BINUS Business School

BINUS BUSINESS SCHOOL Kirimkan 2 Delegasi ke Konferensi Internasional AACSB 2022

Konferensi internasional yang diselenggarakan oleh AACSB atau Association to Advance Collegiate Schools of Business setiap tahunnya, yakni ICAM, telah digelar di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat pada 24-26 April 2022. Pada perhelatan akbar ini, BINUS BUSINESS SCHOOL turut berpartisipasi dan mengirimkan dua delegasi.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang delegasi yang dikirimkan oleh BINUS BUSINESS SCHOOL ke konferensi internasional AACSB 2022, mari ketahui dahulu bagaimana perjalanan BINUS BUSINESS SCHOOL saat mulai menjadi anggota hingga mendapat pengakuan atau akreditasi dari asosiasi internasional AACSB ini.

Apa itu AACSB?

AACSB adalah asosiasi nonprofit yang telah berdiri sejak 1916. Eksistensinya yang begitu lama membuatnya menjadi asosisasi akreditasi internasional paling baik yang bergerak di bidang sekolah bisnis. AACSB juga menjadi salah satu tolok ukur bagi sekolah-sekolah bisnis yang ingin tampil sebagai institusi terkemuka, salah satunya BINUS BUSINESS SCHOOL.

Perjalanan BINUS BUSINESS SCHOOL Raih Akreditasi dari AACSB

Perjalanan BINUS BUSINESS SCHOOL untuk meraih pengakuan atau akreditasi dari AACSB telah dimulai sejak 2011. Saat itu, BINUS BUSINESS SCHOOL baru menjadi member dari asosiasi internasional ini. Namun, keseriusan BINUS BUSINESS SCHOOL untuk menghasilkan kurikulum dan standar pendidikan bisnis terbaik membuatnya terus berproses hingga membuahkan hasil yang manis.

Setelah delapan tahun berjalan, BINUS BUSINESS SCHOOL tidak berhenti bergerak untuk menyusun proposal dan menerapkan kerangka pembelajaran yang sesuai dengan standar AACSB. Sampai pada akhirnya, BINUS BUSINESS SCHOOL berhasil memperoleh akreditasi resmi dari AACSB pada 12 November 2019. Pengakuan ini tentu menjadi tanda bahwa AACSB telah mengakui metode pembelajaran BINUS BUSINESS SCHOOL sesuai dengan standar sekolah bisnis internasional.

Pencapaian Lainnya dari BINUS BUSINESS SCHOOL 

Selain mendapatkan akreditasi dari asosiasi internasional AACSB, BINUS BUSINESS SCHOOL juga telah mendapatkan pengakuan dari dalam negeri. BINUS BUSINESS SCHOOL telah mendapatkan akreditasi “Unggul” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk ketiga jenjang perkuliahannya, yakni sarjana, master, dan doktor pada 2020 lalu.

Pencapaian ini menunjukkan bahwa BINUS BUSINESS SCHOOL tak hanya ingin eksis di mata dunia, tetapi juga memikirkan relevansi kurikulum pendidikannya di kancah nasional. Dengan dua akreditasi yang diperoleh, BINUS BUSINESS SCHOOL selaku bagian dari BINUS UNIVERSITY ingin memberikan mutu pendidikan di bidang bisnis yang dapat menghasilkan alumni berdampak.

Kirim Dua Delegasi di Konferensi Internasional Tahunan dari AACSB

BINUS BUSINESS SCHOOL juga aktif menghadiri konferensi internasional, annual meeting dan kegiatan-kegiatan lain yang rutin diselenggarakan yang diadakan AACSB di Amerika Serikat. Tahun ini, ICAM (International Conference and Annual Meeting) dari AACSB digelar pada 24-26 April 2022 di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat.

ICAM mengundang berbagai pembicara terkemuka di bidangnya, misalnya Simon Sinek, penulis dan motivator asal Inggris, dan Kate O’Neill selaku Founder and Chief Tech Humanist di KO Insights.

Dalam gelaran yang berlangsung selama tiga hari itu, ICAM menyelenggarakan kurang lebih 40 jam sesi yang dibagi menjadi beberapa tipe, mulai dari regional and topical meeting, peer networking, hingga diskusi sosial.

Dalam acara tersebut, BINUS BUSINESS SCHOOL mengirimkan dua delegasi, yakni Ibu Dr. Rini Setiowati selaku Dekan Program Studi Master di BINUS BUSINESS SCHOOL dan Ibu Primidya Kartika Miranda Soesilo, Ph.D  selaku Head of Business Management & Marketing BINUS BUSINESS SCHOOL – International Undergraduate Program.

Perwakilan dari BINUS BUSINESS SCHOOL pun bertemu dengan lebih dari 800 partisipan, mulai dari komunitas, rekan bisnis, edukator, hingga para ahli di bidangnya. Dengan demikian, BINUS BUSINESS SCHOOL mampu memperluas networking dan membuka jalan kolaborasi dengan para pelaku bisnis di berbagai belahan dunia.

Delegasi BINUS University bersama rekan sesama akademisi dari Indonesia

Sebagai salah satu perguruan tinggi bisnis di Indonesia, BINUS BUSINESS SCHOOL terbukti tak hanya mampu eksis di kancah nasional, melainkan juga di mata internasional dengan cara aktif berpartisipasi di konferensi internasional tahunan, annual meeting dan kegiatan lainnya yang diadakan oleh AACSB setelah menjadi member sejak 2011 dan memperoleh akreditasi pada 2019 lalu.


Whatsapp