BINUS Business School

Kenapa Jurusan Business Creation Kini Banyak Dicari?

Bisnis zaman sekarang sudah berkembang pesat karena berkaitan dengan banyak aspek, mulai dari ilmu dasar bisnis, pemasaran, kecanggihan teknologi, hingga perubahan perilaku konsumen. Dengan kata lain, ada semakin banyak hal yang harus Anda siapkan jika ingin membangun bisnis. Namun, tak perlu khawatir karena Anda bisa mengambil langkah awal dengan kuliah di jurusan Business Creation yang fokus pada praktik dan pengembangan entrepreneurship.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Business Creation?

Business Creation adalah jurusan kuliah yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi entrepreneur kreatif dan inovatif. Kurikulumnya menyeimbangkan porsi teori dan praktik, dengan materi yang mencakup hal-hal berikut ini:

  • Manajemen pemasaran

Bisnis apa pun pasti membutuhkan pemasaran untuk mempromosikan produk. Itulah kenapa kuliah jurusan satu ini juga mempelajari manajemen pemasaran. Ilmu satu ini membahas tentang aktivitas pemasaran secara menyeluruh, mulai dari perancangan, riset, implementasi, pengawasan, hingga evaluasi.

  • Analisis bisnis

Mahasiswa jurusan Business Creation juga akan mempelajari analisis bisnis, yakni evaluasi dan pemahaman operasional perusahaan. Tujuan analisis bisnis adalah mengidentifikasi kemungkinan munculnya risiko bisnis supaya bisa diambil langkah antisipasi.

  • Aspek hukum bisnis

Kelancaran bisnis sangat ditentukan oleh kepatuhannya terhadap hukum yang berlaku. Untuk itu, jurusan satu ini pun turut mengajarkan materi seputar aspek hukum bisnis. Hal tersebut mencakup tata cara pelaksanaan dalam produksi, perdagangan, hingga aktivitas keuangan. Ilmu ini begitu penting untuk menciptakan aktivitas bisnis yang tertib, adil, dan aman bagi semua pelaku bisnis.

  • Idea generation

Mengingat banyaknya bisnis baru yang bermunculan, belum lagi ditambah pemain lama yang masih bertahan, membangun bisnis yang unggul tentu cukup menantang. Dibutuhkan ide-ide kreatif untuk menarik perhatian audiens. Nah, kuliah jurusan Business Creation dapat membantu Anda mencari ide-ide tersebut melalui ilmu idea generation. 

Manfaat Jurusan Business Creation

Kuliah di jurusan satu ini memang bertujuan mempersiapkan mahasiswa dalam menjalankan bisnis baru. Namun, lebih dari itu, Anda juga akan merasakan sejumlah manfaat berikut ini.

  • Bisa ikut menciptakan lapangan kerja baru

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jurusan Business Creation idealnya memiliki kurikulum yang menyeimbangkan porsi teori dan praktik. Harapannya, para mahasiswa sudah bisa membangun bisnis baru pada tahun ketiga perkuliahan. Meskipun mungkin pada awalnya mereka masih menjalankan bisnis sendirian, tidak menutup kemungkinan mereka akan butuh karyawan seiring berkembangnya bisnis. Dengan kata lain, Anda bisa ikut menciptakan lapangan kerja baru.

  • Membantu menemukan peluang bisnis dengan lebih mudah

Jurusan Business Creation cocok bagi Anda yang ingin mendirikan bisnis, tapi bingung menentukan jenis bisnisnya. Selama perkuliahan, Anda akan dibantu oleh tim pelajar berpengalaman untuk mengidentifikasi peluang bisnis serta berbagai ide menarik lain. Prosesnya pun jadi lebih mudah dan efisien.

  • Ilmu yang selalu diperlukan

Pada dasarnya, ilmu bisnis merupakan ilmu yang multidisipliner. Ia bersinggungan dengan banyak ilmu dari bidang lain, seperti pemasaran, keuangan, bahkan hingga teknologi. Dengan cakupan yang luas tersebut, ilmu bisnis pun akan selalu diperlukan. Terlebih, kurikulum kuliah juga biasanya mengikuti dinamika bisnis terkini, sehingga ilmu yang Anda pelajari akan selalu relevan.

Pengaruh Business Creation bagi Industri Kreatif dan Ekonomi Nasional

Menariknya lagi, kuliah di jurusan Business Creation juga membuka pintu bagi Anda untuk menekuni bisnis di industri kreatif. Sektornya pun bermacam-macam, mulai dari kuliner, arsitektur, seni kriya, fashion, fotografi, hingga musik. Jadi, Anda dapat memilih sektor yang sesuai dengan minat dan preferensi Anda.

Prospek Karier Jurusan Business Creation

Lantas, apakah lulusan dari jurusan ini akan selalu menjadi entrepreneur? Tentu tidak. Prospek karier yang ditawarkan justru cukup beragam. Selain entrepreneur, Anda juga bisa menekuni profesi sebagai business development. Profesi ini dibutuhkan untuk menjaga agar nilai perusahaan tetap positif dalam jangka panjang. 

Ada pula karier sebagai business planner yang bertugas menyusun rencana bisnis secara matang dan menyeluruh. Sebagai business planner, Anda harus memastikan bahwa bisnis tersebut punya goals yang jelas. Alternatif lainnya adalah menjadi seorang business consultant yang memberikan konsultasi tentang perencanaan dan pengembangan bisnis kepada klien.

Terjawab sudah kenapa jurusan Business Creation jadi pilihan banyak calon mahasiswa, yakni karena ilmunya selalu diperlukan, memudahkan identifikasi peluang bisnis, hingga menciptakan lapangan kerja baru. Anda bisa mendapatkan seluruh manfaat tersebut dengan kuliah di Business Creation Program, BINUS Business School.

Pada program kuliah ini, mayoritas courses disampaikan oleh para entrepreneurs dan ahli berpengalaman di bidang venture capital. Beberapa dari mereka juga akan memberikan masukan dan dukungan secara berkelanjutan. Dengan begitu, Anda bisa sharing dan bertukar ide untuk mengembangkan bisnis. Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi website BINUS Business School untuk mendaftarkan diri!

 

Whatsapp