Motivasi konsumen dalam berpatisipasi pada konsumsi kolaboratif terbagi menjadi dua yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik (Hamari, Sjoklint, & Ukkonen, 2015;Glind, 2013). Serta mengacu pada Ryan & Deci (2000) motivasi dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Motivasi intrinsik dipengaruhi oleh kenikmatan (pleasure), di mana kenikmatan tersebut dapat dipicu oleh animo untuk memenuhi keinginan maupun untuk sekedar mendapatkan kesenangan (Ryan & Deci, 2000). Sementara itu, motivasi ekstrinsik dipengaruhi oleh faktor-faktor dari luar/eksternal. Pengaruh faktor eksternal dapat berupa keinginan untuk mendapatkan rewards atau keinginan untuk menghindari punishments.

Menurut Lindenberg (2001), motivasi intrinsik terbagi lagi menjadi dua kategori yaitu enjoyment-based dan obligation-based. Enjoyment-based merupakan faktor intrinsik yang murni berasal dari dalam diri, sedangkan obligation-based dipengaruhi oleh keinginan diri untuk memenuhi tanggungjawab sosial. Berikut  beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi dalam konsumsi kolaboratif, faktor-faktor tersebut mengacu kepada penelitian-penelitian sebelumnya yang telah dilakukan.