BINUS Business School

Persiapkan Pegawai Hadapi Digital Banking, Bank SulutGo Jalin Kerja Sama dengan BINUS BUSINESS SCHOOL

Dalam Roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia 2020-2025, salah satu pilar utamanya adalah akselerasi transformasi digital banking. Pilar ini bahkan kembali dibahas dalam Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan yang diluncurkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) pada tahun 2021 lalu. Tidak sekadar bertransformasi menjadi layanan digital, kinerja perbankan juga diharapkan dapat mempertahankan aspek prudensial.

Salah satu langkah penting yang harus segera diambil adalah dengan mencetak talenta yang dipersiapkan sebagai agents of change dalam industri perbankan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Bank SulutGo (BSG) menjalin hubungan kerja sama dengan BINUS BUSINESS SCHOOL.

Melalui kerja sama tersebut, Bank SulutGo mengharapkan pengembangan kompetensi para pegawai, terutama dalam hal manajemen dan pengembangan digital banking. Dengan begitu, perusahaan tidak sekadar bertransformasi menjadi bank digital, tapi juga mampu menghadirkan inovasi layanan yang memudahkan para nasabah dalam bertransaksi.

Untuk meresmikan program kerja sama ini, BSG melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) bersama BINUS BUSINESS SCHOOL pada 11 Mei 2022. Dari pihak BSG, penandatanganan dilakukan oleh Direktur Umum, Joubert R. Dondokambey, yang didampingi Audy Thuda, Pemimpin Departemen Pendidikan dan Pelatihan BSG.

Sementara itu, penandatanganan MoU dari pihak BINUS BUSINESS SCHOOL diwakili oleh Dezie L. Warganegara, Ph.D selaku Direktur BINUS BUSINESS SCHOOL, didampingi oleh Tengku Mohd. Khairal Abdullah, BBA., MBA., Ph.D., Head of Program MM Blended Learning BINUS BUSINESS SCHOOL. Penandatanganan dilakukan di BINUS UNIVERSITY kampus Senayan.

Kerja sama dilakukan melalui program Magister Manajemen (MM) Blended Learning BINUS BUSINESS SCHOOL. Dipilihnya program tersebut bukannya tanpa sebab. Sejauh ini, program MM Blended Learning BINUS BUSINESS SCHOOL telah berhasil mengakomodasi kebutuhan pengembangan pendidikan dengan sistem hybrid dan pemanfaatan teknologi terkini. Hal ini sejalan dengan tujuan Bank SulutGo untuk mengembangkan kompetensi pegawai dalam menghadapi transformasi perbankan digital.

“Ke depannya, harapan kita, kerja sama ini terus bisa ditingkatkan, mungkin dengan program-program lain, pelatihan-pelatihan lain, dan memang menjadi tujuan utama dari program MM Blended Learning ini untuk mengakomodasi kebutuhan pengembangan pendidikan dari segenap penjuru Nusantara,” jelas Tengku Mohd. Khairal Abdullah, BBA., MBA., Ph.D.

Dondokambey, Direktur Umum PT Bank SulutGo, menjelaskan bahwa tantangan yang dihadapi oleh BSG di era perbankan digital semakin besar. Mau tak mau, perusahaan harus melakukan percepatan peningkatan pegawai agar kinerja bank bisa terus meningkat. Ia mengharapkan kerja sama dengan BINUS BUSINESS SCHOOL dapat melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan punya wawasan luas, terutama di bidang digital, untuk mengembangkan Bank SulutGo ke depan.

“Secara umum, (kerja sama ini) juga untuk pemerintah dan daerah kita di Sulawesi Utara. Kami berharap kerjasama ini akan berjalan dengan baik dan tentu juga tidak akan menutup kemungkinan untuk melakukan kerja sama lain di bidang displin ilmu yang lain dengan BINUS UNIVERSITY,” tambahnya.

Kerja sama BSG dengan BINUS BUSINESS SCHOOL diwujudkan dalam sebuah pelatihan bertajuk Officer Development Program – Digital Talent Scholarship atau ODP-DTS. Program pelatihan ini menjadi salah satu andalan dari Departemen Pendidikan dan Pelatihan, Divisi Human Capital BSG. Pelatihan ini secara resmi dibuka pada 20 Mei 2022. Kuliah perdana dilakukan secara offline (tatap muka) di Gedung Diklat BSG Excellence Center pada 21 Mei 2022.

Bank SulutGo terus berkomitmen untuk menghadirkan layanan terbaik bagi para nasabah. Menjalin hubungan kerja sama dan mengadakan program pelatihan untuk para pegawai merupakan salah bentuk komitmen tersebut. Pengembangan kompetensi pegawai melalui pendidikan dan pelatihan akan selalu menjadi prioritas utama dalam memajukan Bank SulutGo, bank kebanggaan Sulawesi Utara dan Gorontalo.


 

Whatsapp