Ditulis ulang oleh: Dony Saputra, MM, MKom

Decision Band Method Ranking
Faktor utama dalam melakukan klasifikasi pekerjaan menurut DBM adalah tingkat pengambilan keputusan suatu pekerjaan. Dimana jumlah tanggung jawab juga dijadikan acuan untuk mentukan tingkat pengambilan keputusan. Kelompok ditentukan berdasarkan kontribusi seorang pekerja atas terpenuhinya target perusahaan yang dapat dijabarkan dalam faktor kemampuan, tanggung jawab, usaha, kondisi pekerjaan, dan pengetahuan.
Dibagi menjadi enam kelompok dengan sebutan “band” dengan jumlah grade atau nilai sebanyak 12. Dibagi berdasarkan jumlah faktor dan subfaktor yang dibutuhkan organisasi tersebut dengan jumlah ranking yang sesuai dengan banyaknya jumlah pekerja di organisasi tersebut yang diurutkan dari tinggi ke rendah dan dari terbaik ke terburuk.
Klasifikasi menggunakan metode ini dilakukan dengan 3 langkah setelah sebelumnya dilakukan deskripsi dan spesifikasi pekerjaan yaitu bandinggrading, dan subgrade.  Penilian suatu pekerjaan menggunakan metode ranking dilakukan dengan menganalisa pekerjaan tersebut lalu langsung diurutkan menurut nilainya dari tinggi ke rendah dan dari terbaik ke terburuk.

Refference:

Lawson, B., & Spellman, S. (2015). CA Judicial Council Classification Study Report. California.

Chaneta, I. (2014). Effect of Job Evaluation on Decisions Involving Pay Equity. Asian Social Science; Vol. 10, No. 4; 2014

Erasmus, B., Van Wyk, M. & Schenk, H. 2008. South African human resource management: theory and practice. Cape Town: Juta.