BINUS Business School

Wejangan Berharga CEO Everywhere.id tentang Greater Purpose untuk Bangun Bisnis

Agar bisnis sukses dalam jangka panjang, bisnis tersebut perlu memiliki purpose. Tujuan ini tidak selalu berkaitan dengan uang, melainkan keinginan kuat untuk menciptakan dampak positif dengan bidang yang menjadi passion

Hal itulah yang ditekankan oleh Edy Sulistyo, CEO Everywhere.id, pada acara CEO Speaks BINUS Business School yang diadakan tanggal 26 September 2023 lalu di Auditorium 310 BINUS @Senayan JWC Campus. Apa saja inti dari pemaparannya? Simak di sini!

Simbiosis Penting Passion dan Purpose

Pada pembicaraannya, Edy Sulistyo membenarkan bahwa menjalani hal yang menjadi passion atau kecintaan terbesar seseorang akan membawa kebahagiaan. Kebahagiaan ini memang penting untuk menyuntikkan semangat saat merintis sebuah usaha, tetapi hal tersebut saja tidak cukup untuk menjamin kesuksesan jangka panjang. Sebab, menurut perkataannya, “Hidup itu sering kali mirip roda. Kadang kita di atas, kadang di bawah. Tapi, jadi entrepreneur itu lebih sering di bawah [roda kehidupan].”

Agar lebih jelas, Pak Edy pun mengaitkan contoh ini ketika ia menghadapi dilema sulit apakah harus melanjutkan produksi film sesuai perjanjian dengan investor atau menghentikan semua tahap produksi demi keselamatan para anggota kru film di saat puncak pandemi. Pada saat itu, Pak Edy juga masih ingin berkecimpung dalam bidang teknologi yang menjadi passion.

Karena fokus utamanya mendirikan bisnis selalu menitikberatkan pentingnya membentuk generasi masa depan Indonesia secara positif, Pak Edy lebih memilih nyawa alih-alih keuntungan. Pada akhirnya, ia membatalkan semua produksi film yang dijadwalkan pada awal tahun 2020 dan mempertimbangkan beralih dari model bisnis video on demand

Proses peralihan ini juga sama sekali tidak mudah karena minimnya pemasukan bisnis selama pandemi. Namun, berkat prinsip yang mengutamakan purpose positif, Pak Edy bisa melihat peluang lain dari banyaknya content creator yang terpaksa di-PHK dan masih kesulitan mencari nafkah dari platform media sosial yang sudah ada.

 

Fokus ke Purpose, Uang akan Datang Sendiri

Pada fase awal perjalanan kariernya di Loket, Pak Edy hanya ingin berfokus pada purpose untuk memberantas korupsi dalam proses ticketing hingga pembelian makanan dan minuman di dalam venue acara. Tujuan tersebut ada sejak hatinya terketuk oleh pemandangan hewan di kebun binatang populer Surabaya yang kondisinya memprihatinkan, tetapi destinasi tersebut selalu ramai oleh pengunjung. 

Akhirnya, setelah mengetahui fenomena tersebut disebabkan oleh adanya celah korupsi pada penyaluran dana tiket pengunjung, Pak Edy pun menciptakan sistem yang memusatkan proses pembelian dan pembayaran tiket dari semua penyelenggara acara ke API Loket. Berkat sistem yang rapi ini, Loket berhasil memiliki market share sebanyak 85% pasar Indonesia tanpa disadari. Bahkan, kesuksesan ini juga berlanjut ketika beliau mengembangkan GoPlay. 

Berbekal fokus terhadap misi untuk membentuk generasi masa depan Indonesia melalui konten positif, ia menggandeng banyak content creator seperti musisi, pesulap, dan bahkan pemuka agama untuk menjadi live streamer di GoPlay agar mereka tetap bisa bertahan hidup. Berkat strategi ini, GoPlay bisa memiliki 12 ribu pengunjung aktif tiap bulannya dan banyak pengguna yang bilang mereka bisa lebih mendekatkan diri pada Tuhan setiap hari selama pandemi sejak menggunakan GoPlay.

Pelajaran Utama dari Perjuangan Edy Sulistyo

Selain menitikberatkan pentingnya selalu berpegang teguh pada greater purpose saat menjalankan bisnis, Pak Edy juga menekankan sebaiknya sebuah bisnis tidak terlalu mengejar ketenaran di semua kalangan. Dengan kata lain, alih-alih berusaha menjadi lebih dikenal oleh semua orang di Indonesia, bisnis tersebut harusnya lebih terkenal di kalangan target audiensnya yang spesifik. Atau, menurut ucapan beliau, “The people that matters the most.”

Kemudian, dengan adanya purpose yang kuat, seorang pebisnis juga tidak perlu terlalu mencemaskan keberadaan kompetitor. Sebab, kompetitor dengan tujuan yang sama sebenarnya merupakan rekan atau mitra yang bisa diajak bekerja sama. Karena itu, bahkan jika bisnis sendiri harus tutup dan usaha lain bisa melanjutkan apa yang kita lakukan dengan lebih baik, kita tetap perlu bangga selama sudah mencapai purpose di awal karena sudah bisa menciptakan spark untuk meneruskannya dalam skala yang lebih besar.

Passion memang bahan bakar motivasi yang penting bagi pebisnis karena rasa cinta terhadap suatu bidang bisa menciptakan rasa bahagia. Namun, perasaan tersebut tetap perlu dibarengi dengan purpose atau tujuan agar kita bisa merasa lebih utuh dan kuat bertahan menghadapi ketidakpastian hidup. 

Pengalaman dari Edy Sulistyo selama merintis Everywhere.id hingga saat ini dari pembicaraan CEO Speaks sudah menunjukkan bahwa fokus terhadap purpose bisa mendatangkan keuntungan dengan sendirinya.

Whatsapp