BINUS Business School

4 Alasan Kuliah Jurusan Bisnis adalah Pilihan Cerdas

Jurusan Bisnis termasuk salah satu jurusan kuliah dengan prospek karier yang sangat menjanjikan. Tidak mengherankan jika jurusan satu ini jadi pilihan banyak mahasiswa untuk menempuh pendidikan tingkat tinggi. Popularitas jurusan Bisnis tidak terlepas dari cabang peminatannya yang luas, mulai dari HR, marketing, digital business, supply chain, hingga entrepreneurship. Tak hanya itu, masih ada sejumlah kelebihan lain yang menarik untuk diketahui.

Kelebihan Kuliah Jurusan Bisnis

Tingginya popularitas jurusan Bisnis di lingkungan kuliah disebabkan oleh berbagai alasan, mulai dari cakupan ilmu yang luas, kesempatan untuk mengasah skill manajemen, mendorong creative thinking, hingga prospek kerja yang luas. Berikut detailnya!

  • Ilmu yang multidisipliner

Saat kuliah di jurusan Bisnis, Anda tidak hanya akan belajar manajemen bisnis, tapi juga ilmu-ilmu lain yang bersinggungan. Tiap universitas mungkin memiliki kurikulum yang berbeda. Namun, umumnya kuliah Bisnis juga akan mempelajari dasar-dasar ilmu lain seperti komunikasi bisnis, business mathematics, manajemen pemasaran, statistika, hingga makro dan mikro ekonomi. Dengan cakupan materi yang luas, wajar jika kuliah Bisnis dianggap sebagai ilmu yang multidisipliner.

  • Mengasah kemampuan dasar manajemen

Saat semester awal, kemungkinan besar mahasiswa jurusan ini akan mendapat mata kuliah Introduction to Business and Management. Melalui kelas ini, Anda akan menerima materi mendalam seputar manajemen bisnis, sekaligus kesempatan untuk mengasah kemampuan dasar Anda. Tidak hanya melalui tes atau ujian, tapi juga study case, pembuatan project, hingga praktik langsung.

  • Menumbuhkan cara berpikir kreatif

Dengan adanya kesempatan untuk mempraktikkan materi manajemen bisnis yang telah didapatkan, Anda akan didorong untuk berpikir secara kreatif. Misalnya, Anda diminta untuk membuat project perancangan strategi bisnis baru. Melalui kesempatan ini, skill creative thinking Anda akan diasah untuk memikirkan ide-ide menarik dalam meluncurkan produk, melakukan promosi yang efektif, hingga menghadapi berbagai tantangan.

  • Kesempatan kerja yang luas

Dengan cakupan ilmu yang menyeluruh, kuliah jurusan Bisnis pun memiliki prospek karier yang cukup luas. Setelah lulus, Anda bisa memilih untuk menekuni profesi analis bisnis, marketing executive, sales executive, project manager, business development, dan masih banyak lagi. Anda jadi bisa lebih leluasa mengeksplor pilihan karier setelah lulus kuliah nanti.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Bisnis?

Kini, Anda sudah tahu bahwa kuliah jurusan Bisnis menyediakan pembelajaran ilmu yang multidisipliner. Namun, sebetulnya materi apa saja yang dipelajari di jurusan ini? Berikut beberapa di antaranya!

  • Teori ekonomi

Kegiatan bisnis tidak lepas dari kondisi ekonomi secara keseluruhan. Itulah kenapa mahasiswa akan mendapatkan materi tentang teori ekonomi jika kuliah di jurusan Bisnis. Materi ini menjelaskan sistem perekonomian dalam garis besar, sehingga dapat diketahui koneksi antar peristiwa ekonomi. 

Ilmu tentang ekonomi dapat membantu mahasiswa untuk mengambil keputusan bisnis berbasis data, sekaligus menganalisis kondisi ekonomi yang dapat memengaruhi kelangsungan bisnis. Dengan begitu, pengambilan keputusan akan bersifat informatif dan sejalan dengan arah perkembangan organisasi.

  • Riset bisnis

Kuliah jurusan satu ini juga akan mempelajari riset di bidang tersebut. Pada riset bisnis, mahasiswa mendalami berbagai metode penelitian untuk mencapai tujuan tertentu, seperti meningkatkan penjualan, mengidentifikasi kebutuhan pasar, mengurangi biaya operasional, atau mengoptimalkan sumber daya manusia di perusahaan.

  • Ilmu manajemen

Ilmu manajemen sangat dibutuhkan dalam mengelola bisnis. Materi satu ini mengajarkan mahasiswa untuk mengatur pemanfaatan sumber daya secara efektif dan efisien demi mencapai tujuan organisasi. Sumber daya yang dimaksud pun bukan hanya mencakup karyawan sebagai sumber daya manusia (SDM), tapi juga sumber daya dalam bentuk uang, mesin, material, aset, metode, hingga market. 

  • Entrepreneurship

Bagi yang berencana membangun bisnis sendiri selepas kuliah, jurusan satu ini merupakan pilihan tepat karena Anda juga akan belajar tentang entrepreneurship. Melalui ilmu ini, mahasiswa akan mendapat materi untuk mengembangkan, mengorganisasi, dan menjalankan bisnis sendiri; mulai dari cara memulai usaha, cara mendapatkan profit, hingga cara menghadapi berbagai tantangan.

Dengan ilmu yang multidisipliner, kesempatan kerja luas, kemampuan untuk mendorong creative thinking, dan mengasah skill manajemen, tidak mengherankan jika kuliah di jurusan Bisnis menjadi pilihan populer mahasiswa. Semua kelebihan tersebut bisa Anda dapatkan dengan berkuliah di BINUS Business School. 

Menerapkan standar internasional, BINUS Business School menyediakan kurikulum yang disesuaikan dengan kondisi bisnis terkini, sehingga dapat mempersiapkan mahasiswa untuk bersaing di pasar global setelah lulus nanti. Terlebih, fasilitas dan layanan BINUS Business School juga begitu lengkap dengan dilengkapi teknologi canggih untuk mendorong pemanfaatan teknologi. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi website BINUS Business School!

Whatsapp