Dalam Chapter 19 dari buku berjudul “Manajemen Sumber Daya Manusia” yang diterbitkan oleh PT. Sonpedia Publishing Indonesia, menawarkan wawasan mendalam tentang tantangan masa depan dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Di era pasca-pandemi yang penuh dengan perubahan, fungsi SDM memegang peranan krusial dalam kesuksesan sebuah organisasi.

Pertama-tama, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sedang menjadi tren yang berkembang pesat. Pak Damar menekankan pentingnya untuk manajemen SDM beradaptasi dengan teknologi ini untuk meminimalkan risiko.

Kedua, dia membahas perubahan demografis di tempat kerja. Dengan banyaknya generasi baby boomer yang akan pensiun, generasi baru seperti Generasi Z akan mengambil alih. Memahami dinamika ini adalah kunci untuk manajemen sumber daya manusia yang efektif.

Ketiga, Pak Damar menjelaskan bagaimana pandemi COVID-19 telah mempercepat adopsi tren bekerja dari rumah, jam kerja fleksibel, dan kerja dari lokasi mana saja. Manajemen SDM perlu memahami dan menavigasi tren ini dengan baik.

Keempat, dia membahas tentang kesenjangan keahlian dan pentingnya manajemen bakat. Dalam dunia yang terus berubah, memahami dan mengatasi kesenjangan ini adalah esensial.

Kelima, dia menyentuh tentang kesejahteraan dan kesehatan mental karyawan. Kedua faktor ini kini menjadi fokus utama bagi karyawan dan mempengaruhi kesuksesan organisasi.

Keenam, dia mengangkat pentingnya memanfaatkan data dalam pengambilan keputusan SDM. Di era big data, kemampuan untuk menganalisis data adalah keterampilan yang sangat berharga.

Secara keseluruhan, chapter ini memberikan pandangan yang sangat berharga tentang tantangan yang dihadapi oleh praktisi manajemen SDM di masa depan. Pak Damar Aji Irawan berhasil menyajikan berbagai tantangan dan isu yang relevan, yang akan dibahas lebih detail dalam sub-bagian selanjutnya dari chapter ini, menjadikannya bacaan yang sangat informatif bagi siapa saja yang terlibat dalam bidang ini.

Semoga ulasan ini memberikan gambaran yang baik tentang kandungan dan kegunaan dari chapter yang ditulis oleh Pak Damar Aji Irawan. Apabila ada yang tertarik dengan buku ini silakan klik di link dibawah ini: https://buku.sonpedia.com/2023/06/manajemen-sumber-daya-manusia_15.html