Partisipasi BINUS BUSINESS SCHOOL di Konferensi Tahunan AACSB Amerika Serikat

BINUS BUSINESS SCHOOL adalah salah satu perguruan tinggi yang bergerak dan fokus di bidang bisnis. Tak hanya memiliki program studi untuk strata 1 (S1), BINUS BUSINESS SCHOOL juga menyediakan berbagai pilihan jurusan untuk orang-orang yang ingin mengambil kuliah lanjutan guna mendapatkan ilmu dan gelar master maupun doktor.

Kualitas perkuliahan BINUS BUSINESS SCHOOL telah terbukti dengan adanya akreditas internasional dari Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). Secara rutin BINUS BUSINESS SCHOOL menghadiri konferensi internasional, annual meeting tahunan dan kegiatan-kegiatan lain yang diselenggarakan yang diadakan AACSB di Amerika Serikat.

Pencapaian BINUS BUSINESS SCHOOL

Keseriusan BINUS BUSINESS SCHOOL sebagai salah satu perguruan tinggi bisnis terlihat dari pencapaiannya selama ini. Pada 2020 lalu, BINUS BUSINESS SCHOOL telah mendapatkan akreditasi “Unggul” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk ketiga jenjang perkuliahannya, yakni sarjana, master, dan doktor.

Selain mendapatkan pengakuan dari BAN-PT, BINUS BUSINESS SCHOOL juga peroleh akreditasi dari Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) pada 2019 atas kegigihannya mempertahankan dan meningkatkan kualitas pembelajaran hingga menghasilkan alumni-alumni dengan inovasi bisnis mengagumkan. Pengakuan ini dinyatakan pada 12 November 2019 yang bisa Anda lihat selengkapnya di sini.

Dr. Rini Setiowati, Dekan BINUS BUSINESS SCHOOL Master Program di ICAM 2022

Sekilas tentang AACSB

AACSB adalah asosiasi nonprofit yang telah didirikan sejak 1916. Kehadirannya kemudian dikenal sebagai salah satu asosisasi akreditasi internasional paling baik yang bergerak di bidang sekolah bisnis. Sepak terjangnya yang sudah tidak diragukan lagi membuat AACSB menjadi salah satu tolok ukur bagi sekolah-sekolah bisnis yang ingin tampil sebagai institusi terkemuka.

Perjalanan BINUS BUSINESS SCHOOL raih akreditasi dari AACSB

Perjalanan BINUS BUSINESS SCHOOL untuk meraih pengakuan atau akreditasi dari AACSB telah dimulai sejak 2011. Saat itu, BINUS BUSINESS SCHOOL baru menjadi member dari asosiasi internasional tersebut. Seiring berjalannya waktu, BINUS BUSINESS SCHOOL terus berproses untuk menyusun proposal dan menerapkan kerangka pembelajaran yang sesuai dengan standar AACSB.

Pada akhirnya, BINUS BUSINESS SCHOOL berhasil memperoleh ratifikasi pada 6 November 2019 dan mendapat akreditasi resmi dari AACSB pada 12 November 2019. Pengakuan ini tentu menjadi bukti bahwa AACSB telah mengakui metode pembelajaran BINUS BUSINESS SCHOOL sesuai dengan standar sekolah bisnis yang ada di dunia.

Hadiri perhelatan akbar tahunan dari AACSB

Setelah mendapat pengakuan di tingkat internasional yang diberikan oleh AACSB, BINUS BUSINESS SCHOOL kini menghadiri perhelatan akbar yang diselenggarakan rutin setiap tahunnya oleh AACSB. Acara ini digelar pada 24-26 April 2022 di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat.

Dalam acara tersebut, Ibu Dr. Rini Setiowati (Dekan BINUS BUSINESS SCHOOL Master Program) dan Ibu Primidya Kartika Miranda Soesilo, Ph.D (Head of Business Management & Marketing – BINUS BUSINESS SCHOOL International Undergraduate Program) selaku perwakilan bertemu dengan berbagai partisipan, mulai dari komunitas, rekan bisnis, hingga ahli di bidangnya.

Dengan demikian, BINUS BUSINESS SCHOOL tak semata-mata unjuk gigi atas eksistensi dan pencapaiannya karena telah mendapat akreditasi dari AACSB, melainkan juga memperluas networking dan membuka jalan kolaborasi dengan para edukator, akademika, dan pelaku bisnis lain dari berbagai belahan dunia.

AACSB’s International Conference and Annual Meeting (ICAM)

Tahun ini, International Conference and Annual Meeting (ICAM) dari AACSB diselenggarakan pada 24-26 April di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat. Diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut, ICAM mengundang berbagai pembicara terkemuka di bidangnya. Salah satunya Simon Sinek, penulis dan motivator ternama asal Inggris.

Dalam gelaran yang berlangsung selama tiga hari itu, ICAM menyelenggarakan kurang lebih 40 jam sesi yang dibagi menjadi beberapa tipe, mulai dari regional and topical meeting, peer networking, hingga diskusi sosial. Itu artinya, perhelatan ini tak hanya memungkinkan peserta untuk duduk dan mendengarkan, tetapi juga berinteraksi dan menjalin kolaborasi.

Selain menghadirkan Simon Sinek sebagai pembicara dalam ICAM yang diselenggarakan oleh AACSB, perhelatan ini juga turut mengundang tokoh perempuan, Kate O’Neill, selaku Founder and Chief Tech Humanist di KO Insights. Hal ini tentu menyatakan bahwa pencapaian seseorang tidak lagi bisa didasarkan pada gender, melainkan pada kualitas, seperti halnya BINUS BUSINESS SCHOOL yang telah memenuhi standar kualitas AACSB sebagai salah satu sekolah bisnis bermutu tinggi.