkan opsi transaksi digital, sehingga strategi beliau berupaya memenuhi kedua kebutuhan tersebut.

Hasilnya, GGF dapat meningkatkan produktivitas per hektare lahan sebanyak 50% dan berhasil meraih penghargaan “Best Managed Companies” dari Deloitte pada tahun 2021.

Ajang Pembelajaran dari BINUS Business School untuk Para Leader Masa Depan

Kiprah Pak Tommy Wattimena sebagai CEO yang berhasil membalikkan keadaan sebuah perusahaan dan mengembangkannya hingga sukses adalah alasan utama di balik pilihan narasumber CEO Speaks BINUS Business School.

Sebab, BINUS Business School ingin para mahasiswa jurusan bisnis dapat memetik ilmu dari kisah hidup Pak Tommy sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk berkarier kelak. Dengan kata lain, mencapai posisi tinggi dari nol bukanlah hal yang mustahil, dan Pak Tommy telah membuktikannya.

Tak hanya itu, ajang CEO Speaks dari BINUS Business School diharapkan dapat menjadi sarana networking bagi para calon pemimpin muda. Jadi, selain mempelajari pentingnya kerja keras, mendengarkan orang lain, dan kemauan untuk beradaptasi dengan teknologi terkini, para peserta juga bisa memperluas koneksi mereka untuk menunjang karier.

BINUS Business School akan menghadirkan CEO Great Giant Foods, Tommy Wattimena, untuk membagikan pencapaian transformasi bisnis dan insight beliau mengenai leadership di ajang CEO Speaks pada 21 Juni 2023 mendatang. Peserta dapat mengikuti acara di Auditorium 310 BINUS @Senayan JWC Campus atau melalui Zoom dan YouTube Live. BINUS Business School berharap ajang pembelajaran ini dapat membekali para calon pemimpin dengan soft skill dan koneksi yang berguna untuk mengembangkan karier mereka kelak. **

 

 

Whatsapp