BINUS Business School

Serba-serbi Supply Chain untuk Kesuksesan Bisnis

 

Saat Anda menjalankan bisnis dalam bidang mana pun, tentunya Anda akan memerlukan stok produk yang memadai untuk keperluan operasional. Sebab, tanpa adanya pasokan bahan baku atau barang jadi, Anda tidak dapat melayani pelanggan untuk memperoleh keuntungan. Untuk memastikan bahwa stok tersebut cukup setiap saat, Anda perlu memahami pentingnya manajemen supply chain atau rantai pasokan. Memangnya, apa saja yang menjadi fokus utama strategi tersebut? Anda dapat menemukan jawabannya di bawah ini!

Apa Itu Supply Chain?

Pada dasarnya, supply chain adalah jaringan yang menghubungkan sebuah perusahaan penyedia produk atau jasa dengan pemasok bahan baku agar bisa memproduksi serta mengirimkan produk akhir kepada konsumen. 

Namun, jaringan ini tidak hanya berfokus pada aktivitas penyediaan dan distribusi bahan baku itu sendiri. Justru, supply chain juga melibatkan beberapa komponen penting seperti sumber daya manusia, informasi, dan teknologi yang digunakan untuk menyelesaikan kewajiban operasional.

Contoh Supply Chain dalam Bisnis

Penerapan supply chain dalam bisnis sangat bergantung pada industri tempat usaha tersebut berkecimpung. Tapi, pada umumnya, perusahaan akan memesan bahan baku sesuai dengan volume yang dibutuhkan kepada supplier. Kemudian, supplier akan mengirimkan bahan baku tersebut kepada produsen secara grosir melalui perantara jasa logistik. 

Setelah itu, perusahaan dapat segera membuat produk yang akan dijual kepada konsumen dan mendistribusikannya kepada pedagang eceran agar lebih mudah dijangkau oleh masyarakat individu. Terakhir, ketika konsumen membeli produk yang dijual secara retail, rantai pasokan tidak akan terputus karena permintaan dari mereka akan memberi produsen informasi tentang produk yang diminati. Dengan demikian, produsen bisa menghasilkan produk atau jasa yang lebih baik.

Manfaat Manajemen Supply Chain untuk Bisnis

Pengelolaan supply chain yang tepat bisa membawa banyak manfaat dari berbagai segi untuk kesuksesan sebuah bisnis, di antaranya sebagai berikut:

1. Menghemat biaya operasional

Melalui manajemen supply chain, Anda dapat mengidentifikasi apa saja pos pengeluaran yang paling besar dalam bisnis Anda. Misalnya, mungkin Anda sering menghabiskan banyak uang untuk membeli bahan baku atau menggunakan jasa kirim. Dari sana, Anda bisa membuat strategi untuk melakukan penghematan biaya supaya Anda memiliki lebih banyak sisa dana untuk berbagai keperluan bisnis. 

Tapi, efisiensi di sini tidak sekadar mengurangi biaya; dengan mempelajari seluk-beluk rantai pasokan, Anda dapat menyeimbangkan pengeluaran dengan kualitas produk yang dihasilkan.

2. Menjaga hubungan bisnis yang baik

Adanya supply chain yang baik akan membantu Anda menjalin hubungan bisnis positif dengan mitra pemasok bahan baku. Sebab, tanpa adanya permintaan dari Anda, bisnis mitra Anda tidak akan bisa berkembang. 

Melalui hubungan ini pun, Anda juga dapat menguak lebih banyak peluang untuk saling membantu kesuksesan satu sama lain, misalnya dengan peluang kolaborasi terbatas. Tentunya, hal ini akan mendukung ketahanan bisnis Anda agar lebih tahan banting, terutama pada masa-masa sulit.

3. Mempertahankan kepercayaan konsumen

Salah satu kunci utama dari keberhasilan jangka panjang sebuah bisnis adalah seberapa besar tingkat kepercayaan konsumen kepada mereka, dan cara untuk meningkatkannya adalah dengan selalu memberikan produk berkualitas. 

Dengan supply chain, Anda dapat memperkirakan jumlah bahan baku yang perlu dipesan dan barang yang harus diproduksi agar bisa memenuhi permintaan pelanggan. Tak hanya memastikan kuantitasnya mencukupi, Anda juga bisa menjamin kualitas yang ada pada produk akhir untuk meningkatkan reputasi bisnis di mata konsumen, sehingga mereka pun akan lebih tertarik untuk selalu memilih brand Anda.

4. Meningkatkan pendapatan bisnis

Pada akhirnya, ketiga manfaat supply chain yang disebutkan akan membawa keuntungan finansial besar bagi bisnis Anda. Alasannya, saat Anda mampu memaksimalkan pemasukan dibandingkan dengan pengeluaran, serta mengamankan arus pelanggan yang stabil, Anda sudah bisa memperoleh lebih banyak laba. Tentu saja, pendapatan yang lebih banyak akan sangat menguntungkan kesehatan finansial bisnis agar Anda bisa terus berkembang dengan lebih baik selama bertahun-tahun.

Manajemen supply chain memang sangat menguntungkan bisnis, tetapi Anda baru dapat menikmati manfaat tersebut dengan penerapan yang tepat. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mempelajari seluk-beluk pengelolaan rantai pasokan yang efektif melalui program pendidikan khusus, salah satunya MM Supply Chain BINUS Graduate Program. 

Di program ini, Anda akan berkesempatan mendalami serba-serbi manajemen supply chain dari sudut pandang finansial, SDM, operasional, dan masih banyak lagi melalui gabungan kelas teori serta praktik nyata untuk pengetahuan yang lebih mendalam, Tertarik? Pastikan Anda tidak melewatkan jadwal pendaftarannya, dan segera daftarkan diri Anda di sini!

 

Whatsapp