Ditulis oleh: Dony Saputra MM, MKom

Paterson Grading System seringkali disebut sebagai metode “Decision Band Method” dalam evaluasi pekerjaan. Dikembangkan oleh Profesor Emeritus T.T Paterson pada awal 1960-an, yang selanjutnya direvisi dan disempurnakan oleh perusahaan konsultan kompensasi Fox Lawson yang pada akhirnya pada tahun 1995 hak cipta dipegang oleh Fox Lawson & Associates, anak perusahaan dari Gallagher Benefit Service, Inc, dan disebut Decision Band Method (DBM). DBM adalah metode yang efektif untuk mengevaluasi nilai pekerjaan secara objektif untuk sebuah organisasi, metode pegambilan keputusan ini telah diuji dalam organisasi di seluruh dunia dan telah berhasil digunakan baik di organisasi sektor publik dan swasta (Lawson, 2015).

Profesor Paterson mengatakan bahwa “Decision-Making” mempengaruhi semua orang di suatu organisasi manapun. Profesor Paterson menyimpulkan dari penelitiannya yang ekstensif bahwa hanya ada enam “Decision Band” di dalam setiap organisasi, terlepas dari latar sosial budayanya (Chaneta, 2014).

Sedangkan menurut Erasmus dan Schenk (2014) The Paterson Decision Band Method adalah sistem evaluasi pekerjaan yang didasarkan oleh metode klasifikasi pekerjaan, dikembangkan oleh Profesor TT Paterson di Skotlandia, yang mana tujuan utamanya adalah sebagai alternatif dari Time Consuming Point Systems yang mana pada saat itu menggunakan banyak sekali faktor. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa satu faktor, yaitu “Decision-Making” terdapat di dalam semua pekerjaan dan dapat digunakan untuk mengukur tingkat pekerjaan.

Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa Decision Band Method adalah sistem evaluasi pekerjaan dengan menggunakan metode klasifikasi yang terbagi ke dalam enam band dimana faktor utama yang digunakan untuk menilai sebuah pekerjaan adalah pengambilan keputusan seorang pekerja.

Refference:

Lawson, B., & Spellman, S. (2015). CA Judicial Council Classification Study Report. California.

Chaneta, I. (2014). Effect of Job Evaluation on Decisions Involving Pay Equity. Asian Social Science; Vol. 10, No. 4; 2014

Erasmus, B., Van Wyk, M. & Schenk, H. 2008. South African human resource management: theory and practice. Cape Town: Juta.