(Aku dan rekan satu divisi di hari terakhir magangku)

Selama masa enrichment yang di wajibkan oleh BINUS, aku berkesempatan untuk dapat menjalani magang selama satu tahun di PT Telkom Indonesia. Lebih tepatnya di divisi Fintech and Integration Platform untuk menjadi Business Partnership Intern. Selama aku melakukan magang, ada banyak hal-hal baru yang aku dapatkan dan bisa aku pelajari.

Dari pengalaman magang selama satu tahun ini aku belajar tentang bagaimana bekerja sama dengan tim yang baik. Lalu, bagaimana cara menjalin kerja sama dengan pihak eksternal sekaligus juga mempelajari hal-hal apa saja yang dibutuhkan bila hendak dilaksanakan atau dibangun suatu kerja sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Hal-hal tersebut sangat banyak aku pelajari apalagi berhubung fokus kerjaku memang condong pada hal-hal tersebut. Selain itu aku juga banyak di bimbing oleh kakak mentor yang baik tentang membuat perjanjian kerja sama (PKS) ataupun membuat surat nota dinas yang nantinya saat aku kerja mungkin juga akan sangat banyak dibutuhkan kemampuan pemahamannya.

Kala program magang ini pertama berjalan, kasus Covid-19 masih tergolong cukup tinggi sehingga sejak awal program yang berjalan memang diputuskan dalam jaringan. Tapi, walaupun selama satu tahun ini hampir seluruh kegiatannya dilaksanakan di dalam jaringan, sehingga segala rapat ataupun diskusi seperti tugas yang kudapat pun juga kuterima dan kukirim kembali secara dalam jaringan, di hari terakhir aku melakukan magang kami memiliki acara perpisahan sederhana dan senang sekali rasanya bisa kumpul bersama rekan-rekan senior serta supervisor dari satu divisi yang sama.

Untukku, seluruh rangkaian kegiatan magang ini tentunya sangat seru. Banyak pengalaman yang bisa aku dapatkan dan aku jadikan pelajaran untuk menjadi diri yang lebih baik dalam sosial, maupun dalam pembentukan karakter diri sendiri. Selain itu mungkin saja nantinya hasil dari magang ini juga bisa aku terapkan saat aku bekerja ataupun untuk kedepannya. Karena tidak ada yang tahu kan, bisa saja aku akan kembali bekerja di bidang yang sama. Tapi, untuk saat ini, aku bersyukur untuk satu tahun pengalaman ini.

 

Sumber : Marsya Andini Laena, International Business Management, BINUS University