BINUS Business School

Prediksi Kesuksesan di Puncak Indonesia Emas 2045

Indonesia akan mencapai usia 100 tahun kemerdekaan pada 2045 nanti. Sehubungan dengan itu, pemerintah berkali-kali menekankan bahwa Indonesia Emas bukanlah miliknya, melainkan milik para anak muda. Artinya, anak muda yang saat ini sedang duduk di bangku perkuliahan adalah orang-orang yang akan menjadi penentu nasib tanah air pada 2045 kelak. Tidak heran, ada banyak sekali goals yang harapannya dapat dicapai hingga periode waktu tersebut. Memangnya, apa saja indikator pencapaian yang terdapat dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang 2025-2045?

Indikator Pencapaian Indonesia Emas 2045

Sebenarnya, ada empat visi dan delapan agenda pembangunan untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Namun, semua itu dapat Anda simak rangkumannya pada lima poin berikut.

1. Peningkatan pendapatan per kapita

Indikator tercapainya visi Indonesia Emas yang pertama adalah meningkatnya pendapatan per kapita hingga mencapai urutan ke-5 terbesar di seluruh dunia, yakni 30.300 USD. Lebih spesifiknya lagi, harapannya kontribusi PDB maritim mencapai 15%, sedangkan PDB industri pengolahan sebanyak 28%.

2. Posisi di Global Power Index

Selain dari segi ekonomi, indikator keberhasilan Indonesia mewujudkan RPJP 2045 juga diukur dari posisinya di mata dunia. Pada 2045 mendatang, harapannya Indonesia mampu menaikkan posisinya di Global Power Index sehingga masuk ke 10 besar. Sebagai informasi tambahan, Global Power Index ini tolok ukurnya dilihat dari berbagai aspek, mulai dari sektor ekonomi, kapasitas demografi, politik, teknologi, hingga kekuatan militernya.

3. Kemiskinan 0%

Persentase kemiskinan di Indonesia per September 2023 masih tinggi mencapai 1,74%, meskipun telah menurun dibandingkan dengan bulan Maret yang mencapai 2,04%. Harapannya pada 2045 nanti, Indonesia bisa semakin menurunkan tingkat kemiskinan hingga berada di antara rasio 0,5-0,8% saja. Bersamaan dengan itu, pemerintah juga bercita-cita untuk menurunkan tingkat ketimpangan antar-daerah, sehingga kemajuan pembangunan bisa lebih merata lagi.

4. Skor indeks modal manusia

Mencapai tingkat kemiskinan yang semakin rendah tentunya perlu tolok ukur lebih konkret lagi dari segi sumber daya manusianya. Pemerintah menetapkan skor indeks modal manusia mencapai persentase 0,73% pada Indonesia Emas nanti. Hal ini bisa diwujudkan dengan mendukung program pendidikan, pelatihan dan pengembangan, pemahaman akan teknologi, sampai tingkat kesehatan masyarakat yang lebih baik lagi.

5. Penurunan emisi GRK

Satu hal yang tak kalah penting untuk mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045 adalah pelestarian lingkungan. Berbagai aktivitas pembangunan infrastruktur maupun ekonomi mestinya dapat menggunakan metode terkini yang ramah lingkungan. Sehingga, Indonesia bisa lebih maju dan modern, tapi di sisi lain juga menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) hingga 93,5%.

Tantangan Terbesar Pencapaian Indonesia Emas 2045

Semua target Indonesia Emas 2045 di atas tentunya menghadirkan tantangan tersendiri bagi pemerintah maupun masyarakat tanah air. Bisa dibilang, ada dua tantangan terbesar yang akan dihadapi oleh bangsa ini, yakni bagaimana caranya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dan kreatif serta menciptakan ketahanan negara untuk menghadapi krisis iklim.

Untuk memperoleh SDM yang tangguh dan kreatif, Indonesia dapat memfasilitasi anak muda dengan berbagai kesempatan di bidang pendidikan. Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini sudah ada beragam kesempatan beasiswa untuk anak bangsa sehingga semakin memperbesar kesempatan mereka dalam memperoleh pendidikan.

Tantangan yang lebih sulit bisa dibilang adalah menghadapi krisis iklim yang kurang terprediksi waktu dan cara penanggulangannya. Padahal, perubahan iklim ini juga dapat memengaruhi aktivitas anak muda bangsa dalam mencapai mimpi serta tujuan hidupnya. Contoh konkretnya mungkin dapat kita umpamakan seperti pandemi Covid-19 yang tiba-tiba melemahkan ekonomi dunia.

Faktor yang Mendukung Pencapaian Indonesia Emas 2045

Ada beberapa faktor yang akan mendukung pencapaian Indonesia Emas. Pertama adalah mewujudkan negara yang stabil dari berbagai sektor. Kedua yaitu kesinambungan pemimpin dalam mencapai tujuan tahun 2045, sebab pemerintahan itu bagaikan tongkat estafet karena tidak bisa dicapai secara instan. Barulah yang ketiga adalah menyiapkan pemuda berkualitas.

Poin ketiga bisa dibilang menjadi langkah terpenting karena pemuda ini adalah orang-orang yang akan menentukan sekaligus menjalankan Indonesia pada tahun 2045 mendatang. Itulah mengapa penting sekali membekali pemuda dengan pendidikan. Dengan begitu, mereka bisa bersaing secara global untuk mencapai visi dan agenda-agenda di atas.

Melihat banyaknya visi dan agenda untuk Indonesia Emas 2045, langkah yang dapat Anda lakukan demi mewujudkan harapan tersebut adalah dengan membekali diri lewat pendidikan. Memiliki tingkat pendidikan yang berkualitas membuat Anda lebih mampu bersaing secara global. Hal semacam ini pastinya akan membantu bangsa memiliki pendapatan per kapita yang lebih tinggi, menurunkan tingkat kemiskinan, menaikkan posisi Indonesia di Global Power Index serta skor indeks modal manusia, maupun menurunkan emisi GRK.

 

Whatsapp