Jakarta – Pemulihan ekonomi nasional yang didukung oleh konsumsi Pemerintah telah membawa perubahan signifikan, khususnya bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sebagai salah satu sektor yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia, UMKM memiliki potensi besar dalam menyerap tenaga kerja serta menghimpun investasi. Namun, tantangan global yang semakin kompleks membuat UMKM harus lebih adaptif dan inovatif.

Dalam buku terbarunya yang berjudul “STRATEGI PENGEMBANGAN & PEMASARAN UMKM (Teori & Studi Kasus)”, Dr. Rianto Nurcahyo mengungkapkan pentingnya UMKM untuk menerapkan strategi yang tepat dalam menghadapi pasar bebas, khususnya sejak diberlakukannya ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA). Kesepakatan ini menghadirkan peluang, namun juga tantangan bagi UMKM, terutama dengan kehadiran produk-produk dari China yang memiliki daya saing tinggi.

Menurut Dr. Rianto, peran teknologi digital menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan daya saing UMKM di kancah internasional. Pemanfaatan teknologi ini sejalan dengan tren akselerasi digital yang tengah marak di kalangan UMKM, meskipun pemanfaatan e-commerce oleh UMKM masih terbatas.

Beberapa strategi yang ditekankan oleh Dr. Rianto meliputi pentingnya UMKM memiliki website yang representatif, aktif mengikuti pameran perdagangan baik di level nasional maupun internasional, memaksimalkan digital marketing, serta menjaga hubungan baik dengan pembeli. Yang tak kalah penting, Dr. Rianto menekankan bahwa kesabaran menjadi kunci dalam menembus pasar ekspor, terutama mengingat persaingan harga yang ketat di pasar internasional.

Dalam survei yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan, ditemukan bahwa 50% dari industri skala kecil dan menengah belum mengetahui tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Hal ini menunjukkan betapa pentingnya edukasi serta pemahaman strategi dalam memperkuat branding dan penetrasi pasar bagi UMKM di luar negeri.

Dr. Rianto juga menyoroti pentingnya dukungan infrastruktur, kualitas sumber daya manusia, serta pembiayaan dari lembaga keuangan dan perbankan untuk memastikan UMKM Indonesia dapat bersaing di level global.

Dengan buku ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat mengeksplorasi potensi mereka lebih jauh dan mampu menembus pasar internasional dengan lebih efektif dan efisien. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, sebagai penerbit buku ini, optimis bahwa kontribusi Dr. Rianto akan memberikan pencerahan bagi perkembangan UMKM di tanah air.

Informasi pembelian buku ini dapat dilihat di link dibawah ini:

Website: https://buku.sonpedia.com/2023/05/strategi-pengembangan-pemasaran-umkm.html