Bagian 5 dari buku ini membahas dengan mendalam tentang Perilaku Konsumen Pengguna Jasa, mengaitkannya dengan kegiatan bisnis dan memberikan perspektif yang mendalam terkait dengan pengaruhnya terhadap strategi pemasaran. 

Dr. Rianto Nurcahyo membuka bagian ini dengan merinci pentingnya memahami perilaku konsumen sebagai faktor penentu dalam mencari, memilih, dan menentukan barang atau jasa yang diinginkan. Penekanannya pada respon emosional, mental, dan faktor dasar yang mendorong perilaku konsumtif menyoroti kerumitan dari dinamika ini. 

Selain membahas karakteristik dan prinsip-prinsip konsumen dalam pembelian, bab ini menggali studi perilaku konsumen dari berbagai sisi, termasuk psikologis, sosial, dan budaya. Dengan demikian, pembaca diberikan gambaran komprehensif tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. 

Pentingnya memahami ruang lingkup konsumen juga ditekankan, dengan fokus pada aspek-aspek yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian yang sering dilakukan oleh masyarakat. Penjelasan tentang faktor-faktor yang memotivasi konsumen untuk memilih suatu produk atau jasa memberikan wawasan berharga bagi pembaca yang tertarik dalam merancang strategi pemasaran yang efektif. 

Bagian akhir, yang membahas Strategi Pemasaran Jasa terhadap Perilaku Konsumen, memberikan penghubung yang kuat dengan kondisi industri jasa saat ini. Dengan memandang pertumbuhan bisnis jasa dari perspektif globalisasi, pembaca diberikan pemahaman yang lebih baik tentang intensitas pemasaran lintas negara dan pentingnya aliansi dalam industri ini. 

Keseluruhan, Bagian 5 ini memberikan fondasi yang kokoh bagi pembaca untuk memahami kompleksitas perilaku konsumen dan merancang strategi pemasaran jasa yang relevan dalam era Industri 4.0 dan Society 5.0.