BINUS Business School

Menggapai Gelar Doktor di Doctor of Research in Management BINUS BUSINESS SCHOOL

Mendapatkan gelar Doctor of Research in Management (DRM) di BINUS Business School adalah perjalanan yang mengasyikkan selama enam semester. Perjalanan ini mungkin panjang, tetapi jangan merasa putus asa. Sepanjang proses ini, Anda akan mendapatkan dukungan tanpa henti dari pembimbing akademik dan tim promotor yang berdedikasi. Selain itu, universitas akan melibatkan dosen tamu untuk memberikan wawasan dunia nyata yang sangat berharga.

 

Perjalanan Menuju Gelar Doktor

Untuk memperoleh gelar Doctor of Research in Management di BINUS Business School, mahasiswa harus menjalani pendidikan selama enam semester dengan berbagai penilaian.

Semuanya dimulai dengan persiapan untuk masuk ke program DRM. Sejak semester pertama, mahasiswa akan langsung memulai persiapan penelitian dengan berfokus pada tema penelitian eksploratif sebagai dasar tesis mereka. Kemudian, pada semester kedua, mereka diharapkan merumuskan proposal penelitian dan pengembangan tesis awal.

Lalu, di semester ketiga, mahasiswa akan menyempurnakan proposal penelitian mereka untuk mendapatkan persetujuan dari tim penilai. Selama proses penyempurnaan tersebut, semua mahasiswa akan dibantu oleh tim promotor dari forum pleno pengawasan (SPF). Proses ini hanya ada di DRM BBS. Setelah memperoleh persetujuan, mahasiswa akan memulai semester keempat dengan proses penelitian, pengumpulan data, dan analisis awal. Di akhir semester, mereka akan menyajikan temuan awal mereka di Seminar Hasil Penelitian.

Pada semester kelima, mahasiswa lebih menyempurnakan penelitian mereka dengan melakukan analisis data yang lebih mendalam dan merumuskan diskusi. Di penghujung semester, mereka diharapkan siap mengikuti ujian sidang tertutup untuk mempresentasikan metodologi dan hasil penelitian mereka.

Semester terakhir akan memberi mahasiswa kesempatan untuk menyempurnakan disertasi dan menerapkan masukan dari dewan penguji. Sebagai langkah terakhir dalam perjalanan ini, mahasiswa menghadapi ujian terbuka atau promosi. Pada titik ini, mereka bisa mendapatkan gelar bergengsi Doctor of Research in Management.

 

Apa yang Akan Dipelajari?

Selama berupaya mencapai gelar doktor, mahasiswa akan mengambil 42 SKS yang terdiri dari kegiatan belajar di ruang kelas, pembuatan proposal, penelitian langsung, pembuatan tesis, dan penutupan dengan sidang tesis. Kurikulum ini dirancang dengan cermat untuk membantu dan mendukung mahasiswa mendapatkan gelar doktor mereka.

Kursus yang dipelajari dalam semester awal mencakup Filsafat Ilmu, Metodologi Penelitian Lanjutan dan Penulisan Tesis, Teori Manajemen Lanjutan, dan Tema Penelitian Eksploratif. Di semester kedua, mahasiswa akan mengikuti seminar yang menjelajahi inovasi, pengetahuan, dan teknologi. Mereka juga mengambil kursus analitika digital dalam bisnis sebagai persiapan awal untuk tugas tesis di akhir semester.

Selain itu, masih ada workshop, kolokium internal, dan konferensi internasional yang akan mendorong Anda memperluas wawasan. Harapannya, mahasiswa bisa menjadi pembicara dalam konferensi internasional dan menulis setidaknya 2 makalah untuk jurnal terindeks Scopus yang terkenal secara internasional untuk berbagi pengetahuan.

 

Apa Anda Memenuhi Syarat?

Anda perlu memahami format program kuliah Doctor of Research in Management BINUS Business School agar bisa menyelesaikannya. Penting untuk diketahui bahwa format yang digunakan adalah hybrid, campuran dari kuliah tatap muka dan online.

Semester Ganjil tahun 2023/2024 ditetapkan sebagai sesi tatap muka, sehingga mahasiswa diharapkan hadir secara fisik dalam kelas. Persyaratan kehadiran untuk semester ini adalah 75%, jadi mahasiswa punya kesempatan tiga kali absen untuk setiap kelas.

Untuk syarat kehadiran, kelas tatap muka diadakan pada hari Sabtu dari pukul 09:00 hingga pukul 16:00 WIB. Karena program kuliah ini berlangsung sepanjang hari, mereka perlu merencanakan jadwal sebaik mungkin. Sementara itu, kelas online diadakan setiap hari Rabu, dari pukul 18:30 hingga 21:00 WIB.

Untuk menjamin keadilan, BINUS Business School menggunakan BINUSMAYA untuk mencatat kehadiran mahasiswa dengan akurat agar lebih mudah bagi semua pihak yang terlibat.

Selanjutnya, pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah akan dinilai dalam Ujian Akhir Semester (UAS). Namun, pada kelas tertentu, mahasiswa perlu mengumpulkan makalah penelitian. Agar lulus, mahasiswa perlu mendapatkan nilai minimal B. Di bawah itu, mahasiswa dianggap gagal dan butuh peningkatan lebih lanjut.

Pertanyaan tentang apakah Anda memenuhi syarat untuk program ini hanya berkaitan dengan kesiapan pribadi. Jadi, apakah Anda siap berkomitmen untuk pandai membagi waktu dan memulai perjalanan yang seru ini?

 

Whatsapp