BINUS Business School

MM Executive BINUS Business School: Program Pascasarjana yang Didesain Khusus untuk Cetak Business Leaders Masa Depan

RPL atau Rekognisi Pembelajaran Lampau (Recognition of Prior Learning) adalah program penyetaraan akademik yang memungkinkan Anda untuk melanjutkan studi berbekal pengalaman kerja; atau pelatihan bersertifikasi dari lembaga pendidikan informal atau nonformal.

Kini, program tersebut hadir di BINUS Business School melalui RPL Track MM Executive. Program baru ini memungkinkan Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja, atau sudah pernah mengikuti program pelatihan tertentu, untuk mengikuti perkuliahan dengan waktu studi yang lebih singkat. Bagaimana cara kerjanya? Mari simak pembahasannya berikut ini!

RPL Track MM Executive BINUS Business School

Sebelumnya, BINUS telah menerapkan sistem RPL ini untuk program BINUS Online Learning. Kini, program tersebut ditawarkan bagi calon mahasiswa Pascasarjana, tepatnya untuk program studi S2 Business Management di kampus BINUS @Senayan, Jakarta. Melalui program ini, mahasiswa bisa melanjutkan studi ke jenjang Pascasarjana dengan durasi yang lebih singkat, sehingga efisien dalam aspek biaya.

Kenapa harus RPL Track MM Executive BINUS Business School?

Meski terhitung baru, program RPL Track MM Executive dari BINUS Business School menawarkan beberapa keunggulan, di antaranya:

  1. Sistem perkuliahan yang didesain untuk top executive

BINUS Business School selalu berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang tidak hanya edukatif, namun juga aplikatif. Itu artinya, materi perkuliahan yang disampaikan dosen nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Dosen dan tenaga pendidik akan menyajikan contoh real case, baik dalam skala lokal maupun global, sehingga mahasiswa nantinya bisa menyelesaikan permasalahan serupa di dunia nyata.

Program ini pun telah didesain secara holistik untuk mencetak “pemimpin bisnis masa depan yang inovatif dengan kemampuan menyusun strategi manajemen dan mengelola bisnis secara global”. Tidak sekadar memberikan pengetahuan mengenai cara mengembangkan soft skills penting, seperti speed-reading, strategic thinking, dan top executive presentation, program ini juga dirancang untuk dapat meningkatkan perspektif seputar isu-isu bisnis global dan kontemporer (melalui forum seperti CEO Speaks, ASEAN Learn Sharing, dan berbagi pengetahuan dengan alumni BINUS Business School terkemuka).

  1. Terakreditasi nasional dan diakui dunia internasional

Program Manajemen BINUS Business School telah mengantongi akreditasi A “Unggul” dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Bukan hanya itu, BINUS Business School juga merupakan universitas swasta pertama di Indonesia yang berhasil memperoleh akreditasi AACSB (Association to Advance Collegiate Schools of Business). Akreditasi internasional tersebut sejauh ini hanya diberikan kepada 5% sekolah bisnis terbaik dunia.

Program MM Executive BINUS Business School pun telah terafiliasi dengan sekolah bisnis top dunia, Harvard Business School, yang menawarkan special course “Microeconomics of Competitiveness” dari akademisi dan pakar strategi bisnis Amerika Serikat, Dr. Michael Porter.

  1. Didukung oleh fasilitas pembelajaran terkini

Untuk mendukung kegiatan perkuliahan, tersedia fasilitas pembelajaran berupa BINUS Business Innovation Lab dan BINUS Marketing Lab. Keduanya hadir untuk membantu mahasiswa melahirkan gagasan dan rencana bisnis masa depan yang disruptif. Program ini pun telah mengadopsi metode Design Thinking dari Stanford University sejak tahun 2010. Menawarkan fleksibilitas, perkuliahan MM Executive diselenggarakan secara hybrid.

  1. Mendukung capaian karier mahasiswa

RPL Track MM Executive merupakan satu-satunya sekolah bisnis yang menambahkan keunggulan kompetitif mahasiswa dan perusahaan yang mereka kelola. Program ini membuka peluang kerja sama dengan perusahaan mahasiswa melalui program internship sarjana BINUS Business School. Tidak hanya itu, program ini pun secara aktif mendorong terjalinnya networking bisnis mahasiswa melalui sesi sharing bersama alumni.

Kurikulum yang ditawarkan

Program terbaru dari BINUS Business School ini menawarkan kurikulum pendidikan 3 semester, dimana pengalaman calon mahasiswa “ditransfer” menjadi satuan kredit yang diakui oleh perguruan tinggi. Mahasiswa akan mengikuti matrikulasi, kemudian melanjutkan dua semester berikutnya yang terdiri dari 10 courses. Secara keseluruhan, kurikulum RPL Track MM Executive ini terdiri dari 29 SKS, lebih singkat dari program reguler yang terdiri dari 41 SKS.

Apa saja syarat yang harus disiapkan?

Untuk mendaftar program RPL Track MM Executive, calon mahasiswa diharuskan sudah lulus dari program S1 (Sarjana) dan memiliki pengalaman kerja setidaknya lima tahun pada level manajerial.

Untuk keperluan asesmen, mahasiswa wajib menyertakan berkas berupa CV atau resume, laporan KPI dari tahun sebelumnya, laporan menggunakan management tools seperti PESTEL atau SWOT, serta contoh rencana kerja.

Bagaimana, tertarik untuk melanjutkan studi dengan program RPL Track MM Executive? Dengan sistem RPL, Anda bisa lulus lebih cepat dan lebih siap menghadapi berbagai tantangan dunia bisnis saat ini. Pendaftaran RPL Track MM Executive dibuka tiap bulan Maret, Juni, September, dan November. Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi tim pemasaran kami.

Whatsapp