BINUS Business School

BINUS Business School Angkat Tema Transformasi Digital pada Gelaran International Lecture Week 2021

JAKARTA, 4 November 2021 – BINUS Business School kembali menyelenggarakan International Lecture Week 2021 dengan mengangkat tema “Digital Transformation towards Business Resilience and Sustainability”. Acara ini diadakan secara online selama lima hari pada tanggal 1-5 November 2021 melalui platform GreatNusa.

Di samping menjadi sesi sharing informasi di kalangan akademia global, gelaran International Lecture Week ketiga ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan ilmiah BINUS Business School dengan universitas mitra. Hal ini merupakan salah satu wujud komitmen BINUS Business School sebagai universitas bertaraf internasional dengan akreditasi AACSB (The Association to Advance Collegiate Schools of Business) untuk terus memperkuat posisi di kancah global. Kegiatan International Lecture Week terdiri dari 37 sesi yang melibatkan 20 profesor dari 13 negara di dunia.

Transformasi Digital pada Dunia Bisnis Menjadi Fokus Bahasan Utama

Pemilihan tema “Digital Transformation towards Business Resilience and Sustainability” untuk International Lecture Week 2021 sejalan dengan visi BINUS University 2035, yakni “Fostering and Empowering the Society in Serving and Building the Nation”. Upaya perwujudan visi ini terbagi ke dalam satu periode transisi dan tiga fase utama.

Pada periode transisi yang berlangsung sepanjang 2019-2021, BINUS University fokus pada pembangunan ekosistem dan transformasi digital (digital transformation & ecosystem building). Periode ini mengutamakan pembangunan ekosistem untuk mendukung data, penelitian, peningkatan akademis, dan transformasi digital dalam menjawab kebutuhan masyarakat.

International Lecture Week Menyorot Tantangan Bisnis Akibat Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 membawa perubahan signifikan terhadap periode transisi tersebut. Demi mempertahankan bisnis, banyak perusahaan mengubah model bisnis sesuai situasi terkini. Di Indonesia, khususnya, pandemi COVID-19 menimbulkan krisis tersendiri yang berdampak pada lebih dari 60 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Banyak dari mereka mengalami penurunan bisnis hingga 30-90% karena tidak bisa melakukan transaksi tatap muka. Sebaliknya, hanya ada kurang dari 15% UMKM yang telah menerapkan digitalisasi pada bisnis mereka.

BINUS Business School mengadakan International Lecture Week untuk menyorot tantangan yang dihadapi para pebisnis dan persiapan mereka dalam melakukan pemulihan. Teknologi informasi dapat menjadi salah satu kunci penting dalam proses pemulihan tersebut. Ekonomi digital akan menjadi bagian penting dalam mencapai ketahanan bisnis yang lebih baik.

Hal tersebut akan memperlihatkan pentingnya transformasi digital dan kewirausahaan yang menyatu dalam tema International Lecture Week 2021. Informasi yang disampaikan selama gelaran ini dapat memberi insight baru bagi banyak pihak, termasuk mahasiswa, dosen BINUS Business School, dan pemangku kepentingan lainnya.

Sampaikan Beragam Topik Materi dalam Empat Program

Dalam payung besar “Digital Transformation towards Business Resilience and Sustainability”, International Business Week 2021 menyuguhkan beragam topik relevan seputar strategy & competitiveness, marketing & analytics, people management, operation management & decision science, digital business, dan entrepreneurship.

Seluruh materi tersebut disampaikan melalui empat sesi utama, yakni Public Session, Guest Lecture, Research Forum, dan PHD Colloquium. Berbagai sesi materi di International Lecture Week ini dapat diikuti oleh masyarakat umum, dosen, alumni dan mahasiswa S1, S2, dan S3 BINUS. Mahasiswa bisa memilih sesi untuk diikuti berdasarkan materi yang ditujukan secara spesifik.

Menghadirkan Pembicara Internasional dari Berbagai Negara

Mendukung kesuksesan International Lecture Week 2021, BINUS Business School menghadirkan banyak akademisi internasional dari berbagai universitas ternama dunia. Para akademisi ini hadir sebagai pembicara yang akan mengisi berbagai sesi materi di International Lecture Week. Berikut daftar akademisi yang hadir menjadi pemateri di International Lecture Week 2021:

  1. Aljosa Valentincic – Ljubljana University, Slovenia
  2. Azizah Omar – Universiti Sains, Malaysia
  3. Cesar Alves Ferragi – Universidade Federal de Sao Carlos, Brazil
  4. Denis Leclerc, Ph.D. – Thunderbird School of Management, Arizona State University
  5. Fandy Tjiptono – Victoria University of Wellington, New Zealand
  6. Dr. M. Fatima de la Fuente del Moral – Toulouse Business School, Prancis
  7. Iman van Lelyfeld, Ph.D. – Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda
  8. Jon Mjolhus – University of South Eastern Norway
  9. Joshua Ault, Ph.D. – Thunderbird School of Management, Arizona State University
  10. Julio Viana – SCRC Leipzig, Jerman
  11. Mahmood Momin, Ph.D. – Auckland University of Technology, New Zealand
  12. Associate Prof. Mark Loo – Concordia University of Edmonton, Kanada
  13. Mehran Najmaei, Ph.D. – CBS International Business School, Jerman
  14. Mohamad-Noor Sharipudin – University Utara Malaysia (UUM)
  15. Associate Prof. Nathalia Tjandra – Edinburgh Napier University, UK
  16. Olaf Reinhold – University of Leipzig, Jerman
  17. Renata Osowska – Edinburgh Napier University, UK
  18. Salut Muhidin – Macquarie University, Australia
  19. Sarah Wambui Kimani – Catholic University of Eastern Africa
  20. Tim Van Tilt – UC Leuven-Limburg, Belgium

“Mengusung tema besar transformasi digital dalam dunia bisnis, BINUS Business School melalui International Lecture Week 2021 berbagi wawasan baru dari para ahli di bidangnya. BINUS Business School berharap International Lecture Week 2021 dapat membantu para akademisi dalam menghadapi periode transisi transformasi digital menuju visi BINUS University 2035,” ujar Dr. Marko Hermawan, CA, CPMA, ACPA selaku Ketua Umum BINUS Business School International Lecture Week 2021. **

Tentang BINUS BUSINESS SCHOOL

BINUS Business School sebagai salah satu fakultas unggulan di BINUS University yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di antara fakultas lainnya, untuk jenjang S1, S2 dan S3, yang tersebar di kota Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung dan Malang. BINUS Business School telah memperoleh akreditasi internasional AACSB (The Association to Advance Collegiate Schools of Business) pada tahun 2019 dan menjadi satu-satunya universitas swasta di Indonesia yang meraih pengakuan bergengsi ini. Selain itu, pada tahun 2021 program Magister Manajemen BINUS Business School masuk dalam jajaran Top 250 QS Global MBA Rankings 2022 di peringkat #201-250.

Untuk informasi selanjutnya, silahkan menghubungi:

Erin Cita Rahayu
Senior Brand Officer
Graduate Program – BINUS Higher Education

E-mail: ecrahayu@binus.edu
Phone: 021 – 5345830 Ext. 2183
Website: www.bbs.binus.ac.id
Instagram: @binusbusinessschool

Whatsapp