BINUS Business School

BINUS Resmi Merilis BINUS Support untuk Kemudahan dan Pengalaman Baru Dalam Mengakses Informasi

Jakarta, 15 Agustus 2022 – BINUS UNIVERSITY merilis BINUS Support sebagai pusat aktivitas layanan lengkap solusi pertanyaan dari setiap stakeholder BINUS UNIVERSITY; baik untuk mahasiswa, dosen, alumni, bahkan hingga orang tua mahasiswa. Sebagai bagian dari BINUS Digital Transformation, BINUS Support adalah bentuk nyata dukungan pengalaman baru yang BINUS UNIVERSITY berikan.

BINUS Support diluncurkan sebagai bagian dari acara Appreciation Day 2022, tanggal 17 Agustus 2022 yang merupakan acara penghargaan bagi BINUSIAN (Mahasiswa, dosen, dan Fasilitator) berprestasi.

binus support

“BINUS UNIVERSITY sedang melakukan transformasi digital dengan mengembangkan budaya baru, produk baru, dan layanan baru. Untuk dapat memberikan layanan terbaik kepada stakeholder. BINUS Support fokus kepada layanan dan memberikan pengalaman baru bagi stakeholder. Menjadi pusat layanan informasi dan solusi,” tutur Johan selaku Vice Rector Student Affairs & Community Development.

Melalui BINUS Support, informasi seluruh layanan yang dimiliki BINUS UNIVERSITY dari proses pendaftaran, First Year Program, perkuliahan, enrichment program, penelitian, skripsi, hingga alumni dapat diperoleh di satu tempat. Konten yang ditampilkan akan berbeda menyesuaikan dengan role pengguna saat mengakses konten tersebut. Apabila pengguna seorang BINUSIAN, dapat login menggunakan alamat email dan password binus.edu atau binus.ac.id sebelum mengakses konten artikel.

Sedangkan untuk calon mahasiswa yang ingin mencari info tentang tes masuk BINUS UNIVERSITY ataupun beasiswa yang tersedia, bisa menemukannya di bagian calon mahasiswa. Selain itu, tersedia pula bagian khusus orang tua, staf, hingga alumni.

Pengembangan BINUS Support terbagi menjadi empat aktivitas utama, yaitu:

1. Microsite BINUS Support

Untuk mendukung kinerja maksimal, salah satu aktivitas utama BINUS Support fokus sebagai pusat informasi layanan, solusi, jawaban, serta sentra info akses komunikasi bagi stakeholder BINUS Higher Education di https://support.binus.ac.id.

2. Aktivitas Layanan Lengkap

Layanan terintegrasi dan lengkap mampu menghemat tenaga dan meningkatkan kepuasan. Oleh sebab itu, BINUS UNIVERSITY telah mengembangkan satu aktivitas lengkap layanan binus terpusat, yaitu BINUS Support sebagai operational excellence menuju digitalized services dan autonomous services, serta standar perilaku tim dalam melakukan aktivitas layanan.

3. Sentra Multi- Channel Komunikasi

Sentra informasi multi saluran komunikasi hadir melalui satu tempat saja untuk mempermudah stakeholder mendapatkan layanan yang prima. Tidak hanya email, chat, dan telepon, tetapi juga layanan berbasis chatbot dengan representasi maskot BINUS UNIVERSITY.

Tim BINUS Support terbagi menjadi tiga, yaitu tim lapangan, tim front-office, serta tim back-office.

a. Tim Lapangan

Tugas tim lapangan terdiri dari tiga kewajiban, yaitu turun langsung ke lapangan untuk memberikan layanan, melakukan sosialisasi pemanfaatan BINUS Support, serta menerima saran dan masukan dari stakeholder.

b. Tim Front-Office

Tim ini merupakan kunci dari layanan maksimal BINUS Support dan harus menjalankan banyak kewajiban, yaitu fokus kepada layanan yang membutuhkan penanganan lebih sehingga proses bisa terakomodasi dengan baik.

c. Tim Back-Office

Selain itu, tim back-office juga perlu mengoordinasi para pihak yang bertanggung jawab atas layanan yang membutuhkan penanganan khusus, mengembangkan dan memperbaiki konten secara terus-menerus, serta merekam atau mencatat proses perbaikan yang dilakukan sebagai bagian dari dokumentasi.

4. Budaya Layanan Baru

Layanan BINUS Support ini telah mengubah budaya dasar dalam pelayanannya, yaitu sebagai berikut:

  • Budaya baru dalam layanan akan diawali dengan sosialisasi Microsite Katalog Layanan – BINUS Support sebagai sumber informasi terpadu dan terpercaya.
  • Budaya pencarian informasi secara mandiri di microsite BINUS Support akan menjadi langkah sosialisasi berikutnya, dan menciptakan budaya aktif memberikan masukan serta saran untuk terus memperkaya dan menyempurnakan aktivitas dan info yang terdapat di BINUS Support.
  • Membangun budaya bahwa seluruh BINUSIAN adalah support system yang secara aktif dapat saling memberikan layanan yang telah terstandarisasi di BINUS Support.
  • Ini merupakan sebuah terobosan baru yang membedakan BINUS Support dari helpdesk yang sudah ada sebelumnya, di mana BINUS UNIVERSITY membedakan bagi sesuai kebutuhan stakeholders yang tentunya akan memudahkan pengguna. Pengelompokan bagian membuat proses pencarian informasi bisa berlangsung lebih cepat dan efisien.

Jika pengguna kesulitan menemukan informasi yang dibutuhkan, pengguna dapat klik “Get Support” untuk menghubungi tim dari BINUS Support. Satu nomor tunggal untuk mendapat beragam jawaban.

Ke depan, BINUS Support akan terintegrasi dengan seluruh layanan yang ada, berbasis end-to-end services dan mendukung student centered support program. Dengan begitu, BINUS UNIVERSITY dapat terus mempertahankan reputasi sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia yang menjadi tolak ukur bagi perguruan tinggi lainnya.

Whatsapp