(Keluarga Besar Alfaland Group)

Sepuluh Bulan Internship di Alfaland Group (PT. Perkasa Internusa Mandiri)

Selama masa enrichment yang memang dihadirkan oleh BINUS agar mahasiswa berkegiatan di luar kampus (karena sudah tidak ada kelas pembelajaran) aku berkesempatan untuk menjalani masa magang selama sepuluh bulan di Alfaland Group. Banyak tertimoni yang bisa kubagi di sini. Banyak rasa yang terasa acak di dalam benak. Ada rasa dan upaya perjuangan, rasa senang yang bikin senyum, rasa haru yang terasa sangat menyentuh hati, atau terkadang sebagai anak magang yang memang seringnya tidak punya bagian kerja pasti, aku jadi kekurangan kegiatan.

Namun, dari sini aku jadi mempelajari sulitnya kerja dan bagaimana suasana yang dibangun di dalam lingkungan kerja perkantoran. Sesuatu yang baru untuk aku karena ini memang pengalaman pertamaku bekerja di kantoran setelah sebelumnya membangun small business. Dari program ini, aku menyadari bahwa soft skills dan hard skillsku terlatih. Di kampus lain, belum tentu semua kampus mewajibkan adanya tugas untuk belajar di luar seperti ini dan tentunya karena hal ini BINUS seperti menambah point plus untuk diriku agar lebih banyak pengalaman karena sebelumnya, aku juga bukan orang yang terbiasa untuk terlibat di dalam organisasi.

(Momen kebersamaan selama di Alfaland)

Lalu, bagian menyenangkan lainnya adalah semua karyawan yang ada di Alfaland Group baik banget! Sama sekali gak ada istilah senioritas dan kerennya lagi aku juga diizinkan untuk belajar lintas divisi. Jadi, aku yang sebetulnya berfokus di Human Capital Division, jadi bisa belajar di bagian General Affair, atau bahkan saat melakukan Performance Appraisal.

Dari semua pengalaman ini, bikin aku semakin penasaran akan seperti apa kehidupan kerja sebenar-benarnya yang nanti akan aku jalani itu seperti apa. Apakah akan berbeda jauh dengan pengalaman magang yang sudah aku alami ini? Atau justru terasa sangat mirip sampai mungkin bisa membuat aku merasa familiar?

Sumber : Astrid Gita Prameswari, International Business Management Student, BINUS University