By: Selly Novela

Di era globalisasi ini, inovasi mengenai produk makanan berkembang pesat. Dimana banyak jenis makanan baru yang beredar di masyarakat. Salah satu yang paling diminati untuk dikonsumsi adalah snack.  Snack adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama (makan pagi, makan siang atau makan malam). Makanan yang dianggap makanan ringan merupakan makanan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya . Salah satu snack yang paling popular di pasaran saat ini adalah snack rumput laut “Tao Kae Noi”. Tao Kae Noi Company merupakan salah satu perusahaan  asal Thailand yang bergerak dalam bidang food- industry . Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2012 oleh Aitthipat Kulapongvanich yang akrab di panggil Top . Top memulai usahanya sejak ia berusia 16 tahun dan akhirnya menjadi pengusaha muda terkaya di Thailand pada usianya yang baru 26 tahun.

Tae Kae Noi Company merupakan salah satu perusahaan lokal di Thailand yang sukses menembus pasar global. Dimulai dari perjuangan sang founder yang dengan susah payah membangun bisnis kecil-kecilan dari proses produksi yang bersifat tradisional hingga memiliki pabrik yang menghasilkan produksi berskala besar. Produk Tae Kae Noi berkembang hingga ke kancah International. Sang founder menyusun strategi untuk memasarkan produknya secara luas dengan langkah awal yaitu memasukkan produk snack rumput lautnya ke perusahaan Retail bernama 7-Eleven. Selain itu, owner dari perusahaan ini memiliki product-knowledge yang sangat kompeten sehingga menguasai pasar. Berawal dari dipasarkannya di Thailand produk ini menjadi produk yang sangat dicari-cari para konsumen karena kualitas dan rasa yang tidak diragukan lagi. Kemudian produk ini menjadi snack terlaris di Thailand. Banyak inovasi yang ia kembangkan dalam upaya menjadikan produknya menjadi produk yang memiliki daya saing yang kuat dan dapat bersaing di pasar global. Mulai dari inovasi rasa, packaging yang unik  dan cara agar produk ini dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama a.k.a sustainable sehingga dapat dinikmati kapan saja. Setelah sukses di pasar Thailand produk ini mulai di distribusikan di pasar Asia dan mendapatkan respon yang sangat positif dari para konsumen. Saat ini produk snack rumput laut dari perusahaan tae kae noi menjadi produk snack yang dapat kita jumpai dimana saja dan telah sukses menembus pasar global.

Jadi, dalam menembus pasar global dibutuhkan strategi yang tepat seperti yang di lakukan oleh Tao Kae Noi Company dalam menciptakan inovasi baru sehingga Tae Kae Noi Company dapat mengembangkan daya beli konsumen dengan melakukan banyak inovasi seperti ; strategi pemasaran yang tepat, proses produksi yang canggih dan packaging yang menarik tanpa melupakan kualitas rasa yang menjadikan daya tarik utama dalam mempertahankan daya beli konsumen sehingga produk ini sukses dikembangkan dalam global market.

Resources :

https://id.wikipedia.org/wiki/Makanan_ringan

http://www.banguninspirasi.com/2013/05/kisah-sukses-pengusaha-makanan-rumput.html

https://www.crunchbase.com/organization/tao-kae-noi