BINUS Business School

Jejeran Tokoh Bisnis Berpengalaman Advisory Board BINUS Business School

Mengenal Advisory Board BINUS Business School, Jejeran Tokoh Bisnis Berpengalaman

Advisory board adalah jejeran tokoh terkemuka yang bersinergi untuk memajukan kualitas pendidikan dan biasa ada di institusi-institusi terkenal, contohnya BINUS Business School (BBS). Salah satu institusi yang mempunyai Advisory Board adalah BINUS Business School. Tokoh-tokoh yang tergabung dari BBS ada banyak dan setiap anggotanya memberikan kontribusinya masing-masing. Ingin tahu lebih jauh soal Advisory Board BBS? Simak artikel ini sampai habis, ya.

Struktur Dasar Advisory Board BBS

Pada umumnya peresmian Advisory Board sebuah institusi pastinya melibatkan rektor. Hal ini juga berlaku pada acara peresmian The Advisory Board BBS yang berlangsung pada Jumat (4 Agustus 2023) di BINUS @Senayan, JWC Campus, Jakarta. Selain terlibat dalam acara pelantikan, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M.  selaku Rektor BINUS UNIVERSITY sekaligus berperan sebagai pelindung dewan ini.

Supaya program-program yang melibatkan Advisory Board bisa berjalan dengan strategis, dalam struktur Advisory Board BBS ada juga posisi 7 orang pengarah yang berisikan 7 orang akademisi unggulan dari BINUS, meliputi:

  • Stephen Wahyudi Santoso., Bse., M. SIST (President of BINUS Higher Education)
  • Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA (Rektor Terpilih BINUS University Periode 2023-2028)
  • Dr. Engkos, A. Kuncoro (Vice Rector Academic Development)
  • Dr. Reina Setiawan, S.Kom., M.M. (Vice Rector Academic Operation & Resources)
  • Johan, S. Kom., M.M. (Vice Rector Student Affairs & Community Development)
  • Dr. Meyliana, S. Kom., M.M. (Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship)
  • Prof. Tirta Nugraha Mursitama, S.Sos., M.M. (Vice Rector Research & Technology Transfer)

Tak hanya dua posisi penting tersebut, ada pula posisi penanggung jawab yang dipegang oleh Dezie L. Warganegara, Ph.D. (Executive Dean of BINUS BUSINESS SCHOOL). Posisi ini berkontribusi sama banyaknya, mulai dari sebagai pimpinan diskusi hingga fasilitator komunikasi antar berbagai pihak.

Di samping itu, kesuksesan berjalannya program-program Advisory Board ini juga melibatkan para anggota yang merupakan tokoh terkemuka dari berbagai sektor bisnis. Untuk detail informasi setiap anggotanya bisa Anda pahami melalui melalui poin berikutnya, ya.

 

 

Anggota Terkemuka Advisory Board BBS dari Berbagai Sektor Bisnis

Untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan visi misi dan strategi BBS perlu mendapatkan bimbingan dari para member Advisory Board. Pasalnya, para member ini beranggotakan para ahli yang sudah melalang buana di berbagai sektor bisnis, antara lain sebagai berikut:

  • Spesialis Manufaktur dan Industri

Bisnis Manufaktur sangat potensial untuk karir calon pebisnis dari BINUSIAN selanjutnya. Salah satu perusahaan manufaktur terbesar di Indonesia adalah PT Astra International Tbk. Salah satu ahlinya adalah Bapak Aloysius Budi Santoso selaku Head of HC Operation Astra Head Office, PT Astra International Tbk, merupakan bagian dari BBS Advisory Board, loh. 

  • Spesialis Sustainability

Dengan pengalamannya, Ibu Dewi Suyenti Tio sebagai Country Manager dari Global Initiative Representative akan melengkapi wawasan BINUSIAN soal sustainability di dunia bisnis. Apalagi, saat ini sustainability masuk dalam faktor penting di dunia bisnis karena suatu perusahaan tidak boleh hanya fokus pada keuntungan sosial tapi juga perlu memikirkan dampaknya pada lingkungan.

  • Spesialis Venture Capitalist dan Inovasi Bisnis

Jika BINUSIAN mempunyai cita-cita untuk membangun bisnis ataupun startup, maka mempunyai koneksi dengan seseorang dari bidang venture capitalist akan sangat menguntungkan. Di Advisory Board ini ada Bapak Eddi Danusaputro, seorang CEO dari BNI Modal Ventura, yang akan membagikan wawasan bermakna di beberapa kesempatan nantinya.

  • Spesialis Kesehatan

Dari sektor kesehatan, ada Bapak Ediansyah yang merupakan Direktur dari Rumah Sakit Annisa, Tangerang. Pengetahuan beliau yang mendalam soal manajemen rumah sakit akan memberikan wawasan yang bermanfaat soal bisnis dari perspektif sektor kesehatan. Dr. dr. Ediansyah memiliki latar belakang pendidikan doktor bidang manajemen dari BINUS University.

  • Spesialis Bisnis Perbankan

Dalam upaya untuk membuat BINUSIAN menjadi SDM yang selalu update dalam bisnis dan teknologi terkini, BSS mempunyai sumber wawasan dari salah satu anggota Advisory Board, yakni Bapak Indra Utoyo, Direktur Utama dari Allo Bank Indonesia.

  • Spesialis Industri Pariwisata

Peluang bisnis pariwisata di Indonesia sangat potensial kan? Oleh sebab itu, ilmu bisnis terkait industri pariwisata sangat penting. Wawasan tersebut bisa BINUSIAN dapatkan dari Panca Rudolf Sarungu, seorang Vice Chairman Indonesia dari Tourism Industry Board. Panca juga merupakan alumni dari BINUS University.

  • Spesialis Teknologi Informasi Kementerian

Saat ini teknologi informasi akan selalu ada dan terlibat di berbagai sektor industri. Oleh sebab itu, bisnis dan teknologi adalah kombinasi yang sempurna. Oleh sebab itu, peran Bapak Samuel Abrijani Pangerapan yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika dari Kementerian Komunikasi dan Informasi akan turut berkontribusi dalam mendukung kualitas pendidikan BBS melalui sinergi program-program Advisory Board dengan regulasi dan program Pemerintah.

  • Spesialis FMCG

Wawasan terkait inovasi produk dan strategi pemasaran adalah komponen yang sangat penting dalam berbisnis. Melalui seorang ahli dari sektor FMCG, wawasan tersebut bisa BINUSIAN dapatkan secara akurat. Tokoh FMCG dalam Advisory Board BBS adalah Caroline Herlina, Direktur dari Procter & Gamble (P&G). Caroline juga merupakan alumni BINUS dari BINUS University International.

 

Kolaborasi erat antara anggota Advisory Board dan para akademisi BBS akan menjadi langkah yang strategis untuk kemajuan pendidikan bisnis BSS yang saat ini sudah mengantongi akreditasi internasional AACSB (The Association to Advance Collegiate School of Business). **

Whatsapp