BINUS Business School

Gandeng BINUS Business School, UNICEF Sebarkan Inisiatif WASH4WORK di Indonesia

Bisnis tidak hanya tentang peningkatan profit. Setiap praktiknya harus dilakukan secara bertanggung jawab, termasuk untuk kesehatan di tempat kerja. Pengetahuan terkait hal ini sudah seharusnya diajarkan sejak di bangku kuliah. Tujuannya agar para calon pelaku bisnis bisa mengambil langkah lebih baik dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kerja.

Memahami hal tersebut, UNICEF bersama BINUS Business School mengadakan seminar dan konsultasi terkait akses WASH di lingkungan kerja. Acara ini dilakukan secara online pada 17 Mei 2023 lalu.

Pentingnya Akses WASH di Lingkungan Kerja

Apa pun bidang bisnis yang dijalankan, akses terhadap air, sanitasi, dan kebersihan adalah wajib hukumnya. Ketiga hal ini disebut juga dengan water, sanitation, and hygiene (WASH). Tanpa adanya akses WASH yang baik, suatu lingkungan kerja lebih rentan akan penyebaran infeksi penyakit menular, yang tentu saja sangat berbahaya bagi karyawan.

Kebutuhan akan akses WASH bisa dipenuhi dengan berbagai cara, salah satunya menyediakan sarana cuci tangan yang dilengkapi air mengalir dan sabun di beberapa titik. Tidak kalah penting, tempat kerja juga wajib menyediakan air minum yang bersih dan memenuhi standar.

Kewajiban untuk menyediakan akses WASH bahkan sudah menjadi bagian dari Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 5 Tahun 2018 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Dalam peraturan tersebut, tertulis kebijakan bagi kantor atau perusahaan untuk menyediakan fasilitas sanitasi dan air bersih. 

Perjalanan Panjang untuk Merealisasikannya

Sayangnya, penyediaan akses WASH masih relatif rendah. Akses yang tidak memadai terhadap WASH menjadi penyumbang 10% penyakit global; berkontribusi terhadap 1,6 juta kematian yang seharusnya bisa dicegah, termasuk 60% di antaranya adalah kematian akibat diare. 

Melihat buruknya dampak akses WASH yang tidak memadai, pada 2015 lalu pemerintah dari berbagai negara dunia pun berkomitmen untuk mencapai Sustainable Development Goal (SDG-6) serta akses universal terhadap WASH pada 2030 nanti.

Di samping itu, hasil survei dari UNICEF dan K3 juga semakin menguatkan urgensi peningkatan penyediaan akses WASH yang memadai. Pada acara seminar bersama BINUS Business School, temuan hasil survei ini cukup dibahas secara mendalam. UNICEF dan K3 mengadakan survei terhadap 243 perusahaan di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, serta NTB dan NTT.

Hasilnya, hampir 100% sudah memberikan akses ais air, tapi hanya ⅓ dari mereka yang sudah melakukan uji kualitas air minum, dan hanya 50% dari mereka yang telah menyediakan akses kepada disabilitas. Tak hanya itu, dari 65% perusahaan yang mempunyai kebijakan internal, hanya 35% di antaranya yang mensyaratkan rantai supply untuk memenuhi standar akses WASH.

Inisiatif WASH4WORK untuk Tingkatkan Akses WASH

Demi meningkatkan akses WASH di tempat kerja, supply chain, hingga lingkungan komunitas tempat tinggal karyawan, inisiatif WASH4WORK pun didirikan pada 2016 untuk diterapkan secara global. Di Indonesia, penerapan WASH4WORK dijalankan melalui kolaborasi antara UNICEF, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Di bawah arahan Bappenas dengan mengikuti Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 5 Tahun 2018 tentang K3, serta Peraturan Menteri Kesehatan No. 70 Tahun 2016 tentang Standar dan Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Industri, telah dibuat catatan panduan teknis untuk mendukung perwujudan inisiatif akses WASH.

BINUS Business School sebagai Katalis Inisiatif WASH4WORK

Ketidaktahuan menjadi salah satu alasan utama di balik kurangnya penyediaan akses WASH yang di lingkungan kerja. Memahami kondisi ini, UNICEF menyadari bahwa pemberian edukasi merupakan langkah awal yang penting untuk terciptanya akses WASH yang memadai. Melalui edukasi, dapat ditekankan betapa pentingnya akses WASH sebagai pilar penting dalam dunia usaha, baik untuk pemenuhan hak asasi karyawan maupun etika bisnis.

Agar edukasi tersebut bisa diketahui lebih banyak pelaku bisnis, UNICEF menggandeng institusi akademik BINUS Business School untuk mengadakan seminar dan konsultasi pada Mei 2023 lalu. Tidak hanya mendorong informasi terkait pentingnya akses WASH di dunia kerja, acara ini juga diharapkan dapat memberi bekal awal kepada mahasiswa BINUS Business School yang nantinya akan menjadi pelaku bisnis maupun regulator setelah lulus.

Akses WASH yang memadai menjadi kunci penting terciptanya lingkungan kerja yang sehat dan aman. Langkah awal untuk mewujudkannya adalah dengan memberikan edukasi dan menyebarkan informasi melalui inisiatif WASH4WORK. 

UNICEF melakukan hal tersebut dengan melibatkan dunia akademisi melalui penyelenggaraan acara seminar bersama BINUS Business School. Kolaborasi ini memastikan agar informasi dan aturan-aturan terkait penyediaan akses WASH bisa lebih tersebar dan dipahami oleh para pelaku bisnis.

 

Whatsapp