Jakarta, 21 Juli 2024 – Minggu pertama program Market Entry Strategy (MES) 2024 telah selesai dilaksanakan di BINUS @ Alam Sutera dengan sukses, mengumpulkan para peserta dari berbagai negara untuk memahami dinamika bisnis di Indonesia. Program ini berlangsung selama dua minggu, dengan minggu pertama diadakan di BINUS @ Alam Sutera dan minggu kedua akan berlangsung di Universitas Surabaya. Kolaborasi antara Universitas Surabaya (Ubaya) dan Program International Business Management BINUS University ini bertujuan membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses memasuki pasar Indonesia.

Hari Pertama – 15 Juli 2024

Program dimulai dengan kata sambutan oleh Dr. Marko S. Hermawan, CA, CPMA, ACPA, CertDA, yang menyambut para peserta di kampus BINUS @ Alam Sutera. Setelah tur kampus, peserta mengikuti sesi pertama “Doing Business in Indonesia: Economic, Political and Cultural Considerations” yang disampaikan oleh Benyamin Suwitorahardjo, SE., MBA, CIA, CACP, BKP. Sesi ini memberikan gambaran umum tentang kondisi ekonomi, politik, dan budaya di Indonesia. Kemudian, Dr. Marko S. Hermawan, CA, CPMA, ACPA, CertDA melanjutkan dengan sesi kedua “Internationalization of Business: A Global Perspective”, yang membahas perspektif global dalam bisnis internasional. Hari pertama ditutup dengan kegiatan pertukaran budaya dan pengenalan proyek kelompok.

Hari Kedua – 16 Juli 2024

Pada hari kedua, peserta belajar tentang berbagai mode ekspor/impor dalam sesi “Export/Import Modes” yang dibawakan oleh Dr. Rianto Nurcahyo, S.E. M.M. Setelah istirahat makan siang, sesi dilanjutkan dengan “Intermediary Entry Modes” yang disampaikan oleh Dr. Ir. Minsani Mariani, MBA, dan diakhiri dengan topik “Hierarchical Modes” yang disampaikan oleh Indra Adiputra, S.Kom., M.M.

Hari Ketiga – 17 Juli 2024

Hari ketiga diisi dengan kunjungan ke “Rumah Tempe Indonesia”. Peserta mendapatkan wawasan langsung tentang industri tempe di Indonesia, termasuk proses produksi dan peluang pasar. Kunjungan ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk memahami bagaimana bisnis lokal beroperasi dan berkembang.

Hari Keempat – 18 Juli 2024

Hari keempat dimulai dengan sesi mengenai “Sourcing Decision and the Role of the Suppliers” oleh Ir. Elia Oey M.Eng, yang membahas keputusan penting terkait produk dan layanan dalam bisnis internasional. Dilanjutkan dengan sesi mengenai“Product and Service Decisions” oleh Dr. Dony Saputra, S.Kom., M.M., M.Kom, yang mengupas tuntas tentang keputusan sumber dan peran pemasok. Hari ini ditutup dengan topik “Pricing Decisions and Terms of Doing Business” oleh Dr. (Cand) Johanes Ronaldy Polla, S.Si., S.Kom., M.M., MIB, yang memberikan strategi penetapan harga yang efektif di pasar Indonesia.

Hari Kelima – 19 Juli 2024

Topik distribusi dan komunikasi menjadi pokok bahasan pada hari kelima. Topik “Distribution Decisions” yang dibawakan oleh Dr. Scherly Hansopaheluwakan, S.E., M.I.B. memberikan wawasan tentang cara distribusi yang efektif. Sementara itu, Lea Simek, B.A., M.A. membawakan topik “Communication Decisions and Cross-Cultural Business Etiquettes” yang menyoroti pentingnya komunikasi dan etiket bisnis lintas budaya di Indonesia.

Hari Keenam – 20 Juli 2024

Program minggu pertama diakhiri dengan kunjungan ke “VegforU”, di mana peserta diajak untuk melihat langsung proses pertanian dan distribusi produk sayuran organik. Kunjungan ini memberikan pengalaman praktis tentang strategi pemasaran dan distribusi produk pertanian di Indonesia.

Program MES 2024 ini bertujuan untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses memasuki pasar Indonesia. Setelah minggu pertama yang intensif di Jakarta, para peserta akan melanjutkan perjalanan mereka ke Universitas Surabaya untuk minggu kedua program, di mana mereka akan mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh dan berpartisipasi dalam proyek kelompok serta kegiatan lapangan.