BINUS Business School

Prospek Karier Menjanjikan Lulusan International Business

Berkat banyaknya teknologi yang mampu menghubungkan banyak negara, proses bisnis zaman sekarang sudah semakin global. Supaya prosesnya berjalan efektif, hal tersebut perlu diimbangi dengan skill bisnis internasional yang kuat; mulai dari manajemen lintas budaya, aspek hukum, riset manajemen, hingga leadership. Anda bisa menguasainya dengan menempuh kuliah jurusan International Business. 

Jurusan International Business Belajar Apa?

Jurusan satu ini mempersiapkan para mahasiswa untuk bisa bersaing di ekosistem bisnis global. Untuk itu, berikut beberapa materi utama yang biasanya akan diberikan:

  • Teori manajemen lintas budaya

Saat bekerja di bidang bisnis internasional, kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan banyak orang dari negara berbeda. Tiap negara memiliki budaya dan etika tersendiri, yang biasanya memengaruhi sikap dan kebiasaan rekan bisnis Anda. Begitu pula dengan Anda yang memiliki background berbeda dari mereka. 

Di sisi lain, Anda dituntut untuk bisa berkomunikasi secara efektif dengan para rekan bisnis tersebut. Nah, tantangan satu ini bisa Anda hadapi dengan menguasai ilmu dan skill manajemen lintas budaya yang diajarkan saat kuliah International Business.

  • Manajemen komprehensif

Mahasiswa Bisnis Internasional juga akan belajar tentang manajemen bisnis secara menyeluruh. Hal ini mencakup perancangan strategi bisnis, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, riset manajemen, komunikasi bisnis, hingga evaluasi performa. Bahkan tak hanya secara teori, mahasiswa juga akan diberi kesempatan untuk praktik langsung.

  • Aspek hukum bisnis

Supaya bisnis internasional berjalan lancar dan aman, setiap SDM yang terlibat perlu mematuhi hukum bisnis yang berlaku. Hal ini bisa Anda pelajari dengan kuliah Bisnis Internasional. Cakupan aspek hukum bisnis ini cukup luas, mulai dari tata cara aktivitas perdagangan dan keuangan, produksi barang dan jasa, hingga legalitas dokumen.

  • Riset manajemen

Aktivitas bisnis internasional tidak terlepas dari pengambilan keputusan. Setiap keputusan hendaknya didasari data supaya dapat membantu bisnis berkembang secara terarah. Nah, data tersebut bisa didapatkan melalui riset manajemen. Itulah kenapa kuliah International Business juga mempelajari hal ini, mulai dari metode riset hingga research study.

  • Leadership dan etika

Pada bidang bisnis internasional, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan memimpin tim dengan anggota dari berbagai negara. Tak perlu panik jika Anda menempuh kuliah Bisnis Internasional karena program ini juga mendalami ilmu leadership dan etika. Dengan begitu, Anda bisa memimpin secara etis sekaligus menetapkan standar bagi anggota tim untuk melakukan hal yang sama.

4 Prospek Karier untuk Lulusan International Business

Dengan menguasai berbagai topik di atas, lulusan Bisnis Internasional memiliki prospek karier yang cukup luas dan menjanjikan. Anda bisa memilih untuk menekuni berbagai profesi berikut ini:

  • Brand manager

Ada banyak sekali brand besar yang beroperasi di banyak negara. Sering kali, representatif dari tiap cabang negara harus berkomunikasi untuk menyatukan pandangan terkait masa depan brand. Anda bisa ambil bagian dari aktivitas bisnis tersebut dengan menjadi seorang international brand manager. Umumnya, Anda bertanggung jawab menjaga hubungan dengan klien, memantau staf marketing, dan memastikan bahwa brand menyampaikan pesan yang konsisten di seluruh channel.

  • Auditor

Prospek karier satu ini cocok bagi Anda yang juga punya background di bidang finansial. Auditor biasanya bertugas meninjau laporan keuangan perusahaan, lalu melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak yang membutuhkan seperti shareholder, investor, dan pemerintah. Tak hanya itu, auditor juga bertanggung jawab mengawasi operasional keuangan perusahaan serta mengevaluasi laporan keuangan secara rutin.

  • Analis kebijakan

Bisnis internasional yang kompleks tentu membutuhkan kebijakan khusus agar semua aspek berjalan lancar. Lulusan International Business dapat menekuni profesi sebagai analis kebijakan tersebut. Beberapa tugas utamanya adalah mengembangkan metode untuk meningkatkan kebijakan publik, mengidentifikasi masalah, serta mengajukan alternatif atas kebijakan yang sudah ada.

  • Penasihat bisnis

Jika tertarik menjadi penasihat bisnis internasional, Anda akan bertanggung jawab merancang dan menerapkan strategi untuk meningkatkan manajemen keuangan serta efisiensi bisnis. Beberapa tugas yang akan Anda lakukan adalah analisis risiko, analisis keuangan, evaluasi marketing dan sales, hingga identifikasi peluang untuk pengembangan bisnis.

Dengan kurikulum dan materi pembelajaran yang komprehensif, kuliah Bisnis Internasional menawarkan prospek karier menjanjikan. Apalagi jika menempuh kuliah Undergraduate Program International Business di BINUS Business School, Anda akan mendapat kesempatan untuk mengeksplor skill dan melakukan praktik bisnis di lingkungan yang supportive. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website BINUS Business School!

 

 

Whatsapp