Menjadi Akuntan Handal yang Relevan di Era Industri 4.0

Jakarta, 14 Maret 2022 – Akuntan merupakan salah satu profesi yang terdampak dari perubahan yang diakibatkan disrupsi dan industry 4.0. Cara perusahaan dalam memproduksi dan distribusi produk hingga integrasi teknologi baru, hingga kecerdasan buatan dan machine learning yang diadaptasi ke dalam aktifitas operasional. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjadi akuntan yang kompeten, relevan, namun tetap memiliki integritas di era industry 4.0? Topik ini menjadi materi Orasi Ilmiah berjudul: Penguasaan Teknologi Akuntansi dan Penguatan Nilai Relijiusitas Untuk Menjadi Akuntan yang Tangguh dan Berintegritas di Era Industry 4.0 yang disampaikan oleh Prof. Toto Rusmanto, MComm, Ph.D, CAPM, CMA dalam Upacara Sidang Terbuka Pengukuhan Guru Besar Tetap BINUS UNIVERSITY.

Pentingnya Adaptasi Pemanfaatan Teknologi Bagi Seorang Akuntan

Seorang Akuntan penting untuk bisa beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi. Mengutip dari Hoffman (2017), Beliau menuturkan ada tiga teknologi baru yang bisa meningkatkan modernisasi akuntasi dan pelaporan keuangan, yaitu XBRL-based structure digital financial reportsKnowledge-based systems and other application of artificial intelligence, dan blockchain-based distributed ledgers. Di samping kemampuan teknis Akuntansi dan penguasaan teknologi, integritas akuntan juga penting untuk menjadi akuntan yang professional. Integritas dapat di-drive dengan professionalism ethics dari Akuntan dan juga dapat di-drive dari keyakinan/belief/nilai relijiusitas seorang akuntan. Beliau menyebutkan Penelitian yang dilakukan di Taiwan oleh Yi Hui Ho (2009) terhadap calon akuntan di dua Universitas menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan yang positif antara belief/keyakinan/agama dengan perilaku etis calon akuntan. Prof. Toto juga menambahkan, akuntan juga harus melakukan learning evolution, career adaptation dan skill transformation jika tidak, maka akuntan akan termarginalisasi dan kehilangan relevansinya.

Di penghujung orasinya, Guru Besar Akuntasi yang juga merupakan pengajar untuk program pasca sarjana di Magister Akuntansi BINUS Graduate Program dan Magister Manajemen BINUS BUSINESS SCHOOL ini menjelaskan keseriusan yang dilakukan BINUS UNIVERSITY dalam mempersiapkan Program Studi Akuntansi sehingga bisa menghasilkan Akuntan yang handal dan memiliki relevansi tinggi, terbukti dengan diperolehnya akreditasi nasional dan meraih penghargaan Juara pertama Riset Rating Level Kecerdasan dan Kesiapan Transformasi Digital Kampus Indonesia tahun 2022.

Prof. Toto juga memberikan saran bagi BINUS UNIVERSITY dengan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dosen dengan memberikan program magang pada perusahaan besar seperti Big Four Accounting Firm dan Technology Based Multi National Companies program sertifikasi dan pelatihan bagi dosen Akuntansi. Selain itu memberikan pelatihan atau sertifikasi dalam bidang data analytic, blockchain, data security, Fintech dan lain-lain.

Prof. Toto merupakan Guru Besar Tetap ke dua belas yang dikukuhkan BINUS UNIVERSITY dalam bidang ilmu Akuntansi. Upacara Pengukuhan dilakukan pada Sidang Terbuka yang dipimpin oleh Ketua Senat dan Rektor BINUS UNIVERSITY, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. serta dihadiri Dewan Guru Besar, Pimpinan BINA NUSANTARA, keluarga, dan tamu undangan.

Beliau banyak melahirkan riset dan karya ilmiah dalam bidang akuntansi syariah, perbankan, dan contemporary management accounting. Saat ini Beliau tercatat sebagai Head of Accounting Program BINUS UNIVERSITY. Prof. Toto berharap Semoga dapat terus berkontribusi mengembangkan ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat yang lebih besar dan lebih luas lagi baik di lingkup BINUS UNIVERSITY maupun lingkup bangsa dan negara, melakukan fostering and empowering the society terus melakukan amal sholeh dan kebaikan untuk segenap masyarakat.

Pengukuhan Prof. Toto sebagai Guru Besar Tetap merupakan perhelatan keempat dari rangkaian acara Pengukuhan 6 Guru Besar Tetap BINUS UNIVERSITY yang diselenggarakan dengan Protokol Kesehatan ketat pada tanggal 7, 9, 12, 14, 15, 16 Maret 2022 dan bertempat di Auditorium lantai 4 BINUS UNIVERSITY Kampus Anggrek, Jakarta

Sebagai Perguruan Tinggi Indonesia bereputasi global, BINUS UNIVERSITY terus berkomitmen memberikan kontribusi bagi pendidikan Indonesia. Salah satunya adalah melahirkan Guru Besar yang dengan pemikiran dan karyanya dapat melahirkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. (GPJ).


Informasi terkait Guru Besar Tetap BINUS UNIVERSITY, silakan kunjungi: http://binus.ac.id/guru-besar