BINUS Business School

BINUS BUSINESS SCHOOL Naik Peringkat di QS World University Rankings by Subject 2024

Jakarta, 15 April 2024 – BINUS University berhasil mencetak peningkatan peringkat di QS World University Rankings by Subject untuk tahun 2024 ini. Khusus untuk bidang ilmu Business & Management Studies, BINUS tahun ini masuk dalam kelompok Top 400 di rank 351-400 global. Hal ini membuktikan bahwa BINUS University Business School (selanjutnya disebut BINUS Business School/BBS) terus mendekatkan diri pada goal utamanya, yakni menjadi sekolah bisnis berkelas dunia.

Mengenal QS World University Rankings by Subject

QS World University Rankings by Subject menganalisis posisi universitas di seluruh dunia berdasarkan bidang ilmu. Pemeringkatan ini dikerjakan oleh Quacquarelli Symonds (QS), analis pendidikan tinggi global yang kantor pusatnya berada di London, Inggris. Hasil kerja mereka ditampilkan setiap tahun dengan total lebih dari 1.500 universitas di seluruh dunia pada tahun ke-20-nya ini.

Indikator penilaian mereka didasarkan pada lima hal, yakni reputasi akademik (academic reputation), reputasi pemberi kerja (employer reputation), sitasi per jurnal ilmiah (citations per paper), indeks produktivitas dan pengaruh akademik (H-index), hingga engagement universitas yang didasarkan pada kerja sama publikasi dengan penulis maupun co-author bertaraf internasional (International Research Network/IRN).

Program BBS Masuk Urutan Top 400

Business & Management Studies yang berada dalam naungan BINUS Business School (BBS) masuk ke kelompok Top 400, yaitu di rank 351-400 global, naik dari posisi sebelumnya di peringkat 451-500 global. Tak hanya itu, BINUS juga berhasil menempati peringkat ke-4 dari 9 perguruan tinggi di Indonesia dalam bidang ini.

Dari lima kriteria yang telah disebutkan, Business & Management Studies berhasil memperoleh total skor 60,2 setelah dianalisis berdasarkan komposisi berikut. Pada program ini, 50% penilaian dititikberatkan pada academic reputation, 30% untuk employer reputation, 8% citations per paper, 8% H-Index, dan 5% sisanya pada International Research Network (IRN). Keberhasilan BINUS UNIVERSITY dalam mempertahankan standar kualitas yang tinggi dalam kelima aspek ini memberikan kontribusi besar terhadap pencapaian prestasi BBS ini.

Bentuk BBS Mewujudkan Misi Sekolah Berkelas Dunia

Pencapaian BBS dalam menaikkan peringkat program studi ke Top 400 tentu perlu mendapatkan apresiasi sebesar-besarnya karena melibatkan kerja keras dari banyak pihak, termasuk akademisi, peneliti, hingga alumni. Ditambah lagi, peringkat yang ditetapkan oleh QS World University Rankings  by Subject berlaku untuk keseluruhan jenjang studi, mulai dari S1, S2, hingga S3. Hal ini tentu membuat citra BBS menjadi lebih baik dan meyakinkan bagi para calon mahasiswa.

“Tentunya kami dari BINUS Business School bersyukur dan berterimakasih atas pengakuan yang diberikan QS terhadap bidang ilmu Business & Manajemen BINUS University. Naik peringkat di QS World University Ranking by Subject itu sama sekali tidak mudah karena harus bersaing dengan sekolah bisnis top dunia. Kenaikan peringkat ini merupakan buah dari kualitas penyelenggaraan pendidikan di BINUS yang sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan QS. Harapannya, peringkat BBS akan meningkat terus, atau minimal dipertahankan di masa yang akan datang. Untuk mewujudkannya, kami akan terus berkomitmen terhadap kualitas pendidikan dan kontribusi bagi masyarakat,” ucap Prof. Dezie L. Warganegara, Ph.D, Executive Dean BINUS Business School, tentang peringkat terbaru BBS.

Perbaikan yang terus diupayakan oleh BINUS University dari tahun ke tahun menunjukkan bukti nyata bahwa universitas ini semakin mendekatkan diri ke goal utamanya, yakni menjadi perguruan tinggi berkelas dunia yang terus mengedepankan inovasi di berbagai bidang, baik bisnis maupun teknologi yang berdampak sosial. Dengan begitu, BINUS Business School dapat menghasilkan profesional yang mampu menjawab tantangan zaman.

Dengan fokus pada riset, inovasi, dan kolaborasi, BINUS berusaha memberikan pendidikan yang tidak hanya berkualitas tinggi, tetapi juga relevan dengan kebutuhan masyarakat dan industri. Komitmen ini merupakan bagian integral dari visi BINUS 2035, yaitu a world-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation. ***

Whatsapp